Jumat, 07 Oktober 2016

Kita Harus Punya Prinsip Hidup

by : Anna Lusiana
 
           
Manusia yang memiliki prinsip hidup adalah manusia yang punya tujuan, arah dan pandangan kemana ia akan MELANGKAH. Prinsip hidup merupakan acuan kita untuk menahan diri dari hal yang enggan kita lakukan atau bisa dibilang sebagai ‘benteng’ diri kita. Orang lain tidak akan mampu mempengaruhi kita jika kita mempunyai prinsip hidup. Dengan prinsip hidup kita juga dapat menata hal apa saja yang akan kita lakukan kedepan. Baik dalam hal pendidikan, beragama, membina keluarga maupun dalam bermasyarakat.
            Kita pasti ingin sekali menjadi orang yang memiliki usaha yang sukses, menjadi orang yang disegani, berpendidikan tinggi dan masih banyak keinginan lainnya yang belum tercapai. Oleh karena itu kita perlu sekali mengembangkan kemampuan dan mempersiapkan diri kita untuk mampu bersaing dan menggapai itu semua. Untuk menjadi orang yang ‘maju’ dan berkembang kita memerlukan prinsip hidup dan proses. Prinsip hidup seperti apa yang harus kita punya?
Nah disini akan dijelaskan beberapa prinsip yang membuat target hidup menjadi lebih efektif menurut Arry Rahmawan :

1.     Target yang Baik bersifat Spesifik

Target hidup itu harus spesifik. Tentu saja kita ingin menggapai sesuatu sesuai dengan yang kita harapkan dalam hati. Kadang kita saja masih malu untuk jujur dalam mengatakan target kita. Seperti “saya harus melanjutkan S2”. Padahal kita menginginkan yang lebih dari itu. Maka ucapkanlah dengan dengan lebih spesifik lagi, “saya harus melanjutkan S2 di UI tahun 2020 lulus dengan IPK tertinggi.”

2.     Target yang Baik itu Terukur

Jika kita memiliki target, “saya ingin membaca buku kimia dasar” itu memang sudah spesifik, karena sudah menyebutkan nama buku yang akan kita baca. Namun masih kurang unsur terukurnya. Seharusnya menjadi “saya ingin membaca buku kimia dasar sehari 5 lembar.” Nah maka target ini sudah terukuraaa

3.     Target yang Baik itu Menginspirasi

Target yang menginspirasi maksudnya adalah membuat sebuah target yang menjadikan kita semangat dan antusias karena yakin dapat mencapainya secara realistis. Misalkan dalam nilai ujian kimia anda mendapatkan nilai 40. Maka anda pasti ingin memiliki target nilai yang lebih tinggi. Namun jika dalam target anda mencantumkan nilai 100, maka bisa dibilang target ini tidak realitas, karena akan membuat resiko yang teramat tinggi dan membuat usaha menjadi sia-sia. Maka buatlah target yaitu 60. Jika 60 sudah tercapai maka lanjutkanlah target yang sedikit lebih tinggi seperti 80 dan selanjutnya 100. Target seperti ini akan membuat usaha anda menjadi kenyataan karena tidak teralu memaksakan.

4.     Target yang Baik itu Memiliki Batas Waktu

Seperti yang sudah dibahas pada aturan target di atas, target yang anda buat harus memiliki batas waktu. Seperti misalkan dalam 1 hari anda harus menyelesaikan presentasi organisasi, mengumpulkan tugas, posting blog dll. Maka dengan batas waktu target yang anda ciptakan mampu membuat anda menjadi lebih disiplin dan tepat waktu.
 

5. Target yang Baik itu yang Seimbang

Saran terakhir dalam membuat target adalah menyeimbangkan berbagai aspek dalam kehidupan. Sekurang – kurangnya mencakup hal – hal berikut ini:



1.   Career (pekerjaan)
2.    Health (kesehatan)
3.    Relationships / Familiy (hubungan/keluarga)
4.    Personal growth (perkembangan diri)
5.    Fun / Leisure (aktivitas yang menyenangkan)
6.    Finances (keuangan)
7.    Spiritual (kejiwaan)




Daftar Link

Arry Rahmawan. 2016. 5 Prinsip Membuat Target Hidup yang Efektif. arryrahmawan.net (diakses 7 oktober 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar