Rabu, 05 Oktober 2016

peduli terhadap sesama

Peduli terhadap sesama
  •   pengertian

Peduli adalah sebuah sikap keberpihakan kita untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan atau kondisi yang terjadi di sekitar kita. Orang-orang peduli adalah mereka yang terpanggil melakukan sesuatu dalam rangka memberi inspirasi, perubahan, kebaikan kepada lingkungan di sekitarnya

  •  Mengapa perlunya memiliki rasa peduli terhadap sesame

Sebagai manusia kita harus peduli terhadap sesama manusia karena selain makhluk individu, manusia juga adalah makhluk social Artinya manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia yang lain.

  • Manfaat peduli terhadap sesame 

·         Menumbuhkan sikap positip
·         Mwngurangi sipat egois
·         Terwujudnya sikap hidup otong royong
·         Menumbuhkan kerukunan dan kebersamaan
·         Terwujudnya kesatuan dan persatuan

  • Bagaimana menumbuhkan peduli terhadap sesame

1.    Bangunlah kepekaan terhadap perasaan orang lain
Jika Anda ingin menjadi seseorang yang mempunyai cara pandang yang lebih terarah pada kepedulian, Anda harus lebih banyak menyempatkan diri untuk memikirkan tentang perasaan orang lain. Berusahalah untuk memahami bagaimana cara orang-orang di sekitar Anda menanggapi suatu situasi tertentu, atau sekedar mengenali seperti apa perasaan mereka pada saat mereka menghadapinya. Orang-orang yang memiliki rasa peduli biasanya akan bisa merasakan suasana hati orang lain dan bisa mengatakan apakah seseorang sedang merasa sedih atau kecewa, dan memikirkan cara melakukan sesuatu untuk mengatasinya
2.    Pertimbangkan apa dampak dari tindakan Anda terhadap orang lain.
Mungkin Anda sendiri sudah sangat sibuk memikirkan segala kebutuhan Anda untuk mempertimbangkan dampak dari apa yang Anda lakukan atau katakan kepada orang lain.
3.    Tentukan sikap.
Sikap peduli pada orang lain cenderung berfokus pada usaha untuk membangun hubungan yang sehat dan positif. Kadang-kadang ini berarti akan ada perdebatan atau pertentangan dengan orang lain dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah. Bagaimanapun juga, jika Anda ingin bersikap peduli, Anda perlu mempertimbangkan untuk menjaga jarak dengan seseorang, dan berusaha menjaga hubungan yang sehat dan positif daripada terus menerus bertengkar sepanjang waktu.

  •  Implementasi peduli terhadap sesame

Implementasi terhadap sesame dapat dilakukan melalui hal-hal kecil seperti :
1.    Menengok saudara atau tetangga yang sedang sakit
2.    Rutin bersedekah
3.    Memberikan tumpangan kepada teman
4.    Memberikan sumbangan terhadap bencana alam

Daftar pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar