Sabtu, 24 September 2016

Tanggung Jawab Manusia Sebagai Makhluk Sempurna

Tanggung jawab merupakan salah satu kewajiban individu yang ada dimuka bumi ini. Kewajiban tersebut tidak hanya kepada diri sendiri atau elemen tertentu yang ada disekitar kita.
Dimana didalam kehidupannya dibebani tanggung jawab, mempunyai hak dan kewajiban dituntut pengabdian dan pengorbanan. Tanggung jawab itu sendiri merupakan sifat yang mendasar yang terdapat didalam diri manusia. Tanggung jawab mempunyai kaitan yang sangat erat dengan perasaan hati  kita yang pada dasarnya mempunyai pengaruh besar dalam mengarahkan sikap kita menuju hal positif,
                Tanggung jawab yaitu beban psikis (kejiwaan) yang melandasi  pelaksaan kewajiban (atau dalam melakukan kewajiban) dari tugas tertentu. Kesanggupan seseorang untuk menjalankan suatu tugas disebut kewajiban, untuk seseorang yang tidak melaksanaan tanggung jawab tersebut akan mendapat celaan. Makna tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yag disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran dan kewajiban.


Jenis- jenis Tanggung Jawab

1)   Tanggung jawab terhadap tuhan

Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisa kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab lngsung terhadap tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari hukum-hukum tersebut akan segera diperingatkan oleh tuhan dan juga dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan maka tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah-perintah tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap tuhan sebagai penciptanya, bahkan untuk memenuhi tanggung jawab, manusia perlu pengorbanan.

2)   Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memevahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri menurur sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral, tetapi manusia juga pribadi. Karena merupakan seorang pribasi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, berangan-angan sendiri. Sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan angan-angan itu manusia berbuat dan bertindak. Dalam hal ini manusia tidak luput dari kesalahan, kekeliruan, baik yang sengaja maupun yang tidak.

3)   Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami, ister, ayah, ibu anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarga. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan dan kehidupan.

4)   Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain. Sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyrakat tersebut. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

5)   Tanggung jawab kepada bangsa / negara

Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.


Ciri ciri Orang yang Bertanggung Jawab

a)      Dapat dipercaya dan diandalkan
b)      Mau berusaha dan mencoba
c)       Selalu memberikan yang terbaik


Hubungan antara Komitmen dan Tanggung Jawab

Komitmen selalu ada di hari-hari kita,di kepala kita, dan kehidupan kita. Banyak dari kita ada dalam bisnis komitmen. Komitmen menjadi pengendali kita. Seperti roda hamster, kita tidak dapat menghentikan stres atau waktu yang meminta kita untuk melakukan kewajiban kita, karena komitmen. Kita bekerja sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan pribadi dan keuangan. Kita bekerja sehingga kita bisa melakukan hal lain yang ingin kita lakukan. Kita bekerja agar mendapat tinjauan yang baik.
Seraya karpet komitmen itu menyelimuti kita, kita mungkin merasa kita “harus” melakukan sesuatu, padahal pada kenyataannya kita mempunyai pilihan, meski pilihan itu memiliki konsekuensi. Kita mungkin tidak bisa membiarkan orang lain kecewa, padahal kenyataannya kita bisa berkata tidak. kita mungkin bahkan percaya bahwa kita bekerja untuk orang lain, padahal kenyataannya kita bekerja untuk diri kita sendiri. Peran tanggung jawab kita sangat besar dalam hal tersebut.
Bertanggung jawab atas diri sendiri adalah berhenti mencari jawaban di luar diri .karena kitalah menjalaninya, dan kesuksesan tersebut tergantung pada seberapa besar komitmen  dan tanggung jawab terhadap tujuan yang ingin capai. Makin besar tanggung jawab pada komitmen suatu tujuan, makin besar peluang kita akan berhasil dan sukses.


DAFTAR PUSTAKA
Harum, Akhmad. 2013. Mengembangkan Tanggung Jawab. [Online]. Tersedia: https://bukunnq.wordpress.com/mengembangkan-tanggung-jawabkomitmen-terhadap-tugas-dan-kewajiban/ . [25 September 2016]

Salim, Frensen. 2016. Manusia dan tanggung jawabnya. [Online]. Tersedia: http://frnsnslm.blogspot.com/p/ringkasan-materi-manusia-dan-tanggung.html . [25 September 2016]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar