Rabu, 14 September 2016

Jujur Pada Diri Sendiri



     1.   Akibat
Orang yang tidak jujur pada diri sendiri,jangan diharap dapat dipercayai dalam hal apapun. Kejujuran adalah kunci kebahagiaan sejati manusia.
Kebahagiaan yang dimaksudkan disini adalah kebahagiaan hakiki secara lahir dan batin.. Ada banyak orang yang tidak jujur,,tapi bisa kaya raya dan hidup mewah,tapi mereka tidak akan mungkin memperoleh kebahagiaan sejati. Untk dapat berkaca diri,apakah kita jujur atau tidak pada diri sendiri, kita dapat bercermin pada hati nurani kita. Karena hati nurasi selalu mengatakan kebenaran. Ketika saya dan istri berada di Tibet ,di gerbang masuk kuil,tamu tamu melemparkan uang recehan.Saya berpikir,kami mungkin cuma sekali saja ke Tibet,bagaimana kalau kami memberikan sedikit lebih banyak? Tapi apakah tamu tamu yang ada disekitar sana ,yang melemparkan recehan tidak tersinggung? Maka saya bertanya pada salah satu Pendeta disana. Anda tahu apa jawabannya? “Don't ask me , ask your heart,because the answer is in your heart.....” ...Saya terdiam,wajah saya merah padam..Benar.mau nyumbang koq nanya lagi.. Hmm sejak itu setiap kali saya memberi atau menolong orang,saya hanya bertanya pada hati saya.. Pelajaran dari Tibet tersebut sudah berlangsung 20 tahun lalu, tapi tidak pernah pudar dari ingatan saya :” Ask your heart!” Jangan memberi,kalau hanya ingin mendapat dipuji orang,karena tidak ada gunanya. Ingin di hormati dan dikatakan orang baik,adalah bagian dari egoisme yang terselubung dalam diri setiap manusia. Diakui ataupun tidak. Egoisme adalah kekuatan yang berlawanan ,yang terdapat dalam pikiran setiap orang,yang selalu ingin mencari alasan pembenaran diri,dari segala kesalahan yang kita lakukan. Satu satunya yang mampu mengendalikan energi negatif dalam diri ini,adalah hati nurani. Untuk itu kita harus selalu menjaganya agar selalu bersih dan tulus. Hati nurani tidak pernah salah. Ada ungkapan bahwa suara hati adalah “the voice of God” Tetapi ini adalah sekedar sebuah ungkapan,tidak ada tujuan untuk memasukkan paham suatu ajaran agama tertentu, Bila kita mengingkari diri,ia akan mengingatkan kita ,menegor,bahkan menghukum kita. Hal ini dapat kita buktikan pada diri kita masing masing.
     2.   Pengertian
Jujur merupakan salah satu sifat manusia yang cukup sulit untuk diterapkan. Sifat jujur yang benar-benar jujur biasanya hanya bisa diterapkan oleh orang-orang yang sudah terlatih sejak kecil untuk menegakkan sifat jujur. Tanpa kebiasaan jujur sejak kecil, sifat jujur tidak akan dapat ditegakkan dengan sebenar-benarnya jujur.
Sifat jujur termasuk ke dalam salah satu sifat baik yang dimiliki oleh manusia. Orang yang memiliki sifat jujur merupakan orang berbudi mulia dan yang pasti merupakan orang yang beriman.
Meskipun jujur merupakan sifat dasar manusia, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak yang belum memahami makna kata jujur yang sebenarnya. Hal ini terbukti dari masih banyaknya orang-orang yang mencampur adukkan sifat jujur dengan sifat kebohongan yang pada akhirnya mendatangkan berbagai macam malapetaka baik bagi dirinya maupun bagi orang lain yang ada di sekitarnya. 
3.   Manfaat Jujur
Bersikap jujur dalam setiap kesempatan adalah sebuah keharusan. Tanpanya kehidupan yang bahagia, aman dan tentram tidak akan pernah bisa terwujud. Sayangnya, ada banyak orang justru tidak mampu menerapkannya dan menjadikan kejujuran sebagai selogan semata. Berikut manfaatnya:

1. Kejujuran mendatangkan kebahagiaan
Sangat sulit memang untuk selalu bersikap jujur. Namun, ini adalah jalan terbaik untuk bisa merasakan kebahagiaan. Akan tetapi, hendaknya kejujuran juga disertai dengan pola pikir yang dewasa agar kejujuran yang kita lakukan tidak menyinggung perasaan orang lain karena apa yang kita lakukan atau ucapkan.
2. Kejujuran mendatangkan simpati
Ada kisah seorang bapak petugas kebersihan memperoleh hadiah sebuah sepeda motor karena dia mengembalikan bungkusan kresek yang ternyata di dalamnya berisi uang ratusan juta rupiah. Mungkin ada sebagian dari Anda berpikir mengapa dikembalikan, hadiah sepedah motor tidak sebanding dengan nominal uang yang ada di dalamnya. Namun, bagi si bapak uang bukanlah segala-galanya yang dia tahu bahwa uang tersebut bukanlah miliknya dan pasti orang yang kehilangan sedang mengalami depresi berat. Dari kebaikan dan teladan si bapak akhirnya banyak orang merasa simpati kepadanya, hingga terdengar sampai ke jajaran direksi dan akhirnya mengangkat bapak tersebut menjadi karyawan tetap pada posisi yang lebih baik.
3. Kejujuran mendatangkan ketenangan
Dengan selalu bersikap jujur tidak hanya kebahagiaan yang bisa kita rasakan, tapi juga ketenangan. Hal ini karena kita tidak perlu merasa takut karena merasa dikejar-kejar sesuatu akibat kebohongan yang kita lakukan. Oleh sebab itu, berusahalah meninggalkanlah apa yang meragukan menuju ke perkara yang tidak meragukan, sesungguhnya jujur adalah ketenangan sedangkan dusta adalah keraguan.
4. Kejujuran mendatangkan pahala
Tuhan tidak pernah tinggal diam dan pasti akan membalas kita dengan pahala yang yang berlimpah jika kita bisa selalu bersikap jujur dalam kehidupan ini.
5. Kejujuran mendatangkan rasa percaya diri
Dengan bersikap jujur kita akan selalu merasa optimis dalam melakukan segala sesuatu meskipun hasil yang diperoleh mungkin tidak memuaskan. Namun, di balik itu semua kita tidak perlu merasa takut akibat dibayang-bayangi oleh perasaan bersalah dari perbuatan yang kita lakukan.
6. Kejujuran mendatangkan kedamaian
Dalam beberapa kasus ketidakjujuran sering menjadi sumber utama perselisihan dengan orang lain. Sebagai contoh, fakta terbaru terungkapnya dugaan kasus kecurangan pada proses pemilihan kepala daerah beberapa waktu yang lalu di Kalimantan Tengah diwarnai dengan perkelahian di antara masing-masing kubu pendukung calon kepala daerah. Hal ini patut disayangkan sekali, padahal bila masing-masing pihak mampu besikap jujur dan tidak melakukan kecurangan dengan cara menyuap ataupun memanipulasi data, maka perkelahian pasti bisa dihindari sehingga memungkinkan bagi terciptanya kedamaian.
7. Kejujuran menciptakan keluarga yang nyaman
Dampak bersikap jujur di dalam rumah tangga membuat seluruh anggota keluarga bisa merasakan kenyamanan, hal ini karena setiap orang tidak perlu merasa harus menyembunyikan sesuatu jika sedang menghadapi permasalahan.
8. Menghindarkan seseorang dari tuduhan-tuduhan yang merugikan
Kita hidup di dunia di mana berbagai macam karakter orang tinggal di dalamnya. Di manapun kita berada hedaknya segala yang kita lakukan dilandasi dengan kejujuran supaya kita terhindar dari tuduhan-tuduhan palsu yang dapat merugikan kita.


Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar