Sabtu, 01 Oktober 2016

Peduli itu Baik

Oleh: Hariadi Adha Putra Rieswanto

Peduli adalah sikap yang melibatkan kita pada persoalan, keadaan atau kondisi pada lingkungan kita maupun jauh dari lingkungan kita. Sikap peduli biasanya akan menimbulkan banyak kebaikan dan dapat memberikan sebuah perubahan. Kata “peduli” atau “kepedulian” memiliki spektrum

yang luas.  “Kepedulian” tidak  memandang strata atau kedudukan. “Kepedulian” bisa dimiliki oleh seorang kepala negara sekalipun sampai orang miskinpun dapat memiliki kepedulian. “Kepedulian” juga merupakan sesuatu yang melimpah sehingga ia bisa hadir dimana saja dan kapan saja dan tidak menjadi berkurang karena kita memberikannya kepada orang lain. Namun disitulah letak kelemahannya. Karena begitu luasnya spektrum “kepedulian” maka maknanya bisa menjadi kabur tanpa kita sadari. Karena begitu berlimpahnya “kepedulian” maka kita mengabaikannya dan menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang sudah semestinya.
 

Rasa Peduli Yang Perlu Ditanamkan Mulai Sejak Dini 



1. Peduli bangsa


Bangsa merupakan sebuah kata yang berarti luas. Mewakili sekelompok besar masyarakat, atau golongan. Mengapa bangsa perlu dipedulikan? Bagi individu yang hidup di sebuah bangsa, seharusnya ia turut memedulikan bangsanya. Peduli untu berpikir lebih dewasa, dan lebih mengerti lingkungan sekitarnya. Dengan sikap peduli bangsa inilah, setiap individu dalam sebuah bangsa dapat saling mengerti bangsa, memiliki satu tujuan, yakni untuk memajukan bangsa bersama sama. Peduli bangsa juga meliputi segala sesuatu yang ada pada bangsa tersebut. Termasuk budaya serta sejarahnya. Peduli pada budaya yang dimiliki bangsa. Melestarikannya, memperlajarinya, dan mengambil pelajaran berharga dari hal baik tersebut. Peduli pada sejarah bangsa. Mengetahui dan memahami sejarah bangsa yang telah melahirkan kita. Menghargai sejarah tersebut serta meneladani nilai perjuangan pendahulu yang sangat berani dan gigih.
 

2. Peduli lingkungan bermasyarakat


Memedulikan lingkungan sekitar, menelaah dan menjalin komunikasi baik. Memperhatikan suatu yang unik, dan sarat akan makrifat yang dapat kita jadikan sebagai pengalaman baru.
 

3. Peduli sesama


Usia remaja, dengan kegiatan bersosialisasi antar teman juga sebagai cerminan perilaku peduli. Peduli sesama juga patut ditanamkan sejak dini. Agar seorang dapat menghargai sesama selayaknya. Memperbaiki hubungan antar individu, dan terus menjalin komunikasi yang baik.
 

4. Peduli keluarga


Keluarga adalah dasar pendidikan seorang dalam hidupnya. Karena hanya keluarga yang mampu mendidik seorang anak menjadi individu yang cerdas, tangkas, peduli, berbudaya, dan berilmu dengan akhlak yang mulia. Faktor keluarga yang kurang mampu memberikan pendidikan dasar kepribadian pada anaknya, akan memperngaruhi kehidupan anak tersebut di kemudian hari.
 

5. Peduli diri sendiri


Dalam diri kita terdapat beberapa kepribadian terpendam. Sifat asli bawaan lahir seperti; akhlak, watak, dan perasaan. Sifat asli yang dikembangkan dengan kebaikan dan nilai positif kehidupan, dapat menghasilkan individu berkualitas. Mengapa diri sendiri perlu dipedulikan? Karena, sebelum orang lain peduli terhadap kita, sebaiknya kita memperlihatkan suatu kemampuan yang patut khalayak perhatikan, hargai dan nilai. Maka dari itu sikap peduli dan tanggap pada diri sendiri juga perlu untuk memotivasi diri menjadi lebih baik.


Prinsip Prinsip Kepedulian Yang Perlu di Praktekan Dalam Kehidupan Nyata:


  • PEDULI BERARTI MEMBERI PERHATIAN kepada hal kecil yang mengakibatkan dampak besar (dan bukan memberikan perhatian kepada hal besar tetapi memberikan dampak kecil).
  • PEDULI BERARTI BERKOMUNIKASI dengan orang yang disayangi meskipun dialog yang dilakukan sepertinya tidak berja lan dengan baik.
  • PEDULI BERARTI MENGERTI situasi orang yang disayangi meskipun situasinya membuat kita tidak nyaman.
  • PEDULI BERARTI MELAKUKAN TINDAKAN DENGAN  SEGERA pada kesempatan pertama dan bukan sekedar berkotbah beIaka . ( Nato = No Action Talk Only )
  • PEDULI BERARTI MEMBERI KENYAMANAN terhadap orang yang disayangi bahkan pada saat-saat yang paling sulit sekali
  • PEDULI BERARTI PANJANG KASIH DAN SABAR serta memberikan bimbingan kepada orang yang disayangi untuk menemukan dan mencapai tujuann
  • PEDULI BERARTI BERBAGI bahkan untuk hal-hal yang paling berharga sekalipun sesuai kebutuhan orang yang disayang
  • PEDULI BERARTI KOMITMEN JANGKA PANJANG bahkan ketika orang yang disayangi sudah tidak ada
  • PEDULI BERARTI MEMAAFKAN bahkan untuk hal yang paling menyakitkan sekalipun demi tujuan yang lebih besar lagi
  • PEDULI BERARTI PERCAYA terhadap orang yang disayangi, terhadap diri sendiri dan terhadap visi bersama .
  • PEDULI BERARTI MENYUCIKAN diri dari kepentingan diri sendiri , lebih mementingkan prinsip kebersamaan

 

Manfaat Peduli


Membuat hidup lebih bahagia
Membuat hidup lebih sehat
Membuat Anda lebih pintar
Menumbuhkan rasa cinta kasih dari dalam diri Anda
Mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam hidup Anda.

Daftar Pustaka 


MIM. 2016. Arti Kepedulian Terhadap Sesama Manusia. [Online]. Tersedia: http://obrolanmasadepan.com/arti-kepedulian-terhadap-sesama-manusia/. [1 Oktober 2016]. 
Pangastuti, Hera Wahyuningtyas. 2015. Membudayakan Peduli Sejak Dini. [Online]. Tersedia: https://www.scout.org/node/52163. [1 Oktober 2016]. 
Guotomo, Alivinia Yuliareza. 2016. Peristiwa: Sederhana, Bentuk Kepedulian Sosial ala Habit.. [Online]. Tersedia: http://www.malangtimes.com/baca/13921/20160818/152541/sederhana-bentuk-kepedulian-sosial-ala-sedekah-habit/. [1 Oktober 2016].
Prasetya, Arie. 2008. Arti Sebuah Rasa Peduli. [Online]. Tersedia: https://beranibaca.wordpress.com/2008/08/14/arti-sebuah-rasa-peduli/. [1 Oktober 2016].
Anonymous. 2016. Manfaat Empati Bagi DIri Sendiri. [Online], Tersedia: http://www.gelombangotak.com/Manfaat-Empati.htm. [1 Oktober 2016].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar