Rabu, 14 September 2016

Hidup Dengan Kejujuran



Hidup Dengan kejujuran
Definsi jujur
Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu degan sesungguhnya  dan apa adanya, tidak di tambahi ataupun tidak dikurangi. Sifat jujur ini harus dimiliki oleh setiap manusia, karena sifat dan sikap ini merupakan prinsip dasar dari cerminan akhlak seseorang. Jujur juga dapat menjadi cerminan dari kepribadian seseorang bahkan kepribadian bangsa. Oleh sebab itulah kejujuran bernilai tinggi dalam kehidupan manusia.
Manfaat bersikap jujur
1.      Dalam menjalani kehidupan sehari-hari tak merasa di bebani.
2.      Timbul rasa percaya diri pada diri sendiri.
3.      Bersikap jujur dalam kehidupan masyarakat tentunya akan banyak membawa dampak positif..
4.      Dampak sikap jujur dalam keluarga tentunya membuat anggota keluarga tersebut menjadi nyaman, karena antar keluarga dapat berinteraksi tanpa beban dan saling membantu apabila ada maslah dalam satu pihak keluarga.
5.      Bagi seorang pelajar tentunya mempunyai angan-angan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang enak tetepi dapat menghasilkan uang banyak.
6.      Pada diri pribadi akan timbul sikap yang tidak selalu bergantung pada orang lain. Akan hidup mandiri.
Macam-acam kejujuran
1.      Jujur dalam Niat dan Kehendak Yakni motivasi atau dukungan bagi setiap gerak dan langkah seseorang dalam rangka menaati perintah Allah SWT dan ingin mencapai ridhonya. Jujur yang sesungguhnya berbeda dengan berpura-pura jujur. Orang yang bertindak pura-pura jujur merupakan orang yang tidak ikhlas dalam berbuat.

2.      Jujur dalam Ucapan Yakni memberitahukan sesuatu sesuai dengan realita yang tengah terjadi, kecuali untuk kemaslahatan yang dibenarkan syari'at seperti dalam kondisi Perang, mendamaikan orang yang tengah bersengketa dan semisalnya.

3.      Jujur dalam Perbuatan Yakni seimbang antara lahir dan batin hingga tidaklah berbeda antara amal lahir dan amal batin. Jujur dalam perbuatan juga memiliki arti melaksanakan suatu pekerjaan sesuai dengan yang diridhoi oleh Allah SWT dan melaksanakannya secara terus-menerus dan ikhlas.


Akibat tidak memilki sifat jujur
1.      Tidak TenangYang pertama kali terjadi ketika kita tidak jujur adalah ketidaktenangan.

2.      Tidak Disenangi Orang Lain Kehidupan kita sentiasa dikelilingi oleh banyak orang.Seperi:
Keluarga,sahabat,tetangga dan lain-lain.Kalau sekali kita berbohong dengan mereka mungkin merekaakan memaafkan kita.Tetapi kalau berkali-kali mereka kita bohongi pasti mereka tidak akan sanggup untuk menerima alasan kita,walaupu alasan itu sudah dipikir 7 hari 7 malam. Mereka akan menjauhkan diri kita,karena hati mereka sudah pernah kita beri rasa kebohongan.

3.      Tidak Diberi Pengakuan Sikap tidak jujur juga menyebabkan prestasi kita buruk.Mereka sudah tidak akan percaya kepada kita apalagi untuk memberikan pengakuan dalam sesuatu.

4.      Jadi Kebiasaan Kelakuan pasti akan jadi kebiasaan.Apabila sudah berkali-kali menciptakan sebuah alasan akhirnya kita akan jadi terbiasa. Setan telah berjaya mempamerkan keberhasilannya dalam menggoda kita. Apabila hati suah diselaputi titik-titik hitam dan titik itu tidak dibersihkan akhirnya hati kita tertutup dari cahaya-cahaya kebenaran.Akhirnya tiada ketenangan dalam jiwa dan hidup tidak akan berkah.
Daftar Pustaka
Anggung, pratiwi.Apa Itu Jujur”.14 september 2016. http://pratiwianggun17.blogspot.co.id/2012/11/apa-itu-jujur-anggun-pratiwi.html
Setiawan, gigih. “Sifat Jujur Pada Diri Sendiri dan Orang Lain”. 14 september 2016.  http://gigihsetiawan45.blogspot.co.id/
Al faruq, habibullah. “Macam-Macam Kejujuran”. 14 september 2016. http://www.habibullahurl.com/2015/08/macam-macam-kejujuran.html
Mufarrajil, farid. “Inilah Akibat Jika Kita Tidak Membiasakan Bersikap Jujur. 14 september 2016. http://farpunya.blogspot.co.id/2015/12/inilah-akibat-jika-kita-tidak.html#


Tidak ada komentar:

Posting Komentar