Rabu, 07 September 2016

Pentingnya mengenal diri



Mengapa mengetahui diri sendiri merupakan hal yang penting? yaitu karena jika kita tidak mengetahui diri sendiri maka bagaimana kita dapat melakukan perubahan diri, bagaimana tolak ukur mengenai diri sendiri, bagaimana mengetahui apa keinginan yang kuat atau passion diri sendiri, dan masih banyak lainnya.
Mengenal diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Tidak semua individu dapat mengenal dirinya sendiri dengan jelas. Sehingga sulit dilakukan perubahan jika kita tidak tau apa yang harus diubah, mengapa diubah, dan bagaimana hasilnya setelah melakukan perubahan diri. Karena hal itulah, maka perubahan diri dimulai dari mengenal diri sendiri. Mengenal diri sendiri diperlukan agar kita dapat mengetahui bagaimana yang terbaik untuk diri kita.
Tujuan dari mengenal diri sendiri adalah untuk memaksimalkan potensi diri yang kita miliki, sehingga tidak ada lagi waktu atau kesempatan yang sia-sia. Jika kita sudah mengenal diri sendiri, maka akan sangat banyak keuntungan yang akan didapatkan bagi diri sendiri. Diantaranya adalah, dapat melakukan segala sesuatu dengan bahagia karena sudah sesuai dengan apa yang disukai dan diinginkan, kehidupan menjadi lebih terarah karena sudah tau apa inti dari sifat serta keinginan diri sendiri, segala sesuatu yang kita lakukan akan menjadi lebih efektif dan efisien karena sudah memahami passion diri kita, dan masih banyak sekali keuntungan lainnya. Yakinilah pada diri sendiri, bahwa dengan yakin pada diri sendiri maka akan mengalahkan seluruh tantangan yang ada untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik lagi.Kenalilah diri sendiri, sebelum melakukan perubahan diri, dan sebelum semakin banyak waktu dan kesempatan yang terbuang. Karena dengan memulai mengenal diri sendiri, akan semakin banyak kesempatan atau peluang yang dapat diambil, semakin cepat untuk menggapai kesuksesan, tentunya dengan selalu berubah untuk menjadi individu yang lebih baik lagi dan memiliki attitude yang baik.

A.     Kenali Diri Sendiri Melalui Visualisasi dan Indra Penglihatan

Cara paling mudah melalui metode visualisasi, perhatikan apa yang kita lihat dan sering kita jumpai. Sebagai contoh, ketika kita melihat seseorang sedang memainkan alat musik gitar sambil bernyanyi. Kita merasakan ikut dalam alunan musik serta lagunya, bahkan kita sesekali ikut bernyanyi dan menikmati lagunya. Sesunggunya kondisi ini sedang menunjukan kepada kita bahwa kita senang dengan musik dan cara untuk mewujudkannya adalah mendengarkan musik.

B.      Kenali Diri Sendiri Melalui Perasaan

Alat pendeteksi tercanggih yang telah diciptakan Tuhan untuk manusia adalah perasaan. Perasaan yang kita miliki tidak dapat digantikan dengan alat tercanggih sekalipun didunia ini, untuk alasan inilah manusia diciptakan dengan memiliki perasaan. Perasaan inilah yang dapat menggambarkan diri kita, apakah kita memiliki perasaan halus, sensitif atau justru sebaliknya.
Sebagai contoh, bila kita melihat seseorang sedang bekerja keras untuk membangun bisnis agar masa depannya tidak melarat. Melihatnya sukses membangun bisnis kita cenderung ingin menjadi sepertinya, yaitu sukses membangun bisnis. Inspirasi darinya yang menjadi pendorong bagi kita untuk lebih giat dan tekun. Disini perasaan kita sedang bekerja, sehingga kita termotivasi.

C.       Kenali Diri Sendiri Melalui Pikiran

Pikiran memiliki kekuatan dasyat yang dapat mengubah apapun. Untuk alasan inilah banyak motivator mengatakan bahwa kunci dari kesuksesan adalah pikiran. TheSecret Power Of  The Think, kira-kira seperti inilah gambaran kekuatan pikiran kita yang penuh dengan rahasia dan misteri.Cara mendeteksinya adalah dengan pola pikir kita, pembentukan pola pikir (mindset) melalui proses yang tidak instant dan cenderung memerlukan pengorbanan. Kenali pikiran-pikiran Anda dengan cara melatihnya terus menerus, jangan biarkan ia menjadi kerdil.
Cara melatihnya adalah dengan mengisinya dengan informasi yang baik dan bermanfaat.

“Knowing yourself is the beginning of all wisdom. No one knows you better than you know yourself. So, don’t allow anyone to change your energy. Don’t waste your time or your life on people who put you down”





  Daftar pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar