Jumat, 21 Oktober 2016

Pribadi Menarik dan Jenis Jenis Kepribadian

Oleh: Hariadi Adha Putra Rieswanto

 

Pengertian Menarik


Definisi dari Menarik – Definisi menurut kamus ekabahasa resmi Bahasa Indonesia definisi dari Menarik adalah sebagai berikut. Definisi Kata Menarik me.na.rikVerba (kata kerja) (1) menghela (supaya dekat, maju, ke atas, ke luar, dan sebagainya) : anak perempuan itu menarik tangan kawannya; (2) membawa (mengambil dan sebagainya) ke luar; mengeluarkan dan sebagainya: (3) menyenangkan; (menggirangkan, menyukakan […]


Tips Menjadi Pribadi Menarik yang Baik


  1. Friendly atau Ramah
  2. Senang Membantu dan Menolong Orang lain
  3. Rendah Hati
  4. Be Smart
  5. Menepati Janji
  6. Menjadi Pendengar yang baik
  7. Peduli dan Perhatian
  8. Mengingat dan menyapa orang dengan namanya
  9. Jenaka
  10. Optimis
  11. Tampil Sebaik Mungkin
  12. Percaya Diri
  13. Murah Hati
  14. Bersikap Afertif(Artinya orang yang tidak hanya mengatakan "Iya" tetapi juga orang yang bisa mengatakan"Tidak" tepat pada waktunya)
  15. Mencintai Diri Sendiri
  16. Ber"akhlak" Baik
  17. Tegas
  18. Berpikiran Lurus 
  19. Berpikiran Unik dan Baik
  20. Murah Senyum 
  21. Berani
  22. Bijaksana
  23. Tidak Selalu Mengikuti "Nafsu" Pribadi (keegoisan)
  24. Rajin
  25. Tidak Mudah Bosan
  26. Tidak Menasihati Seseorang Saat dikeramaian

Dari Tips diatas kalian dapat memilih mana yang cocok dan pantas kalian terapkan dalam kepribadian masing masing.

16 Macam Kepribadian Menurut 3 Ahli


1. Kepribadian Manusia Menurut Enneagram

Enneagram adalah salah satu jenis psikotes yang banyak digunakan. Enneagram dikembangkan oleh Oscar Ichazo dan Claudio Naranjo pada tahun 1950-an. Berikut adalah sembilan kepribadian manusia menurut enneagram.

1.1. Reformer (Perfeksionis)
Orang yang berkepribadian reformer memiliki sifat yang sangat rasional dan sangat idealis. Sangat suka akan keteraturan dan cenderung taat pada aturan. Dia memiliki jiwa yang kuat untuk menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Dia sangat ingin merubah dan memperbaiki pola-pola yang salah dalam orang lain. Terkadang bahkan terlalu kritis dan terlalu perfeksionis. Biasanya bekerja dalam bidang pendidikan atau pemerintahan.

1.2. Giver / Helper (Penolong)
Orang yang berkepribadian giver memiliki sifat yang sangat peduli kepada sesama, berhati lembut, tulus ikhlas, dan empati kepada orang lain. Dia rela mengorbankan waktu bahkan hartanya untuk membantu orang lain. Biasanya dia justru malu untuk mengatakan kebutuhannya atau meminta tolong kepada orang lain meskipun sudah pernah ia tolong. Terkadang bahkan terlalu sentimentil (membawa perasaan). Biasanya orang yang seperti ini datang dari golongan mapan atau bahkan relawan.

1.3. Achiever / Motivator / Performer
Orang yang berkepribadian achiever selalu berorientasi pada prestasi. Biasanya memiliki sifat energik, bersemangat, percaya diri, punya ambisi untuk maju, dan memikirkan orang lain yang memikirkannya. Bahkan terkadang gila kerja dan sangat pantang menyerah. Walaupun gagal, dia mencobanya lagi dan lagi sampai berhasil. Biasanya orang yang berkepribadian seperti ini cocok menjadi pengusaha atau atlet.

1.4. Romantic / Artist / Individualist
Orang yang berkepribadian romantic memiliki sifat sensitif, kreatif, mampu mengekspresikan diri, penyendiri, dan memiliki jiwa seni yang tinggi. Bahkan terkadang menjadi sangat penyendiri dan tertutup dengan siapapun. Dia kurang nyaman saatu bertemu dengan orang lain. Orang yang bertipe seperti ini biasanya cocok menjadi seniman.

1.5. Observer / Thinker / Investigator
Orang yang berkepribadian observer memiliki sifat sangat penasaran, mampu berkonsentrasi bahkan dengan hal yang sangat rumit, memiliki cara pandang yang berbeda, mandiri, inovatif, dan inventif (mampu menciptakan sesuatu. Secara fisik, ia memiliki otak cerebral yang kuat. Dia bahkan terkadang terlalu asik dengan konsep dan gagasannya sendiri juga seringkali suka menyendiri. Orang yang berkepribadian seperti ini cocok menjadi investigator (detektif) atau penemu.

1.6. Loyalist / Pessimist
Orang yang berkepribadian loyalist memiliki sifat sangat bertanggungjawab, pekerja keras, lebih suka cari aman, kurang inovatif, kurang percaya diri, tidak bisa mengambil keputusan, dan pesimis. Terkadang bahkan terlalu pesimis dan takut akan perubahan. Orang seperti ini biasanya takut berinovasi sehingga lebih cocok bekerja di sektor formal atau menjadi asisten.

1.7. Generalist / Optimist / Adventure
Orang yang berkepribadian generalist memiliki sifat bersemangat, terbuka, suka kesibukan, berjiwa spontan, selalu optimis, sangat suka hal baru, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Namun ia terkadang kurang disiplin, kurang bersabar, dan kurang fokus. Orang yang berkepribadian generalis cocok menjadi petualang, fotografer, atau menjadi pembawa acara petualangan.

1.8. Challenger / Leader / Boss / Protector / Intimidator
Orang yang berkrepribadian challenger memiliki sifat suka memimpin, berani menghadapi tantangan, melindungi pengikutnya, suka memerintah, bicara langsung ke inti, percaya diri, dan dominan. Terkadang dia bahkan menjadi terlalu egois, terlalu mendominasi, merasa harus mengendalikan semuanya, dan temperamen (mudah marah/emosi). Orang yang berkepribadian challenger cocok menjadi pemimpin, manajer/CEO, atau perwira.

1.9. Peacemaker / Mediator / Accomodator
Orang yang berkepribadian peacemaker memiliki sifat suka melerai, suka perdamaian, penyabar, menghindari konflik, tidak suka berselisih, bisa mempercayai orang lain, easygoing, dan toleran. Orangnya juga cukup kreatif dan optimis. Namun ia juga terkadang keras kepala.

2. Kepribadian Manusia Menurut Carl Jung
Carl Jung adalah seorang dokter psikologi dari Swiss. Dia membedakan kepribadian manusia menjadi tiga yaitu introvert, ambivert, dan ekstrovert. Namun, diantara ketiga kepribadian tersebut, hanya dua yang populer yaitu introvert dan ekstrovert. Disini juga tidak ada kepribadian yang terbaik dan terburuk. Berikut adalah kepribadian manusia menurut Carl Jung:

2.1. Introvert
Introvert adalah kepribadian yang cenderung berfokus pada dunia di dalam pikiran manusia. Orang introvert hanya bersenang-senang dengan dunianya sendiri dan tertutup dengan orang lain. Lebih suka berpikir kritis, namun tidak pernah menyuarakan pikirannya tersebut. Sifat yang dimiliki kepribadian introvert adalah penyendiri, pemalu, suka berpikir, lebih suka bekerja/melakukan sesuatu sendirian, suka berimajinasi, susah bergaul, dan jarang bercerita. Orang introvert lebih suka berinteraksi hanya dengan satu orang. Ketika ada satu orang lagi datang, dia diam dan mereka berdua tetap berbicara. Meski begitu, mereka biasanya sangat aktif di internet. Internet seolah menjadi anugerah bagi introvert. Orang introvert biasanya akan menjadi entrepreneur yang hebat atau bahkan bisa menjadi inovator.

2.2. Ambivert
Ambivert adalah kepribadian yang berada diantara introvert dan ekstrovert. Maksudnya adalah, orang itu bisa menjadi ekstrovert dan bisa juga berubah menjadi introvert. Sehingga orang tersebut lebih fleksibel dalam beraktifitas jika kepribadiannya ini bisa ia kelola dengan baik. Dia juga mampu berkomunikasi baik dengan orang introvert maupun ekstrovert. Ada juga yang sering mengatakan bahwa orang ambivert adalah orang yang memiliki kepribadian ganda.

2.3. Ekstrovert
Ekstrovert adalah kepribadian yang berfokus dengan dunia luar. Kepribadian ini tentu berlawanan dengan introvert yang cenderung tertutup. Orang berkepribadian ekstrovert sangat mudah berkomunikasi dengan orang lain dan mudah pula untuk bergaul. Tindakannya lebih banyak daripada berpikir. Dia juga lebih suka keramaian ketimbang tempat yang sunyi. Sifat yang dimiliki antara lain aktif, percaya diri (bahkan berlebihan), suka bekerja kelompok, supel (gampang bergaul), senang beraktifitas, lebih suka bercerita daripada diceritakan, dan bertindak dulu baru berpikir.

3. Kepribadian Manusia Menurut Hippocrates
Hippocrates adalah seorang filsuf Yunani Kuno. Dia membedakan kepribadian menjadi empat yaitu sanguin, koleris, melankolis, dan plegmatis. Pembedaan tersebut didasarkan pemikiran Hippocrates akan unsur. Dia mengatakan bahwa alam semesta ini terdiri dari empat unsur dasar yaitu tanah, air, udara, dan api dengan sifat kering, basah, dingin, dan panas. Berikut adalah penjelasan kepribadian manusia menurut Hippocrates. Tidak ada kepribadian yang terbaik maupun terburuk.

3.1. Sanguin
Sanguin adalah kepribadian manusia dengan sifat suka bicara, sangat mudah bergaul, suka mengikuti trend, suka membesar-besarkan suatu hal, suara/tawa yang kadang berlebihan, mudah mengikuti suatu kelompok, sering terlambat, pelupa, sedikit kekanak-kanakan, egois, dan susah konsentrasi. Biasanya orang yang bertipe sanguin akan terlihat mencolok dibandingkan anggota kelompok yang lain, meskipun ia bukan pemimpin kelompok tersebut.

3.2. Koleris
Koleris adalah kepribadian manusia dengan sifat suka mempimpin, bisa membuat keputusan, dinamis, berkemaian keras, keras kepala, tidak sabaran, mudah emosi, suka pertentangan, bekerja keras, suka kebebasan, sulit mengalah, suka memerintah, produktif, suka kerja efisien, dan memiliki visi ke depan yang bagus. Orang yang berkepribadian koleris akan menjadi pemimpin dalam kelompoknya. Jika misalnya dalam kelompok tersebut sudah ada pemimpin, maka dia akan berani menentang pemimpin tersebut atau pergi membuat kelompok baru.

3.3. Melankolis
Melankolis adalah kepribadian manusia dengan sifat analitis, sensitif, mau mengorbankan diri, pendendam, selalu melihat masalah dari sisi negatif, kurang bisa bergaul (bersosialisasi), tidak suka perhatian, hemat, perfeksionis, artistik, serius, sangat memperhatikan orang lain, kurang mampu menyatakan pendapat, dan lebih fokus pada cara dibandingkan tujuan. Internet adalah anugerah baginya, karena dari sanalah dia bisa mengatakan semua hal secara bebas (meskipun kadang kelewatan). Biasanya orang-orang seperti ini akan menjadi entrepreneur yang hebat.

3.4. Plegmatis
Plegmatis adalah kepribadian manusia dengan sifat mudah bergaul, penyabar, selalu berusaha mencari jalan pintas, simpatik, sangat suka keteraturan, memiliki selera humor yang tinggi namun sarkatik (bersifat mengejek/menyinggung), kurang antusias pada hal baru, suka menunda, tidak suka dipaksa, lebih suka menonton daripada ikut terlibat, dan keras kepala. Orang dengan kepribadian seperti ini seringkali disalahartikan sebagai psikopat.


Daftar Pustaka


Wijaya, Rony. 2011. 10 Tips Membentuk Pribadi Yang Menarik. [Online]. Tersedia: http://ronywijaya.com/10-tips-membentuk-pribadi-yang-menarik/. [21 Oktober 2016].
Anonymous. 2016. Cara Menjadi Pribadi Yang menarik. [Online]. Tersedia: https://www.wedaran.com/12341/cara-menjadi-pribadi-yang-menarik/. [21 Oktober 2016].
Sasrawan,Hedi. 2015. 16 Macam Kepribadian Menurut 3 Para Ahli. [Online]. Tersedia: http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2015/08/16-macam-kepribadian-manusia-menurut-3.html. [21 Oktober 2016].
Trie, Senja. 2015. Delapan Tips Tampil Beda, Menjadi Pribadi yang menarik dan menyenangkan di Mata Orang Lain. [Online]. Tersedia: http://www.kompasiana.com/senja.trie/delapan-tips-tampil-beda-menjadi-pribadi-yang-menarik-dan-menyenangkan-di-mata-orang-lain_55b2fea7e122bd3d10850a21. [21 Oktober 2016].
Anonymous. 2011. Kiat Kiat Untuk Menjadi Pribadi yang Menarik. [Online]. Tersedia: https://web.facebook.com/notes/mari-belajar-agama-islam/kiat-kiat-untuk-menjadi-pribadi-menarik-menyenangkan/229297233789010. [21 Oktober 2016].

Delapan Tips Tampil Beda, Menjadi Pribadi yang Menarik dan Menyenangkan di mata orang lain

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/senja.trie/delapan-tips-tampil-beda-menjadi-pribadi-yang-menarik-dan-menyenangkan-di-mata-orang-lain_55b2fea7e122bd3d10850a21


Friendly atau RamahSenang Membantu dan Menolong Orang lainRendah HatiBe SmartMenepati JanjiMenjadi Pendengar yang baik Peduli dan PerhatianMengingat dan menyapa orang dengan namanya

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/senja.trie/delapan-tips-tampil-beda-menjadi-pribadi-yang-menarik-dan-menyenangkan-di-mata-orang-lain_55b2fea7e122bd3d10850a21
Friendly atau RamahSenang Membantu dan Menolong Orang lainRendah HatiBe SmartMenepati JanjiMenjadi Pendengar yang baik Peduli dan PerhatianMengingat dan menyapa orang dengan namanya

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/senja.trie/delapan-tips-tampil-beda-menjadi-pribadi-yang-menarik-dan-menyenangkan-di-mata-orang-lain_55b2fea7e122bd3d10850a2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar