Senin, 31 Oktober 2016

mampu beradaptasi

Definisi adaptasi (penyesuaian diri)
Adaptasi merupakan suatu konsep yang sangat luas. Maka dari itu definisi adaptasi tidak hanya dilihat dari sudut ilmu biologi tetapi juga bisa dilihat dari sudut pandang para ahli, serta ilmu psikologi. Akan tetapi, walaupun kita melihat definisi adaptasi dari sudut pandang berbeda tetapi pada hakikatnya tetap saja sama bahwa adaptasi merupakan cara kita menyesuaikan diri terhadap lingkungan disekitar kita agar kita lebih mudah dalam menjalani proses atau kegiatan dalam sehari-hari. Berikut definisi dari adaptasi
a.       Menurut biologi, adaptasi merupakan suatu kemampuan makhluk hidup dalam menyesuaikan keadaan dirinya dengan lingkungan tempat hidupnya
b.      Menurut ilmu psikologi, adaptasi meliputi adaptation and adjustmen. Artinya individu mampu menyesuaikan diri dengan baik, secara normal dan idealnya mampu menggunakan kedua mekanisme tersebut secara fleksibel tergantung suasan dan situasinya.
c.       Menurut beberapa ahli:
·         W.A Gerungan (1996) menyebutkan bahwa penyesuian diri adalah mengubah diri sesuai dengan keadaan lingkungan,tetapi juga mengubah lingkungan sesuai dengan keadaan (keinginan diri).
·         Soeharto Heerdijan (1987) penyesuain diri adalah usaha atau perilaku yang tujuannya mengatasi kesulitan dan hambatan.
Jenis dan contoh adaptasi (penyesuaian diri)
Jenis adaptasi dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu:
a.       Adaptasi fisiologik, adaptasi ini bisa terjadi secara lokal atau umum
Contoh:
·         Seseorang yang mampu mengatasi stres,tangannya tidak bekeringat tidak gemetar, serta wajahnya tidak pucat.
·         Seseorang yang mampu menyesuaikan diri dengan keadaan yang berat dan merasa mengalami gangguan apa-apa pada organ tubuh.
b.      Adaptasi psikologi, adaptasi ini bisa terjadi secara
·         Sadar, individu mencoba memecahkan/menyesuaikan diri dengan masalh
·         Tidak sadar : menggunakan mekanisme pertahanan diri
·         Menggunakan gejala fisik atau psikofisiologik
Faktor-faktor yang mendorong terjadinya adaptasi (penyesuaian diri)
Menurut hariyadi,dkk (1955:110)  faktor yang mempengaruhi penyesuian diri dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu faktor internal dan faktor external.
a.       Faktor internal
·         Faktor motif, yaitu motif-motif sosial seperti motif berafiliasi, motif berprestasi dan motif mendominasi
·         Faktor konsep diri remaja, yaitu bagaimana remaja memandang dirinya sendiri,baik dari aspek fisik, psikologis, sosial maupun adpek akademik.
·         Faktor presepsi remaja, yaitu pengamatan dan penilaian remaja terhadap objek, peristiwa dan kehidupan,baik melalui proses kognisi maupun afeksi untuk membentuk konsep tentang objek tersebut.
·         Faktor sikap remaja, yaitu kecenderungan remaja untuk berperilaku positif atau negatif.
·         Faktor intelegensi dan minat
·         Faktro kepribadian, pada prinsipnya tipe kepribadian ekstrovert akan lebih lentur dan dinamis ,sehingga lebih mudah dalam melakukan penyesuaian diri dibanding tipe yang cenderun g kaku dan statis.
b.      Faktor eksternal
·         Faktor keluarga terutama pola asuh orang tua
·         Faktor kondisi sekolah
·         Faktor kelompok sebaya
·         Faktor prasangka sosial
·         Faktor hukum dan norma sosial

Aspek dalam melakukan penyesuaian diri
a.      Aspek pribadi
Keberhasilan seseorang dalam melakukan adaptasi dapat dinilai dengan tidak adanya rasa benci, lari dari tanggung jawab, dongkol atau kecewa terhadap lingkungan sekitar
b.      Aspek sosial
Adaptasi sosial terjadi dalam lingkup hubungan sosial tempat invidiu hidup dan berinteraksi dengan orang lain
Apabila seseorang mengalami hambatan atau kesulitan dalam beradaptasi,baik berupa tekanan,perubahan, maupun ketegangan emosi dapat menimbulkan stres. Stres bisa terjadi apabila tuntunan atau keinginan diri tidak terpenuhi.

DAFTAR PUSTAKA
Scoot Avrie, 2014, pengertian adaptasi, https://alviescoot.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-adaptasi.html ,lembaran buku
Hermawan Trian, 2010, penyesuaian diri dan permasalahan pada remaja,https:// 3an-master.blogspot.co.id/2010/11/penyesuaian-diri-dan-permasalahan-pada.html
Administrator, 2015, pengertian adaptasi makhluk hidup,macam,dan contohnya, www.ebiologi.com/2015/11/pengertian-adaptasi-makhluk-hidup-macam.html ,ebiologi.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar