Rabu, 05 Oktober 2016

Budaya Peduli, Peduli Budaya

oleh : Putri Ayu, 06 oktober 2016

Budaya Peduli, Peduli Budaya
Sikap peduli merupakan salah satu sikap yang harus ditanam pada setiap individu masing-masing karena pada hakikatnya kita adalah makhluk sosial yang masih membutuhkan orang lain dalam melaksanan suatu hal. Tidak ada seorangpun yang bisa hidup tanpa bersosialisasi kepada orang lain, tanpa adanya rasa perduli terhadap orang lain. Sebenarnya,sikap perduli itu apa sih? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,sikap peduli adalah mengindahkan, menghiraukan dan memperhatikan.



Indonesia merupakan suatu negara yang terdiri dari berbagai macam pulau yang terbentang dari sabang sampai merauke, dengan berbagai macam ras, suku,dan etnik. Negara Indonesia sendiri mempunyai berbagai macam budaya,budaya yang dimiliki dari setiap daerah tentulah berbeda-beda. Maka dari itu kita sebagai generasi penerus hendaknya peduli terhadap budaya yang ada agar budaya itu akan terus ada dan tidak tergusur oleh perkembangan zaman. Peduli terhadap budaya ialah adanya rasa nasionalisme dan mencintai seni budaya bangsa serta bangga memiliki berbagai budaya tersebut.
Namun terkadang, seiring perkembangan zaman generasi- generasi muda seakan lupa dengan budaya yang ia miliki contohnya generasi muda sekarang lebih mencintai budaya-budaya asing dan merasa bangga mengikuti budaya-budaya yang datang dari luar, hal tersebut bisa kita lihat dari cara berpakaian anak muda zaman sekarang, mereka lebih bangga menggunakan pakaian yang membuka segala aurat dibandingkan dengan pakaian yang tertutup. Bahkan ketika ditampilkan suatu pertunjukkan pentas seni mereka kebingungan dengan pertunjukkan tersebut dan akhirnya hanya akan mencela. Akan tetapi, ketika budaya tersebut telah diambil orang barulah anak-anak muda zaman sekarang berkoar-koar tanpa menyadari bahwa sebelumnya mereka pernah mencela budaya tersebut.

Hilangnya budaya peduli terhadap budaya yang ada didasari oleh berbagai faktor diantaranya adanya arus globalisasi. Arus globalisasi kini tak bisa dihindari lagi, setiap hari manusia selalu bergantung pada internet, pada hal-hal yang berbau kebaratan. Arus globalisasi ini tidak mempunyai toleransi, siapa saja bisa mengaksesnya, jadi kita sebagai anak muda harus waspada dalam memilah perkembangan zaman agar tak terjerumus kedunia yang salah. Faktor lainnya adalah kurangnya informasi mengenai kekayaan budaya yang ada, baik itu dari media pendidikan maupun dari masyarakat sekitar sehingga tidak adanya rasa memiliki budaya tersebut dalam benak anak muda zaman sekarang.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan budaya peduli terhadap budaya yang ada baik dari masyarakat ataupun dari lembaga kesenian. Diantaranya, sosialisasi peduli terhadap budaya, pelatihan dan pendidikan mengenai budaya, dan penyelenggaraan pentas-pentas seni.
Manfaat peduli terhadap budaya ini mempunya manfaat yaitu untuk menumbuhkan individu-individu yang peka dan mudah mengerti, menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan indonesia, serta sebagai media pemersatu bangsa indonesia.


DAFTAR PUSTAKA:
Indonesia Batik Remaja, 2016, Peduli Budaya Indonesia dengan Kearifan Lokal,https://m.kitabisa.com/pedulibudaya,Kitabisa.com
Ahmad Azinar Tsabit, 2013, Konservasi Budaya: Budaya peduli Peduli Budaya, https://sejarahkritis.wordpress.com/2013/07/11/konservasi-budaya-budaya-peduli-peduli-budaya/, sejarahkritis.com
Deta Alpatria Dittus, 2016, dinamikasukasuka.blogspot.co.id/2010/10/generasi-muda-kurang-peduli-budaya.html, dinamika blog
I.P Oktaviana Mentari, Prasetiyo Andri, Kharisma Fajar,2012, Budaya dan Kesadaran Budaya, https://sosiologibudaya.wordpress.com/2012/03/01/budaya-dan-kesadaran-budaya/,sosiologibudaya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar