Senin, 05 September 2016

Kenali Dirimu

  

Oleh : Hariadi Adha Putra Rieswanto 

Manusia hidup di dunia ini secara bersosialisasi dalam menjalankan kegiatanya sehari hari sehingga banyak orang berlomba lomba untuk mencari teman ataupun kenalan sebanyak mungkin agar memiliki jaringan yang lebih luas lagi,
hal itu tidaklah salah namun terkadang dari banyaknya orang orang tersebut mereka lupa untuk mengenal dirinya terlebih dahulu, akibatnya potensi diri untuk mengenali kelemahan dan kelebihan tidak teridentifikasi dengan baik yang membuat kita sulit untuk memalsimalkan apa yang menjadi kelebihan kita dan terkesan tertutupi.

Pengertian
Mengenal diri adalah pokok pokok penting dalam diri sendiri yang meliputi fisik dan mental pribadi  seseorang agar ia dapat mengolah dirinya menjadi lebih baik dan memiliki jati diri yang jelas.

Manfaat dan Tujuan

Dengan mengenal diri sendiri kita dapat melihat potensi yang kita miliki yang sangat bermanfaat untuk menentukan arah hidup yang kita jalani seperti agama, pendidikan, dan juga karir. 

Kepribadian kita juga dapat terbentuk dengan mengenali diri sendiri yang kompleks dan unik dan membuat individu itu berbeda antara satu dengan yang lain, dengan demikian jika kita mengenal diri kita tidak mungkin akan meniru orang lain/plagiat yang membuat kita kehilangan jati diri.

Mengenal kenyataan tentang diri sendiri seperti kelemahan apa yang kita punya serta kemungkinan kemungkinan yang dapat kita peroleh didalamnya. Mengakui kenyataan akan kelemahan kita tidak lantas akan membuat kita lemah dihadapan orang lain karena sesungguhya dari situlah kita dapat mengasah diri sendiri.

Apabila kita mengenali diri maka besar kemungkinan kita akan bisa menguasai dan mengendalikan diri dengan baik.

 

Cara untuk Mengenali Diri:


Aktivitas Yang Paling Kita Sukai?
Apabila kita melihat sesuatu dan merasakan suatu vibrasi yang cocok dan sesuai dengan kita yang membuat kita merasa nyaman sudah dipastikan itu adalah kegemaran kita. Tapi asalkan itu merupakan sesuatu yang tidak melanggar aturan agama dan norma yang berlaku

Kenali Perasaan atau Watak yang dimiliki!
Kita harus mengetahui watak seperti apa yang kita miliki, apakah itu sensitif,halus,kasar,pemalu,dsb. itu berguna untuk mengetahui batasan yang kita miliki untuk pergaulan dan kehidupan bersosialisasi

Apa Visi dan Misi dalam Hidupmu?
Agar mengetahui tujuan hidup yang jelas kita harus menentukan apa yang menjadi tujuan hidup kita sendiri dan disertai dengan aksi yang berlandaskan tujuan tersebut, contoh sederhana dari ini adalah cita-cita dan motto hidup

Hilangkan Pikiran Negatif!
Pikiran negatif adaah penghambat untuk mengenal diri sendiri, karena akan membuat kita ragu untuk maju sehingga kita gagal untuk berkembang dan juga selalu berburuk sangka terhadap orang lain. Untuk tambahan, bahwa sesungguhnya kunci lain untuk mengenal diri sendiri adalah mau menerima diri sendiri serta percaya kepada orang lain terutama yang terdekat dengan kita karena seseorang dapat dinilai dari siapa temanya.

Cara Kamu Menyikapi Sesuatu
Saat sedang menghadapi masalah coba perhatikan bagaimana perasaan dan kata kata yang kita ungkapkan, sebagai contoh: apabila kita secara tidak sengaja menjatuhkan gelas kaca mungkin kita akan berseru, "Astaghfirullah..", "Innalillah..", "Sialan!", "Eh..Copot!", dan sejenisnya. Kemudia bagaimana perasaan kita saat itu apakah marah,sedih,atau biasa biasa saja, perhatikan bagaimana kamu menyikapi hal tersebut.

Daftar Pustaka

Nagata, Daniel. (2015). 3 Cara Mengenali Diri Sendiri, Pondasi Untuk Pengembangan Diri. [online]. Tersedia: http://www.danzierg.com/2015/03/mengenali-diri-sendiri/ . [5 September 2016].
Gunawan, Asep Iwan. (2013). Delapan Cara Mengenali Potensi Diri. [online]. Tersedia: http://www.aswanblog.com/2013/02/delapan-cara-mengenali-potensi-diri.html/. [5 September 2016].
Hadi, Syamsul. (2014). MENGENALI DAN MENGGALI POTENSI DIRI. [online]. Tersedia: http://www.maribelajarbk.web.id/2014/12/mengenali-dan-menggali-potensi-diri.html/. [5 September 2016].
Lestari, Intan. (2016). Ada 8 Pengertian Mengenal  Diri Sendiri Siapa Saya. [online]. Tersedia: http://www.galinggis.id/2016/02/ada-8-pengertian-mengenal-diri-sendiri.html/. [5 September 2016]
Cahyo, Rudi. (2014). 5 Situasi yang Memudahkan Mengenali Diri Sendiri. [online]. Tersedia: http://rudicahyo.com/psikologi-artikel/5-situasi-yang-memudahkan-mengenali-diri-sendiri/. [5 September 2016]

 

 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar