Jumat, 16 September 2016

Disiplin Kerja




by : Anna Lusiana

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.
Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrumen hukuman di mana hal ini bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun pada orang lain.



Disiplin itu sangat diperlukan. Disiplin dapat kita buat dalam bentuk aturan-aturan. Aturan ini akan membantu anda dalam membentuk kebiasaan-kebiasaan yang baik, menghilangkan yang buruk, dan memperbaiki kontrol anda dengan membuat perubahan sederhana pada rutinitas sehari-hari anda. Peningkatan disiplin diri justru akan memungkinkan anda untuk hidup lebih bebas dengan membantu anda membuat pilihan yang sehat, bukan emosional.


Metode yang harus dilakukan untuk dapat menerapkan sikap Disiplin :
1.      Just do it. Tumbuhkan niat dalam diri bahwa kamu benar-benar ingin membiasakan dirimu bersikap disiplin. Biarkan motivasi ini memengaruhimu untuk membuat pilihan yang baik. Katakan pada diri sendiri “Aku berjanji akan selalu mematuhinya.”
2.      Pelajari rulesnya. Pastikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Sadari hal itu agar terhindar dari kesalahan.
3.      Berlatih. Sikap disiplin adalah sikap yang bisa dilatih.Sebesar apapun niat dan tekadmu untuk menumbuhkan sikap disiplin, tak akan berarti apa-apa jika tidak dilakukan.
4.      Kurangi kebiasaan buruk. Jika kamu masih sering menggunakan peralatan orang lain, atau fasilitas umum untuk kebutuhan diri, hentikan!
5.      Jangan menunggu saat yang tepat. Terimalah kenyataan bahwa akan membutuhkan waktu untuk kebiasaan baru anda agar terasa natural dan benar. Tetaplah melangkah, anda akhirnya akan berhasil.
6.      Tentukan dan capai tujuan. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari perasaan puas ketika berhasil mencapai sebuah tujuan
7.      Abaikan tekanan buruk. Tekanan buruk dari orang lain adalah tantangan terbesar dalam nilai etika personalmu. Kamu harus belajar untuk tetap berpegang teguh pada prinsip.
8.      Lakukan aktivitas yang memacu kedisiplinan seperti berolahraga atau bermain alat musik.Aplikasikan pada seluruh kegiatan yang kamu lakukan, termasuk saat berolahraga dan bermain musik. Semakin dibiasakan dan sering dilakukan maka tak akan terasa sulit.
9.      Jangan menyerah.Prinsip untuk menjadi disiplin memang tidak mudah, namun bukan berarti kamu bisa berhenti ketika sudah lelah.
 



Daftar Link :


Anonim. 2016. Disiplin. Wikipedia. (diakses 16 september)
Meutia, Shafira. 2014. 10 Cara Efektif Membentuk Disiplin Kerja.  WordPress. (diakses 16 september)
Anonim. 2016. 5 Metode yang Telah Terbukti Ampuh Membentuk Disiplin Diri. Aku Ingin Sukses. (diakses 16 september)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar