Selasa, 25 Oktober 2016

Menjadi Pribadi Yang Menarik



Oleh : Dhico Imtinan Setyowati

Kepribadian adalah keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi, temparmen, ciri-ciri kas dan prilaku seseorang.
Sikap perasaan ekspresi dan tempramen itu akan terwujud dalam tindakan seseorang jika di hadapkan pada situasi tertentu. Setiap orang mempunyai kecenderungan prilaku yang baku, atau berlaku terus menerus secara konsisten dalam menghadapai situasi yang di hadapi, sehingga menjadi ciri khas pribadinya.Secara umum Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang terdiri dari corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini, dan sikap yang melekat pada seseorang jika berhubungan dengan orang lain atau menanggapi suatu keadaan. Istilah kepribadian adalah konsep yang luas sehingga tidak mungkin membuat definisi berlaku untuk semua orang. Dapat dikatakan kepribadian merupakan latar belakang corak perilaku seseorang. 

Aspek-aspek kepribadian - Menurut Abin Syamsuddin (2003) yang mengemukakan mengenai aspek-apek kepribadian yaitu sebagai berikut...
  • Karakter, adalah konsekuen tidaknya mematuhi etika perilaku konsiten tidaknya dalam memegang pendirian atau pendapat. 
  • Temperamen, adalah disposisi rekatif seorang, atau cepat lambatnya mengenai mereaksi terhadap rangsangan-rangsangan  akan yang datang dari lingkungannya. 
  • Sikap, ialah sambutan terhadap objek yang sifatnya positif, negatif atau ambivalen. 
  • Stabilitas emosi, yaitu ukuran kestabilan reaksi emosional terhadap rangsangan lingkungannya, Misalnya mudah tidak tersinggung, marah, putus asah atau sedih. 
  • Responsibilitas (tanggung jawab), yaitu kesiapan untuk menerima risiko dari tindakan atau perbuatan yang dilakukan. Misalnya mau menerima risiko yang wajar, cuci tangan, atau melarikan diri dari risiko yang dihadapi.  
  • Sosiabilitas , adalah disposisi pribadi yang berkaitan dengan hubungan interpersonal. Misalnya, sifat pribadi yang terbuka atau tertutup dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.  
Menjadi Pribadi Yang Menarik adalah salah satu hal yang menjadi dambaan setiap orang. Menarik dalam hal ini mencakup aspek fisik dan non-fisik. Seseorang yang menarik dalam aspek fisik belum tentu bias dikategorikan sebagai Pribadi Yang Menari karena adanya kekurangan dalam diri seseorang itu. Berikut adalah cara – cara menjadi pribadi yang baik seutuhnya :

  • Sopan Santun
  • Ramah Tamah
  • Menghormati orang lain, memperlakukan orang lain dengan cara sebagaimana mereka ingin diperlakukan maka hakekatnya kita telah menangkap inti dari fleksibiltas diri kita yang sebenarnya.
  • Penuh perhatian,  Sikap penuh perhatian berarti menyadari  apa saja yang sedang berlangsung di lingkungan kita.
  • Jadilah pendengar yang baik, Dengarkanlah dengan antusias, dan jangan menilai atau menasehatinya bila tidak diminta.
  • Tidak Egois, Setiap orang tentu mempunyai ego masing2, namun ketika kita bisa menahan ego kita demi orang lain. Itu adalah hal yang luar biasa.




DAFTAR PUSTAKA

Wijaya, Adi. 2012. Cara Menjadi Pribadi Yang Menarik dan Menyenagkan http://permathic.blogspot.co.id/2012/01/cara-menjadi-pribadi-yang-menarik-dan.html
(Anonym). 2015. Pengertian Kepribadian, Ciri-Ciri, Unsur, Jenis & Definisi Para Ahli http://www.artikelsiana.com/2015/07/kepribadian-pengertian-ciri-ciri-unsur-macam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar