Rabu, 05 Oktober 2016

Peduli Sesama



Peduli adalah sebuah nilai dasar dan sikap memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di sekitar kita. Peduli adalah sebuah sikap keberpihakan kita untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan atau kondisi yang terjadi di sekitar kita.
Orang-orang peduli adalah mereka yang terpanggil melakukan sesuatu dalam rangka memberi inspirasi, perubahan, kebaikan kepada lingkungan di sekitarnya. Ketika ia melihat suatu keadaan tertentu, ketika ia menyaksikan kondisi masyarakat maka dirinya akan tergerak melakukan sesuatu. Apa yang dilakukan ini diharapkan dapat memperbaiki atau membantu kondisi di sekitarnya.
Sejalan dengan arus globalisasi dan perkembangan teknologi maka timbulah fenomena – fenomena sosial, dimana fenomena – fenomena tersebut mempengaruhi kebudayaan masyarakat. Terlebih khusus masyarakat Indonesia. Budaya saling membantu dan gotong royong adalah salah satu ciri khas masyarakat Indonesia, terutama daerah – daerah yang masih memegang teguh tradisi di tempat tinggal mereka.
Globalisasi memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, dimana masyarakat Indonesia menjadi lebih maju dengan teknologi. Disamping memberikan dampak positif, Globalisasi juga meberikan dampak negatif dengan menimbulkan fenomena – fenomena sosial yang tanpa sepengetahuan kita mamasuki dan mempengaruhi kebudayaan masyarakat Indonesia. Terlihat kini, masyarakat Indonesia menjadi sedikit individualis, dan kurang peduli. Untuk itu, rasa peduli harus lebih di tingkatkan.
            Dengan adanya rasa Peduli, banyak hal yang dapat dirasakan seperti :
  • Membawa diri menjadi lebih peka dan tanggap terhadap keadaan disekitar
  • Membuat orang lain memercayai kita dan nyaman dengan keberadaan kita
  • Membuat diri menjadi lebih dihargai oleh orang lain.
Lalu bagaimankah cara menumbuhkan rasa peduli?
  • Bangunlah kepekaan terhadap perasaan orang lain. Orang – orang yang memiliki rasa peduli biasanya bisa merasakan suasana hati seseorang dan memahami bagaimana keadaannya
  • Jauhkan rasa egois. Berusahalah untuk memperhatikan bagaimana perasaan dan bagaimana keadaan orang lain daripada membicarakan tentang diri atau memikirkan kebutuhan diri sendiri.
  • Hargailah orang lain. Berusahalah untuk selalu berterima kasih dan mensyukuri kebaikan dari orang lain yang sudah membuat hidup kita menjadi lebih berarti dan lebih baik.
  • Saling membantu dan bergotong royong.

    DAFTAR PUSTAKA

Wahyuningtyas, Hera. ( 2015 ). “Membudayakan Peduli Sejak Dini”. https://www.scout.org/node/52163
Anonym. ( 2016 ). Cara Mengembangkan Kepedulian. http://id.wikihow.com/Mengembangkan-Kepedulian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar