Rabu, 12 Oktober 2016

Pentingnya Prinsip Hidup




Definisi prinsip hidup
Prinsip adalah pedoman-pedoman anda dalam menjalani kehidupan. Memiliki prinsip yang benar, prinsip yang kuat adalah hal yang menjadikan kehidupan anda luar biasa.
Semua orang memiliki prinsip hidup, meskipun tidak semua mengetahui prinsip hidupnya. Sadar atau tak sadar kita telah memiliki prinsip yang kita dapat sejak kecil sampai sekarang.
Menjadi pribadi yang memiliki dan mempertahankan integritas adalah prinsip hidup yang luar biasa. Jika anda berpedoman pada prinsip hidup yang tepat, anda akan sampai pada kesuksesan, pada kebahagiaan tak peduli siapapun anda.
Pastikan prinsip-prinsip anda membuat anda bahagia, pastikan membuat anda tumbuh menjadi lebih baik, pastikan membuat orang-orang disekitar anda tersenyum, pastikan memberi pengaruh baik pada dunia baik langsung maupun tak langsung.
Jika anda menempatkan tuhan pada prinsip hidup tertinggi anda, maka hidup anda akan selalu dipenuhi keajaiban.  Orang-orang luar biasa adalah orang yang berhasil membuat prinsip-prinsip kebenaran, kehidupan dan kesuksesan mendarah daging dalam diri mereka.
Prinsip-prinsip kehidupan, kebenaran atau prinsip kesuksesan tak mudah diterapkan, tapi saat kita berhasil mempertahankannya ia akan menjadikan hidup anda berkualitas.
Jadi semua orang harus memiliki prinsip hidup agar hidupnya makin terarah menuju kesuksesan. Bagi saya prinsip hidup itu sangat penting karena prinsip hidup akan menentukan kualitas hidup kita. Prinsip hidup saya sendiri yaitu janganlah berputus asa setelah mengalami kekalahan tetapi menjadikan kekalahan itu sebagai pengalaman agar kedepannya kita bias mendapatkan kesuksesan apabila kita terus mencoba dan pantang menyerah.


Pentingnya Memiliki Prinsip dalam Hidup
PRINSIP atau pendirian sangat penting dalam kehidupan. Orang yang memiliki prinsip artinya memiliki ketegasan sikap dalam hidupnya. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki prinsip artinya hidupnya tanpa pedoman, tanpa sikap, tanpa pendirian, akan mudah terbawa arus dan akhirnya kehidupannya pun dapat dipastikan tidak akan mengalami kemajuan. Prinsip dalam hidup itu sama halnya dengan pos-pos atau arah mata angin dalam menjelajahi dunia yang maha luas ini. Kalau seseorang hidup tanpa memiliki prinsip maka hidupnya akan tidak tentu arah dan akan bingung untuk mengambil langkah dalam melanjutkan kehidupannya.
Prinsip dalam hidup itu meski tanpa disadari keberadaannya pasti semua orang memilikinya. Misalnya saja orang itu tidak suka jika ia merepotkan orang lain dan lebih memilih untuk melakukannya sendiri, itu berarti prinsip hidupnya itu adalah berusaha sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Dengan kata lain mandiri.
Prinsip dalam hidup ada juga yang menyebutnya dengan Moto. Moto artinya slogan yaitu prinsip yang dipegang agar seseorang, komunitas atau lembaga berada dalam jalur yang tetap dan konsisten dalam prinsip dianut bersama. Orang hidup harus punya moto, slogan atau prinsip. Hidup tanpa prinsip adalah hidup tak terarah, akan mudah terbawa arus, mudah terbawa pengaruh, terombang-ambing oleh gelombang yang tak menentu. Orang-orang yang sukses hidupnya umumnya mempunyai moto atau prinsip yang dipegangnya dan dipertahankannya bahkan hingga mati.

Macam-macam prinsip hidup sederhana :

1.      Banggalah pada diri sendiri.
2.      Sampaikanlah apa yang menurutmu benar, meski hal itu tak sesuai dengan pendapat kebanyakan orang.
3.      Percaya diri.
4.      Memandang kekalahan sebagai pelajaran untuk kesuksesan.
5.      Tidak mencari kekurangan orang lain.
6.      Menerima kekalahan.
7.      Pantang menyerah.



Daftar pustaka
Ael, Cahya. 2014. Pentingnya memiliki prinsip dalam hidup. Blogspot, dalam link http://nuralfilail07.blogspot.co.id/2014/09/pentingnya-memiliki-prinsip-dalam-hidup.html
Anonym. 2016. Prinsip hidup anda membentuk kepribadian anda. Blogspot. Dalam link http://www.kaffah.biz/artikel/news/prinsip_hidup_anda_membentuk_kepribadian_anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar