Minggu, 22 Oktober 2017

PRIBADI MENARIK DAN MENYENANGKAN

@D09-Huda, @ProyekB07
Oleh: Muhammad Huda
Semua orang ingin disebut menarik, menjadi pusat perhatian, terkenal dan dikagumi banyak orang. Menjadi menarik dan menyenangkan merupakan obsesi kebanyakan orang. Menarik dan menyenangkan mencakup aspek fisik (lahiriah) dan non-fisik (meliputi: emosional, personalitas dan integritas pribadi).
Orang yang menarik dan menyenangkan membuat orang suka padanya dan selalu ingin dekat dan ingin melihatnya serta ingin berinteraksi dengannya. Orang yang memiliki daya tarik dan menyenangkan ibarat memiliki kekayaan yang tak ternilai harganya.
Menurut Gordon W. Allport  kepribadian adalah organisasi dinamis dalam diri individu sebagai sistem praktis psikofisis yang menentukan caranya yang khas dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
Tips membentuk pribadi yang menarik menurut Rony Wijaya :
Ø Royalah dalam memberi pujian
Ø Buatlah orang lain merasa dirinya sebagai orang penting
Ø Jadilah pendengar yang baik
Ø Bersikaplah ramah
Ø Bermurah hatilah
Ø Hindari kebiasaan mencela atau menganggap remeh orang lain
Ø Bersikaplah asertif
Ø Percaya diri
Ø Perbuatlah apa yang anda ingin orang lain perbuat kepada anda
Ø Cintailah diri sendiri

Kiat-kiat membangun kepribadian yang menarik :
1.     SOPAN SANTUN
Selalu sopan dan baik terhadap orang lain menyebabkan kita menjadi menarik dan menyenangkan bagi orang lain tersebut. Bila bertemu dengan siapapun kita hendaknya "hangat" dan ramah kepadanya.
2.     KERAMAH-TAMAHAN  
Prinsip "SENTUHLAH HATINYA", haruslah DIPEGANG dan DIFAHAMI BETUL guna menimbulkan KESAN MENARIK dan MENYENANGKAN pada diri kita.
3.     RASA HORMAT     
Kalau kita memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakuakn mungkin akan menimbulkan Ketegangan, sebab orang lain mungkin tidak menyukai cara-cara kita tersebut. Sebaliknya, kalau kita memperlakukan orang lain dengan cara sebagaimana mereka ingin diperlakukan maka hakekatnya kita telah menangkap inti dari fleksibiltas diri kita yang sebenarnya.
4.      PENUH PERHATIAN
Sikap penuh perhatian berarti menyadari "apa saja yang sedang berlangsung di lingkungan kita". Sikap penuh perhatian berhubungan dengan kemampuan membaca situasi yang tersirat (implicit). Ini bisa dimulai dari sesederhana memperhatikan  ketika  seseorang merasa bosan dan merasakan bahwa sekarang bukan saatnya untuk menyampaikan gagasan-gagasan kita.
KESIMPULAN
Jadi, untuk menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan kita harus memahami terlebih dahulu kepribadian kita seperti apa barulah kita belajar untuk memahami kepribadian orang lain

DAFTAR PUSTAKA:
·        Toha, Dudung Abdussomad. 2009. Pribadi Menarik & Menyenangkan.. Dalam. http://www.dudung.net/artikel-bebas/pribadi-menarik--menyenangkan.html
·        Wijaya, Rony. 2011. 10 Tips Membentuk Pribadi yang Menarik. Dalam. http://ronywijaya.com/10-tips-membentuk-pribadi-yang-menarik/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar