Selasa, 20 September 2016

Memahami Disiplin Diri



Assalamualaikum.

Kali ini saya mau menulis artikel tentang disiplin diri sendiri.
            Disiplin itu menurut saya orang yang taat dan patuh pada pearturan di manapun seseorang itu berada.
Jadi dia menyikapi dirinya dengan benar-benar dan tidak melanggar aturan-aturan yang sudah dibuat. Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrument hukuman dimana hal ini bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun pada orang lain. Disiplin diri merujuk pada pelatihan yang didapatkan seseorang untuk memenuhi tugas tertentu atau untuk mengadopsi pola prilaku tertentu, walaupun orang tersebut lebih senang melakukan hal yang lain.
            Kebiasaan yang kita lakukan akan menentukan masa depan kita. Kebiasaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik, begitupun sebaliknya, namun untuk membiasakan kebiasaan baik itu tidak mudah . Manusia memiliki sifat-sifat yang mendasar , seperti sifat cenderung bermalas –malasan . Sifat ini membuat orang akan menjadi tidak menghargai waktu dan selalu melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat . Misalnya , menghabiskan waktu dengan hanya berbaring di tempat tidur . Mendisiplinkan diri bagi orang yang tidak mengetahui cara-cara untuk bisa menjadi disiplin menganggap bahwa disiplin diri sulit untuk dikerjakan . Oleh karena itu , perlu adanya solusi-solusi tertentu untuk bisa terus- menerus  berdisiplin demi meraih impian dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup. Solusi pertama ,tetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam waktu dekat.Kedua ,buat urutan prioritas hal-hal yang ingin kita lakukan.Ketiga, buat jadwal kegiatan secara tertulis Lakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang kita buat, tetapi jangan terlalu kaku. Jika perlu, kita dapat mengubah jadwal tersebut sesuai dengan kondisi dan situasi.Keempat,berusahalah untuk senantiasa disiplin dengan jadwal program kegiatan yang sudah kita susun sendiri.Kelima,jangan bandingkan diri kita dengan orang lain. Itu tidak akan menolong. 

Macam-Macam Disiplin
a.       Disiplin dalam Menggunakan Waktu
 Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik.

b.       Disiplin dalam Beribadah
 Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peratuaran yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan, Allah SWT senantiasa menganjurkan manusia untuk Disiplin, sebagai contoh firman Allah SWT.

c.       Disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Kedisiplinan merupakan hal yang amat menentukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, sampai terjadi erosi disiplin maka pencapaian tujuan pendidikan akan terhambat.

Manfaat Disiplin
1. Menumbuhkan percaya diri
Sikap ini tumbuh berkembang pada saat anak diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang mampu ia kerjakan dengan sendiri.
2. Disiplin dapat Mengajarkan Kita Teratur
Jika kamu sudah terbiasa disiplin akan hal-hal yang kecil, makan kamu mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktu dengan baik.
3. Disiplin akan Menumbuhkan Rasa Kepedulian
Dengan disiplin kamu akan peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain. Disiplin juga akan membuat kamu memiliki intergritas, selain dapat memikul tangga jawab, kamu juga mampu memecahkan masalah dengan baik, cepat dan mudah.
4. Disiplin akan Menumbuhkan Ketenangan pada Jiwa
Dengan disiplin kamu akan menumbuhkan ketenangan pada jiwa, menurut penelitian menunjukan bayi yang tenang/jarang menangis ternyata lebih mampu memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Di tahap selanjutnya bahkan ia bisa cepat berinteraksi dengan orang lain.
5. Disiplin akan Menumbuhkan kepekaan
Kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini memudahkan dirinya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Jadinya, anak akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.

Tujuan Disiplin
Tuuannya agar lebih rapih lagi dalam bertindak, agar lebih bijak lagi, agar lebih dihormati orang lain lagi, karena orang yang displin adalah orang yang mau sukses, dan orang yang mau kelihatan darpih depan orang-orang sekitar dia.

Daftar Pustaka:


Rahma, Salsabila. “Manfaat disiplin”. September 20, 2016. http://www.academia.edu/8980066/Pengertian_Disiplin_macam_macam_disiplin_dan_manfaat_disiplin
Yusdarani, Indah, Baiq. “Tujuan dsiplin”. Juni 20, 2015.  http://baiqindahyusdarani.blogspot.co.id/p/disiplindiri-tahukah-anda-mengapa.html
Nugraha, Andi. “Manfaat disiplin”. Juni 28, 2015. http://gaulfresh.com/motivasi/manfaat-disiplin-dalam-diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar