Rabu, 05 Oktober 2016

Ayo kita Mulai Peduli.

Cara Mengembangkan Kepedulian
     
Dengan membangun kepedulian Anda bisa memiliki kemampuan untuk berempati kepada orang lain dan menjalani hidup berdasarkan rasa kasih sayang, cinta kasih, dan belas kasih kepada orang-orang di sekitar Anda. Selalu ada saja godaan untuk menjalani hidup yang hanya peduli pada kepentingan diri sendiri dan terfokus hanya pada apa yang menjadi tujuan dan keinginan Anda sendiri, tetapi hari-hari Anda akan menjadi jauh lebih berharga jika Anda memikirkan tentang apa yang orang-orang dalam kehidupan Anda pikirkan dan rasakan. Membangun kepedulian berarti bersedia mendengarkan, mengerti jika seseorang membutuhkan bantuan, dan memberikan dukungan bagi komunitas tanpa mengharapkan penghargaan. Jika Anda ingin mengetahui cara untuk membangun kepedulian yang lebih besar, bacalah Langkah 1 untuk memulainya.


Mengembangkan Cara Pandang yang Lebih Berempati
  •  Bangunlah Kepekaan Terhadap Perasaan Orang lain
     seseorang yang mempunyai cara pandang yang lebih terarah pada kepedulian, Anda harus lebih banyak menyempatkan diri untuk memikirkan tentang perasaan orang lain. Berusahalah untuk memahami bagaimana cara orang-orang di sekitar Anda menanggapi suatu situasi tertentu, atau sekedar mengenali seperti apa perasaan mereka pada saat mereka menghadapinya. Orang-orang yang memiliki rasa peduli biasanya akan bisa merasakan suasana hati orang lain dan bisa mengatakan apakah seseorang sedang merasa sedih atau kecewa, dan memikirkan cara melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Jika suatu saat Anda bertemu dengan orang lain, apakah Anda sedang di dalam kelas atau berkumpul dengan teman-teman, perhatikanlah bagaimana perasaan mereka pada saat menghadapi suatu situasi tertentu..
  •  Pertimbangkan apa dampak dari tindakan Anda terhadap orang lain
     Anda sendiri sudah sangat sibuk memikirkan segala kebutuhan Anda untuk mempertimbangkan dampak dari apa yang Anda lakukan atau katakan kepada orang lain. Jadi jika suatu saat Anda ingin melakukan sesuatu, mungkin meminta teman Anda yang membersihkan dapur karena Anda sedang sibuk, atau tidak menjawab telpon dari teman Anda yang baru saja patah hati, bertanyalah kepada diri Anda sendiri bagaimana tanggapan orang ini terhadap apa yang sudah Anda lakukan. Jika jawabannya "tidak baik," maka Anda harus mempertimbangkan untuk mengubah tindakan Anda agar lebih bisa diterima oleh orang lain.
  •   Hargailah orang lain dalam kehidupan Anda 
      Jika Anda ingin menjadi seseorang yang lebih peduli, Anda harus menghargai orang-orang yang ada dalam kehidupan Anda sebaik mungkin. Berusahalah untuk selalu berterima kasih dan mensyukuri kebaikan dari setiap anggota keluarga Anda, teman-teman Anda, orang yang Anda cintai, atau setiap orang yang sudah membuat hidup Anda menjadi lebih berarti dan lebih baik. Jangan hanya terfokus pada hal-hal yang membuat Anda kecewa atau kata-kata kasar yang kadang-kadang harus Anda hadapi, tetapi sebaliknya, berusahalah untuk memikirkan semua kegembiraan dan kebahagiaan yang orang-orang lain bawa ke dalam hidup Anda. Cara ini tidak hanya membawa Anda pada pola pikir yang lebih baik, tetapi membuat Anda lebih mudah untuk memperbesar kepedulian Anda pada orang-orang di sekitar Anda.

Mengembangkan Sifat-Sifat Peduli
  • Bersikap sopan
       Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda bahwa bersikap sopan sangat erat hubungannya dengan kepedulian, tetapi pada kenyataannya, bersikap sopan akan membuat Anda menjadi seseorang yang lebih peduli dan Anda akan memperlakukan orang-orang di sekitar dengan rasa hormat. Bersikap sopan berarti berkelakuan baik, tidak berselera rendah atau kasar di depan orang lain, membantu menahan pintu untuk orang lain dan bertanya tentang keadaan mereka. Ini juga berarti tersenyum kepada orang lain, saling bertegur sapa, dan tidak mencampuri urusan orang lain. Apakah Anda sedang berada di kantor, berjalan kaki di jalanan, atau berbicara dengan saudara perempuan Anda, berusahalah untuk selalu bersikap sopan.
  • Berbagi kasih sayang
       Orang-orang yang peduli selalu memberikan kasih sayang kepada orang-orang yang mereka cintai atau perhatikan. Apakah Anda sedang memeluk putra Anda atau menggenggam tangan kekasih Anda, berusahalah untuk memberikan kasih sayang kepada orang lain sebagai cara untuk menunjukkan bahwa Anda peduli kepada mereka. Pelukan bisa sangat berarti dan memberikan rasa nyaman kepada orang-orang yang membutuhkannya. Anda tidak boleh menunjukkan kasih sayang secara fisik kepada orang-orang yang belum Anda kenal dengan baik, tetapi Anda harus memeluk, memberikan sentuhan kecil, ciuman, tepukan lembut, atau tanda-tanda lain sebagai ungkapan kasih sayang secara fisik kepada orang-orang yang dekat dengan Anda.
  •  Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan
       Kata-kata ini mungkin sudah sangat dipahami, tetapi Anda akan terkejut karena sangat sedikit orang yang benar-benar hidup sesuai hukum ini. Jika Anda ingin lebih peduli, Anda harus ramah dan bijaksana terhadap orang lain, dan memikirkan bagaimana perasaan Anda jika Anda berada di posisi mereka. Anda mungkin tidak begitu peduli pada saat memberikan komentar yang kasar kepada pelayan Anda karena Anda sedang kesal, tetapi pikirkanlah bagaimana pengaruh dari komentar Anda terhadap perasaannya. Anda mungkin tidak peduli sudah bersikap kasar kepada adik laki-laki Anda, tetapi Anda harus memikirkan bahwa kata-kata Anda akan sangat mempengaruhinya. Dengan membiasakan diri Anda untuk memandang orang lain dengan menempatkan diri Anda di posisinya, Anda akan mengalami perubahan besar pada cara Anda menjalani kehidupan ini.
  
Peduli Terhadap Orang Lain
  •   Bantulah orang-orang yang membutuhkan bantuan 
       Membantu orang yang membutuhkan bantuan adalah aspek utama dari kepedulian. Anda tidak akan bisa menjadi orang yang penuh kepedulian jika Anda hanya bisa membantu diri Anda sendiri. Membantu orang lain berarti membantu keduanya baik teman maupun anggota keluarga yang membutuhkan bantuan dalam hidup mereka, dan juga membantu orang-orang yang kurang beruntung dalam komunitas Anda, atau bahkan orang-orang yang tidak Anda kenal yang kehidupannya baik-baik saja tetapi mereka juga membutuhkan bantuan. Perhatikanlah orang-orang yang membutuhkan bantuan dan carilah cara yang bermanfaat agar Anda bisa terlibat jika Anda ingin lebih peduli.
  •  Tanyakan kepada orang lain tentang kehidupan mereka
      Cara lain untuk peduli adalah dengan lebih banyak mempelajari tentang bagaimana orang lain menjalani kehidupan mereka. Jika Anda berbicara dengan seseorang, mungkin dengan tetangga atau teman baik Anda, tanyakan kepada mereka apa yang sedang mereka rasakan, bagaimana mereka mengisi akhir pekan mereka, atau bagaimana keadaan mereka hari ini. Dengan menanyakan hal-hal kecil Anda bisa menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli. Jangan bertanya hanya sekedar sebagai kewajiban, tetapi karena Anda benar-benar ingin mengetahui bagaimana keadaan mereka.ü  
  • Lakukan kebaikan untuk orang lain
      Peduli pada orang lain berarti akan menghabiskan waktu untuk melakukan kebaikan bagi orang lain dan menolong mereka pada saat mereka membutuhkannya. Tidak berarti bahwa Anda harus menjadi pesuruh dari seseorang, tetapi ini berarti bahwa Anda harus berusaha menolong orang lain, apakah Anda mengambilkan kopi untuk kekasih Anda, mengantarkan adik laki-laki Anda ke sekolah, atau membantu teman baik Anda merangkai bunga untuk pernikahannya. Sekalipun harus ada keseimbangan dimana orang lain juga harus berbuat kebaikan bagi Anda jika dia mampu, Anda harus membuat kebiasaan untuk melakukan kebaikan untuk orang-orang yang ingin Anda perhatikan.
  •  Berbagi
       Berbagi berarti benar-benar peduli. Jika Anda ingin menjadi seseorang yang lebih peduli, Anda harus bersedia membagikan apa yang Anda miliki. Ini bisa berarti membagikan apa yang sangat penting bagi Anda, misalnya pakaian yang Anda sukai, atau setengah dari roti lapis kesukaan Anda, jangan bagikan sesuatu yang tidak berarti bagi Anda, seperti buku yang tidak begitu Anda sukai. Berusahalah untuk lebih peka pada kesempatan untuk berbagi apa yang Anda miliki, apakah dalam bentuk materi atau sebuah nasihat. Orang-orang yang peduli adalah orang-orang yang tidak egois, dan berbagi adalah sifat utama dari orang-orang tidak mementingkan diri sendiri.

Daftar Pustaka :
Anonym.2006.yayasan peduli lingkungan http://www.yayasanpeduli.or.id/in/program/lingkungan.html

Anonym.2010.Mengembangkan Kepedulian  http://id.wikihow.com/Mengembangkan-Kepedulian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar