Jumat, 22 September 2017

Kenapa kita harus bertanggung jawab?

                                  @D13-Mega, @proyekB04
                                      Oleh: Mega Puspitasari
Kenapa sih kita harus bertanggung jawab?

Karna tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pentingnya tanggung jawab dalam diri seseorang adalah agar orang tersebut tidak mengalami kegagalan atau kerugian untuk dirinya maupun orang lain. Karna dengan adanya tanggung jawab kita akan mendapatkan hak kita seutuhnya. Dengan tanggung jawab juga orang akan lebih memiliki simpati yang besar untuk kita, dengan sendirinya derajat dan kualitas kita dimata orang lain akan tinggi karena memiliki tanggung jawab yang besar.

Macam-macam tanggung jawab

1. Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisa kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum Tuhan yang telah diatur sedemikian rupa dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam-macam agama.

2. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.

3. Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami, ister, ayah, ibu anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Setiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarga. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan dan kehidupan.

4. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Pada hakikatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain. Sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

5. Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara
Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, setiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.

Manfaat tanggung jawab

1. Menumbuhkan rasa disiplin yang tinggi.
2. Dapat menghargai waktu.
3. Dapat dipercaya oleh orang lain baik dalam sisi pekerjaan ataupun yang lainnya.
4. Kesuksesan cepat di raih.
5. Memperoleh kebahagiaan.
6. Mampu berbuat adil dan mencoba untuk adil.

Kesimpulan
Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani mengambil resiko atas segala hal yang telah dilakukan atau diperbuat menjadi tanggung jawabnya. Dari rasa tanggung jawab yang kita terapkan kita akan selalu memperoleh kebahagiaan untuk diri kita sendiri ataupun kebahagiaan untuk orang lain.

Daftar pustaka
Alfarisi zainudin. 2012. Pengertian tanggung jawab dalam http://zaysscremeemo.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-tanggungjawab.html?m=1
Repi Tian. 2013. Makna tanggung jawab yang sebenarnya dalam http://gurusertifikasiplb.blogspot.co.id/2013/05/makna-tanggung-jawab-yang-sebenarnya.html?m=1

1 komentar:

  1. Guys, kalian wajib lihat di sini ya ini tuh lengkap dan bagus banget. Harusss banget yaa ada kesimpulannya pula, jadi lebih mudah di mengerti, dan gampang di ingat.✨😙

    BalasHapus