Rabu, 12 Oktober 2016

PRINSIP HIDUP



oleh : Dhico Imtinan Setyowati
Prinsip hidup atau biasa disebut juga  dengan pandangan hidup adalah merupakan sebuah draft atau konsep dari kehidupan yang akan kita jalani. Dengan memiliki pandangan hidup seseorang dapat mengarahkan kehidupannya kedepan nanti. Dan dengan pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang akan membuat atau mebentuk jati diri dari seseorang tersebut.Jati diri adalah gambaran suatu sifat atau karakter dari seseorang. Jati diri dalam setiap orang biasanya berupa prinsip hidup yang membuat seseorang tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan tempat dia berada.
Karakter ini sangat penting bagi kita. Banyak orang yang terombang-ambing dengan lingkungan hanya karena tidak punya karakter ketegasan memegang prinsip hidup. Hal ini umumnya terjadi pada generasi muda yang masih labil, meskipun tidak jarang dari golongan tua juga.

Berikut cara memegang prinsip hidup:
  1. Perkuat agama. Jika agama menjadi landasan, perjalanan hidup kita tidak akan sia – sia, kita juga dapat mengetahui mana yang baik dan buruk.
  2. Konsisten. Seberat apapun godaan dan ujian yang kita hadapi, kita harus tetap konsisten dengan pendirian kita. Jangan mudah tergoda, tetap teguh pada pilihan hidup kita.
  3. Ikuti kata hati dan jadi diri sendiri. Jika tidak sesuai dengan kebutuhan kita, jangan ikuti. Percaya dengan apa yang kita miliki tanpa harus melihat orang lain dan terpangaruh oleh lingkungan sekitar.

    Beberapa Prinsip Hidup Sukses
  1. Optimis
    Berfikirlah yang positif, maka anda akan terdorong melakukan hal yang positif. Semua yang anda lakukan tercermin dari pikiran anda.
  2. Berani
    Dari dahulu hingga sekarang, tak ada kesuksesan yang tercapai tanpa keberanian take a risk. Jangan pernah takut dengan resiko yang besar. Karena semakin tinggi pencapaian akan sesuatu itu maka resiko yang harus dihadapi semakin besar pula.
  3. Tekad
    Tekad adalah seberapa keras anda memegang prinsip hidup. Tanpa prinsip maka anda akan lembek seperti benang basah yang tak bisa berdiri tegak.
  4. Percaya
    Tidak bisa maju diri ini kalau tak ada rasa percaya pada diri sendiri. Anda harus yakin akan kemampuan anda sendiri.
     
  5. Bekerja Keras.
    Bekerja keras adalah salah satu hal yang paling berpengaruh pada sebuah pencapaian tertentu dalam hidup. Usaha maksimal dan bekerja keras serta bersungguh sungguh dalam segala sesuatu.
     
  6. Kembangkan Bakat.
    Segera temukan apa yang kamu sukai dan lakukanlah, terlebih kembangkanlah. Maka anda akan dapati perkembangan yang sangat signifikan dalam diri anda.

 
Daftar Pustaka

Frian, Hafidh. 2014. 10 Prinsip Hidup Orang Sukses. https://hafidhmind.wordpress.com/2014/04/29/10-prinsip-hidup-orang-sukses/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar