Rabu, 21 September 2016

KEDISIPLINAN


KEDISIPLIN

     Pengertian disiplin

Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib.
                Disiplin merupakan sikap mental yang tecermin dalam perbuatan tingkah laku berupa kepatuhan atau ketaatan terhadap peraturan, ketentuan, etika, norma dan kaidah yang berlaku. Kedisiplinan dapat dilakukan dengan latihan antara lain dengan bekerja menghargai waktu dan biaya akan memberikan pengaruh yang positif. Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa disiplin mengacu pada pola tingkah laku dengan ciri-ciri sebagai berikut:
·         Adanya hasrat yang kuat untuk melaksanakan sepenuhnya apa yang sudah menjadi norma, etik, dan kaidah yang berlaku dalam masyarakat.
·         Adanya prilaku yang dikendalikan.
·         Adanya ketaatan (obedience)
Dari ciri-ciri pola tingkah laku pribadi disiplin, jelaslah bahwa disiplin membutuhkan pengorbanan, baik itu perasaan, waktu, kenikmatan dan lain-lain. Disiplin bukanlah tujuan, melainkan sarana yang ikut memainkan peranan dalam pencapaian tujuan. Manusia sukses adalah manusia yang mampu mengatur, mengendalikan diri yang menyangkut pengaturan cara hidup dan mengatur cara kerja, Maka erat hubungannya antara manusia sukses dengan pribadi disiplin. 

Macam-macam disiplin

1. Disiplin pribadi adalah pengarahan diri ke setiap tujuan yang diinginkan melalui latihan dan peningkatan kemampuan.
2. Disiplin dalam menggunakan waktu  Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik,  Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik.
3. Disiplin sosial adalah perwujudan dari adanya disiplin pribadi yang berkembang melalui kewajiban pribadi dalam individu, Hidup bermasyarakat adalah fitrah manusia. Disiplin sosial berawal dari tingkat kemampuan dan kemauan mengendalikan diri dalam mengamalkan nilai, ketentuan, peraturan dan tata tertib yang berlaku di masyarakat.
4. Disiplin nasional adalah kemampuan dan kemauan mengendalikan diri untuk mematuhi semua ketentuan yang telah ditentukan oleh negara. Negara adalah alat untuk memperjuangkan keinginan bersama.
5. Disiplin ilmu, mematuhi semua ketentuan yang telah ditentukan sebagai ilmuwan. Jika seorang ilmuwan memiliki disiplin ilmu; maka ilmuwan tersebut memiliki kode etik (aturan) dan perilaku yang baik. Seorang ilmuwan sejati tidak akan melakukan perbuatan yang bertolak belakang dari pengetahuannya.

ASPEK DISIPLIN
  1. Sikap mental, yang merupakan sikap taat dan tertib. Hal ini sebagai hasil latihan dari pengendalian pikiran dan pengendalian watak.
  2. Pemahaman yang baik mengenai sistem atauran tingkah laku. Pemahaman tersebut menumbuhkan kesadaran untuk memahami disiplin sebagai suatu aturan yang membimbing tingkah laku.
  3. Sikap dan tingkah laku yang secara wajar menunjukkan kesungguhan hati untuk mentaati segala hal secara cermat.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan

            Faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan akan sangat berpengaruh terhadap hasil dari proses menerapkan kedisiplinan tersebut. Faktor-faktor yang dapat memepengaruhi kedisiplinan peserta didik antara lain :

1. Faktor pendidikan. usaha sadar serta sistematis yang berlangsung seumur hidup pada rangka mengalihkan pengetahuaan kepada sesorang terhadap orang lain.
2. Faktor genetik, yaitu segala sesuatu dibawa pada setiap individu sejak lahir dan terdapat pula keturunan/warisan dari orang tua.
3. Faktor lingkungan yang memiliki peranan yang begitu mempengaruhi terhadap kedisplinan setiap orang. Sifat kedisiplinan setiap orang selain dapat dipengaruhi dari faktor genetik juga dapat dipengaruhi dari faktor lingkungan, karena jika lingkungan berkondisikan baik, maka pengaruh yang diambil seseorang tersebut juga baik dan sebaliknya, Apabila lingkungan kondisinya buruk maka buruk pula yang diperolehnya.

Daftar pustaka
Wandhie. 2016. Pengertian kedisiplinan. https://wandhie.wordpress.com/pengertian-kedisiplinan/
Dwinuryani. 2008. Aspek & macam-macam disiplin. (online). https://dwinuryani.wordpress.com/tag/macam-macam/
Riedwhan. Faktor-faktor disiplin. Diposting oleh Psikolog otodidak 2013.
http://ridwan.sempak.lol/kedisiplinan-dan-faktor-faktor-yang-memp.xhtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar