Sabtu, 22 Oktober 2016

Kepribadian Menarik



Kepribadian adalah keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, temparmen, ciri khas dan juga prilaku seseorang.
Sikap perasaan ekspresi & tempramen tersebut akan terwujud dalam tindakan seseorang kalau di hadapkan kepada situasi tertentu.
Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli - Beberapa definisi kepribadian menurut para ahli sosiologi antara lain sebagai berikut...
  • Gordon W. Allport: Menurutnya, pengertian kepribadian adalah organisasi sistem jiwa raga yang dinamis dalam diri individu yang menentukan penyesuaian dirinya yang unik terhadap lingkungannya. 
  • M.A.W. Brower: Pengertian kepribadian menurut M.A.W. Brower adalah corak tingkah laku sosial yang terdiri dari corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini, dan sikap-sikap seseorang. 
  • Theodore M. Newcomb: Menurut Theodore M. Newcom bahwa pengertian kepribadian adalah organisasi sikap-sikap (predispositions) yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang pemiliknya. 
  • John F. Cuber: Menurut John F. Cuber, kepribadian adalah keseluruhan sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang. 
  • J. Milton Yinger: Kepribadian adalah keseluruhan perilaku seseorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu dengan berinteraksi dengan serangkaian situasi. 
Tidak sedikit orang-orang yang kaya secara secara finansial tapi sangat miskin secara emosional. Maksudnya, dia berbicara sangat sombong dan cepat marah. Banyak juga orang-orang yang sangat tampan secara material tapi sangat buruk dalam hal intelektual. Maksudnya, pembicaraannya sangat basi dan tidak nyambung. Pribadi-pribadi tersebut betul-betul tidak menarik, membosankan dan menjengkelkan. Di sisi lain, ada lelaki yang tidak terlalu kaya dan tidak terlalu tampan justru dapat hidup bahagia bersama dengan wanita-wanita cantik lagi menarik. Anda lantas menuduhnya bahwa lelaki tersebut melakukan pelet. Atau lelaki tersebut hanyalah pembantu atau piaraan wanita cantik itu. Anda tentu jengkel. Tapi yang lebih menjengkelkan lagi Anda tidak dapat menerima kenyataan bahwa Anda yang katanya tampan dan kaya justru dikalahkan oleh lelaki yang katanya miskin dan buruk rupa. Anda hanya tidak tahu atau sok tahu.Tapi tenang, kalaupun kepribadian Anda seperti ilustrasi di atas, karena kepribadian adalah hal yang dapat Anda pelajari, Anda bentuk dan Anda kembangkan. Tak peduli siapapun dan darimana saja Anda berasal, asalkan Anda ingin mengubahnya, Anda pasti bisa. Lakukanlah hal-hal seperti ;
1. Membaca Buku tentang Pengembangan Kepribadian
Di toko-toko buku banyak bisa Anda dapatkan buku-buku tentang pengembangan kepribadaian. Bacalah buku-buku sejenis yang sudah sangat laris secara internasional maupun nasional. Buku-buku seperti How to Win Friends-nya Dale Carnegie atau Buku 7 Habits-nya Stephen R. Covey adalah salah satu buku rokemendasi dalam bidang pengembangan kepribadian. Bacalah!
2. Tekuni Hobi yang Menarik
Bermain game seharian di rumah atau di warnet adalah salah satu jenis hobi yang tidak menarik. Selain tidak menarik bagi kesehatan tubuh dan otak Anda, juga tidak menarik di mata wanita-wanita menarik. Kecuali jika Anda tertarik dengan operator warnet tersebut. Tekunilah hobi-hobi seperti basket, futsal atau golf jika Anda termasuk orang-orang yang mampu.
3. Bergaul dengan Teman yang Menarik
Carilah tempat-tempat dan teman-teman bergaul yang menarik. Maka tingkat ketertarikan akan tertambah pada diri Anda. Anda dan teman gaul Anda dihitung dalam satu kesatuan. Kami tidak menyarankan untuk melupakan teman lama. Jika Anda menciptakan lingkungan yang menarik itu lebih menarik ketimbang mencari lingkungan yang menarik. Kalau Anda tidak bisa, yah tinggalkan!
4. Mengikuti Pelatihan Pengembangan Kepribadian
Jika kepribadian Anda sudah dalam tahap hancur-hancurnya, sangat disarankan untuk mengikuti pelatihan pengembangan kepribadian. Disana, Anda akan ditangani dan dimentori langsung oleh ahlinya.
Aspek-aspek peribadian - Menurut Abin Syamsuddin (2003) yang mengemukakan mengenai aspek-apek kerpibadian yaitu sebagai berikut...
  • Karakter, adalah konsekuen tidaknya mematuhi etika perilaku konsiten tidaknya dalam memegang pendirian atau pendapat. 
  • Temperamen, adalah disposisi rekatif seorang, atau cepat lambatnya mengenai mereaksi terhadap rangsangan-rangsangan  akan yang datang dari lingkungannya. 
  • Sikap, ialah sambutan terhadap objek yang sifatnya positif, negatif atau ambivalen. 
  • Stabilitas emosi, yaitu ukuran kestabilan reaksi emosional terhadap rangsangan lingkungannya, Misalnya mudah tidak tersinggung, marah, putus asah atau sedih. 
  • Responsibilitas (tanggung jawab), yaitu kesiapan untuk menerima risiko dari tindakan atau perbuatan yang dilakukan. Misalnya mau menerima risiko yang wajar, cuci tangan, atau melarikan diri dari risiko yang dihadapi.  
  • Sosiabilitas , adalah disposisi pribadi yang berkaitan dengan hubungan interpersonal. Misalnya, sifat pribadi yang terbuka atau tertutup dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.  
Faktor perkembangan dan pembentukan kepribadian seseorang atau individu manusia. Menurut F.G Robbins ada lima faktor yang bisa mempengaruhi kepribadian yaitu sifat dasar, lingkungan prenatal, perbedaan individual, lingkungan dan motivasi.
1.    Sifat Dasar : sifat dasar terbentuk pada saat konsepsi yaitu saat terhadi pembuatan benih. Sifat dasar yang masih murni merupakan keseluruhan potensi yang diwarisi oleh ayah atau ibunya.

2.    Lingkungan : peranan kondisi lingkungan tersebut tidak menentukan secara mutlak tetapi membatasi dan mempengaruhi proses sosialisasi manusia. dalam hal ini menolak kebenaran determinisme geografi dan determinisme ekonomi mengenai peranan kondisi geografis dan ekonomis terhadap proses sosialisasi individu.
3.    Lingkungan Prenatal : pada periode prenatal ini individu mendapatkan pengaruh-pengaruh tidak langsung dari ibu. pengaruh lingkungan prenatal antara lain sebagai berikut :
·         struktur tubuh ibu merupakan kondisi yang mempengaruhi pertumbuhan bayi dalam kandungan
·         beberapa jenis penyakit, berpenagruh secara tidak langsung terhadap pertumbuhan bayi dalam kandungan
·         gangguan endokrin bisa mengakibatkan keterbelakangan perkembangan anak
·         shock pada saat melahirkan bisa mempengaruhi kondisi yang menyebabkan berbagai kelainan
4.    Perbedaan Individual : sejak dilahirkan oleh ibunya, anak tumbuh dan berkembang sebagai individu yang unik dan berbeda dengan yang lainnya. perbedaan perorangan ini meliputi perbedaan ciri fisik dan personal serta sosial. 5 Faktor Yang Mempengaruhi Kepribadian.

5.    Motivasi : motivasi adalah kekuatan-kekuatan dari dalam diri individu yang menggerakannya untuk berbuat. motivasi ini dibedakan menjadi dorongan dan kebutuhan.
·         dorongan adalah keadaan ketidakseimbangan dalam diri individu karena pengaruh dari dalam dan dari luar dirinya yang mempengaruhi dan mengarahkan perbuatan individu dalam rangka mencapai adaptasi atau keseimbangan lagi
·         kebutuhan adalah dorongan yang telah ditentukan secara personal, sosial dan kultural
Unsur-unsur kepribadian meliputi pengetahuan, persamaan dan dorongan hati. Dari unsur-unsur tersebut kepribadian bisa terbentuk jadi pribadi yang baik maupun pribadi yang buruk. berikut penjelasan dari unsur-unsur kepribadian tersebut.

1.     pengetahuan, unsur-unsur pengetahuan seseorang meliputi persepsi, pengamatan, konsep dan fantasi. jadi pengetahuan mengisi akan dan pikiran manusia yang sadar
2.     perasaan, adalah suatu keadaan dalam kesadaran manusia yang karena pengaruh pengetahuannya dinilai sebagai suatu keadaan positif atau negative.
3.     dorongan hati (naluri), dorongan hati adalah kemampuan yang merupakan kecenderungan pada setiap manusia untuk menanggapi suatu stimulus dengan pola yang teratur. dorongan hati meliputi dorongan mencari makan, dorongan bergaul, dorongan mempertahankan hidup, dorongan meniru tingkah laku sesama dan lain sebagainya.


Daftar Pustaka
http://segiempat.com/tips-dan-cara/umum/pengembangan-diri/4-cara-membentuk-kepribadian-menarik/
www.pengertianku.net/2014/06/pengertian-kepribadian-secara-umum.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar