Rabu, 12 Oktober 2016

Hidup Harus Berperinsip

Memiliki prinsip hidup merupakan hal yang penting dan semua orang tahu itu, tapi apa sih arti dari prinsip hidup?
Menurut wikipedia prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak. Jadi prinsip hidup adalah sebuah pernyataan yang dijadikan oleh seseorang atau kelompok sebagai pedoman untuk menjalani hidup.
Lalu untuk apa kita memiliki prinsip hidup? Sepeti yang saya katakan diawal prinsip hidup sangat penting bagi kita semua. Namun sebagai manusia kita juga harus terus beradaptasi dengan lingkungan kita yang membuat prinsip hidup juga harus fleksibel agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Contohnya saat kita memiliki prinsip hidup yang kaku adalah saat teman kita memiliki atau melakukan hal yang menyalahi prinsip kita dan kita langsung menjauhinya, jika kita melakukan ini pada semua orang maka lama kelamaan tidak akan ada orang yang mau berteman dengan kita karena pada dasarnya semua orang memiliki prinsip yang berbeda-beda karena memiliki pandangan yang berbeda-beda pula. Namun dengan fleksibelnya prinsip hidup kita dapat mudah digoyahkan atau diabaikan, prinsip hidup kita tetap harus kita pegang teguh. Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips agar prinsip hidup kita tetap dapat berjalan dan tidak menggangu hidup kita
1.       Jangan langsung bereaksi
Maksudnya adalah saat ada sesuatu yang membuat prinsip kita terancam jangan langsung memberikan respon yang agresif seperti langsung menjauh,langsung ngambek atau langsung marah.
2.       Dengarlah dan Mengertilah
Dengarlah apa yang terjadi dan mengertilah maksud dari itu semua agar kita tidak salah paham, karena biasanya apa yang kita dengar belum tentu itu yang dimaksud. Ini dimaksudkan agar kita tidak salah mengambil keputusan dan sangat berhubunga dengan point nomor 1.
3.       Jangan lebay
Ya jangan lebay saat kamu tahu prinsip hidup kamu digoyahkan kamu akan nangis-nangis atau marah-marah kesemuanya cukup bertindak wajar
4.       Jangan lembek
Walaupun kita fleksibel tetapi prinsip hidup harus tetap ditegakan,jangan semua hal kita tolerin. Hanya beberapa hal yang dapat kita tolerin jangan semua hal kita tolerin itu akan membuat prinsip hidup kita tidak dihargai
5.       Lihatlah situasi
Dari semua tips inilah yang paling penting, setelah kita melihat situasi kita dapat menentukan segala tindakan kita namun ingat jangan LEBAY.
Bagaimana jika seseorang tidak memiliki prinsip hidup? menurut saya ini sangat berbahaya, kenapa? Saat kita tidak memiliki prinsip hidup kita akan mudah tergoyahkan oleh orang lain dan dengan mudah masuk ke lingkungan yang negatif yang tentu saja akan sangat merugikan kita dan orang disekeliling kita seperti keluarga maupun teman. So jangan sampai kita tidak memliki prinsip hidup ya.




DAFTAR PUSTAKA
Anonim.2016. “Prinsip”. 12 Oktober 2016
https://id.wikipedia.org/wiki/Prinsip

Anonim. 2014. “mengapa harus punya prinsip?”. 12 Oktober 2016
https://www.islampos.com/prinsip-prinsip-dan-prinsip-tidak-akan-pernah-gagal-114624/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar