Rabu, 07 September 2016

Mengenal Diri



Di masa modern seperti ini, banyak dari kita yang tidak mengetahui bahkan mengenali dirinya sendiri. Salah satu penyebabnya adalah kehidupan sosial di sekeliling kita sendiri yang menjadikan diri kita bukan diri sendiri melainkan orang lain.
Mengenali diri sendiri merupakan salah satu cara sederhana untuk mengetahui potensi tersembunyi yang ada dalam diri. Berikut adalah tujuan dan cara mengenal diri.
Tujuan mengenal diri :
1.      Membentuk sikap dan perilaku percaya diri.
Sikap dan perilaku percaya diri adalah kemampuan mengekspresikan diri atau mengemukakan hak-hak pribadi serta mempertahankannya tanpa melanggar hak orang lain.
22.  Mengetahui kelebihan diri sendiri.
Dengan mengetahui kelebihan dalam diri sendiri, seseorang akan mengetahui hal apa yang harus dilakukannya untuk mengembangkan kelebihan tersebut. 
33.  Mengetahui kekurangan diri sendiri.
Sebaliknya dengan kelebihan, dengan mengetahui kekurangan dalam diri sendiri, seseorang akan mengintropeksi dirinya dan memeperbaiki kekurangan tersebut.
Cara mengenal diri :
1.      Bersikap apa adanya
Hidup dengan ketidak jujuran akan memberikan rasa resah dan tidak nyaman. Karena keresahan itulah diri kita yang sesungguhnya tertutupi namun dengan bersikap apa adanya atau tanpa dibuat – buat kita akan mengenali diri kita sendiri.
2.      Bercermin
Bercermin dalam hal ini adalah intropeksi diri, tujuannya adalah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dengan ini, kita dapat menemukan apa yang kita miliki dalam diri sendiri yang tidak dapat ditemukan dalam diri orang lain.
3.      Cintai diri sendiri
Dalam fase kehidupan, banyak dari kita yang menginkan orang lain bahagia melebihi dirinya sendiri. Merelakan segala hal demi orang lain. Cobalah berteman dengan diri sendiri, kemudian sayangi dan cintai diri hingga akhirnya kita dapat menegenali diri kita yang sebenarnya.

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar