Rabu, 19 Oktober 2016

berkepribadian yang menarik dan menyenangkan



Assalamualaikum
Kali ini saya akan membuat artikel tentang “Berkepribadian Menarik”
Semua orang ingin disebut menarik, menjadi pusat perhatian, terkenal dan dikagumi banyak orang.
Menjadi menarik dan menyenangkan merupakan obsesi kebanyakan orang. Banyak orang yang cantik, tampan, pandai dan kaya namun belum dapat dikategorikan sebagai orang-orang yang menarik dan menyenangkan dikarenakan adanya sesuatu yang kurang dalam diri mereka. Orang yang menarik dan menyenangkan membuat  orang suka padanya dan selalu ingin dekat dan ingin melihatnya serta ingin berinteraksi dengannya. Orang yang memiliki daya tarik dan menyenangkan ibarat memiliki kekayaan yang tak ternilai harganya.
                Berbeda dengan kecantikan dan kepintaran yang pada hakekatnya merupakan sesuatu yang diberikan oleh Tuhan. Menarik dan menyenangkan merupakan suatu yang dapat dipelajari dan distimulasikan dalam setiap aktifitas kehidupan kita sehari-hari. Kepribadian yang optimis, menghargai dan menyenangkan dapat membuat seseorang tampak menarik bagi orang lain. Tidak semua orang dilahirkan dengan pesona yang sama, bahkan beberapa orang dikatakan memiliki kepribadian yang tidak menarik, tapi ini adalah sesuatu yang bisa diasah dan ditingkatkan melalui perjalanan hidup seseorang. Membuat perubahan kecil tertentu dalam sikap menjadi proses awal dalam pengembangan kepribadian.

Beberapa Kiat yang perlu diikuti dan dilakukan bila Kita ingin memiliki Kepribadian Yang Menarik dan Menyenangkan.
1.       SOPAN SANTUN
Selalu sopan dan baik terhadap orang lain menyebabkan kita menjadi menarik dan menyenangkan bagi orang lain tersebut. Bila bertemu dengan siapapun kita hendaknya "hangat" dan ramah kepadanya. Tegur sapa yang manis dan hangat. Orang-orang yang ingin tampil menarik, menyenangkan dan diperhatikan orang adalah orang-orang tidak akan pernah menyakitkan dan melukai hati dan perasaan orang lain. Bila hati orang sudah terluka maka akan sulit sekali untuk dapat sembuh dalam waktu yang singkat malah mungkin sekali sakit hatinya berubah menjadi api dendam yang membara yang sewaktu-waktu dapat meledak bagaikan bom neutron yang dahsyat.

2.       KERAMAH-TAMAHAN
Prinsip "SENTUHLAH HATINYA", haruslah DIPEGANG dan DIFAHAMI BETUL guna menimbulkan KESAN MENARIK dan MENYENANGKAN pada diri kita.

3.       RASA HORMAT
Kalau kita memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakuakn mungkin akan menimbulkan Ketegangan, sebab orang lain mungkin tidak menyukai cara-cara kita tersebut. Sebaliknya, kalau kita memperlakukan orang lain dengan cara sebagaimana mereka ingin diperlakukan maka hakekatnya kita telah menangkap inti dari fleksibiltas diri kita yang sebenarnya. Menghormati orang lain, berarti belajar memperlakukan orang lain secara berbeda menurut kadar kebutuhan dan kepercayaan mereka bukannya menurut kadar kebutuhan dan kepercayaan diri kita sendiri. Hal ini bisa mengarah kepada pengertian Moral dan penerimaan diantara individu-individu dan kelompok-kelompok. Hal ini juga menunjukkan INTEGRITAS PRIBADI seseorang.

4.       PENUH PERHATIAN
Sikap penuh perhatian berarti menyadari "apa saja yang sedang berlangsung di lingkungan kita". Sikap penuh perhatian berhubungan dengan kemampuan membaca situasi yang tersirat (implicit). Ini bisa dimulai dari sesederhana memperhatikan  ketika  seseorang merasa bosan dan merasakan bahwa sekarang bukan saatnya untuk menyampaikan gagasan-gagasan kita. Bersikap penuh perhatian berarti mengosongkan diri dari pemikiran-pemikiran diri kita sendiri secara subyektif (mampu melihat dari kaca mata orang lain) dan membuka wawasan dan pikiran untuk mau melihat segala hal di luar diri kita.

5.       PENAMPILAN
Penampilan memainkan peran yang besar meskipun hal itu bukanlah hal yang paling penting untuk dapat menjadi pribadi menarik, namun itu memang memiliki efek tertentu.

6.       PERCAYA DIRI
Anda tidak bisa seenaknya menyebarkan suka cita dan kebahagiaan dalam hidup orang lain jika anda terus menerus mengeluh dan terobsesi tentang kepribadian anda sendiri. Membuat pilihan yang tepat dan memiliki keyakinan akan membantu anda dalam membuat keputusan terbaik.

Menjadi Pribadi Menyenangkan dalam Islam agar Disukai Banyak Orang
1.       TERSENYUMLAH
Dalam Islam, orang yang paling menyenangkan adalah sosok dari Rasulullah SAW.
 Ia tidak hanya disegani oleh lawan. Namun, jika berhadapan dengan kaum muslim ia menjadi pribadi yang menyenangkan. Ladies, senyum kepada orang lain disaat bertemu bisa membuat engkau menjadi pribadi yang menyenangkan. Kelihatan menjadi lebih ramah.
 Coba bayangkan, jika ada seseorang yang bertemu dengan kita kemudian kita tersenyum maka bisa jadi orang tersebut merasa terhibur. Ia ikut juga ikut senyum karena kita memulai senyum kepadanya, maka hilanglah sedikit kedukaan yang ada dalam hatinya.

2.       JANGAN SUNGKAN MENYAPA ORANG LAIN
Menyapa orang lain membuat ia merasa diperhatikan dan merasa dihargai.
Berilah sapaan kepada tetangga, teman, atau saudara anda. Maka mereka akan merasa  dirinya penting buat anda.
Efeknya, rasa persahabatan diantara anda akan semakin erat. Sehingga, orang lain akan merasa senang di saat berada di dekat anda.
Menyapa orang lain hendaknya dengan sesuatu yang baik. Di dalam Islam, ummatnta diajarkan untuk senantiasa mengamalkan saling sapa diantara mereka dengan salam. Saling memberi ucapan salam kepada mereka satu sama lain. Bahkan salam ini merupakan perkataan para penduduk surga kelak di akhirat. Mereka saling memberi salam satu sama lain, berharap diberikan keselamatan dan kebahagiaan buat mereka.
Menyapa orang lain, termasuk di dalamnya adalah kemampuan untuk mengingat nama orang lain. Berlatihlah untuk mengingat nama orang lain di saat anda bertemu atau berkenalan.

3.       HINDARI BURUK SANGKA
Orang yang bisa diterima di dalam pergaulan adalah orang yang mampu memperlakukan orang sama satu sama lian.
Ia tidak membedakan. Perlakuannya adil.
Ladies, untuk memperlakukan orang lain sama maka salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah menghindari buruk sangka kepada orang lain.
Buruk sangka membuat kita menjadi curiga kepada orang lain, berpikiran negatif. Sehingga ini berakibat kepada sikap dan perlakuan kita kepada orang tersebut.
Padahal, bisanya prasangka itu tidak sesuai dengan yang semestinya pada orang lain. Kita harus menggali lebih dalam penyebab orang lain melakukan keburukan sebelum kita menyangkakan kepada sesuatu yang tidak-tidak.

4.       BERILAH EMPATI
Sifat empati adalah kemampuan seseorang untuk ikut merasakan dan memahami apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh orang lain.
Ladies, untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan anda harus mengasah sifat empati dalam diri anda.
   
   DAFTAR PUSTAKA:

   “cara memiliki kepribadian yang menarik”. Oktober 02. 2016. https://www.wedaran.com/12341/cara-menjadi-pribadi-yang-menarik/
 Shalihah. Be. “menjadi pribadi yang menyenangkan dalam Islam”. May 06. 2016. http://www.bicarawanita.xyz/2016/05/bagaimana-menjadi-pribadi-menyenangkan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar