Selasa, 20 September 2016

Pentingnya Hidup Disiplin

PENTINGANYA HIDUP DISIPLIN


·         Pengertian Disiplin
Disiplin adalah sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain mempercayainya, karena modal utama dalam berwirausaha adalah memperoleh kepercayaan dari orang lain. Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Disiplin berasal dari bahasa Inggris yaitu “disciple” yang berarti pengikut atau murid. Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. Perkataan disiplin mempunyai arti latihan dan ketaatan kepada aturan. Dengan melaksanakan disiplin, berarti semua pihak dapat menjamin kelangsungan hidup dan kelancaran kegiatan belajar, bekerja, dan berusaha. Kemauan kerja keras yang kita peroleh dari disiplin, akan melahirkan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah walaupun dalam keadaan sulit.
·         Macam-Macam Disiplin
a. Disiplin Waktu Disiplin waktu menjadi sorotan yang utama bagi seorang guru maupun peserta didik. Waktu masuk sekolah biasanya menjadi parameter utama kedisiplinan guru maupun peserta didik. Kalau dia masuk sebelum bel berbunyi berarti orang tersebut disiplin. Kalau dia masuk pas bel berbunyi berarti orang tersebut dikatakan kurang disiplin, dan kalau dia masuk setelah bel berbunyi, maka orang tersebut tidak disiplin dan menyalahi aturan sekolah yang telah ditentukan. Karena itu jangan menyepelekan disiplin waktu.

b. Disiplin Menegakkan dan Mentaati Peraturan. 
Disiplin menegakkan dan mentaati aturan sangat berpengaruh terhadap kewibawaan, model pemberian sanksi diskriminatif harus ditinggalkan. Murid sekarang cerdas dan kritis, sehingga kalau diperlakukan semena-mena dan pilih kasih, mereka akan memakai cara mereka sendiri untuk menjatuhkan harga diri guru. Selain itu, pilih kasih dalam memberikan sanksi sangat dibenci oleh agama. Keadilan harus ditegakkan dalam keadaan apapun. 

c. Disiplin dalam Bersikap.
Disiplin dalam mengontrol perbuatan diri sendiri menjadi starting point untuk menata perilaku orang lain. Misalnya, disiplin untuk tidak marah, tergesa-gesa dan tidak gegabah dalam bertindak. Disiplin dalam sikap ini membutuhkan latihan dan perjuangan. Karena, setiap saat banyak hal yang menggoda kita untuk melanggarnya. Kalau kita disiplin memegang prinsip dan perilaku dalam kehidupan ini niscaya kesuksesan akan menghampiri kita.

d. Disiplin dalam Beribadah. 
Menjalankan ajaran agama menjadi parameter utama kehidupan ini. Pendidikan agama, pendidikan sekolah sebaikanya ditekankan pada pembiasaan beribadah kepada peserta didik, yaitu kebiasaan-kebiasaan untuk melaksanakan atau mengamalkan ajaran agama, misalnya dibiasakan shalat di masjid pada awal waktu, melaksanakan puasa, dan sebagainya. 
·         Manfaat Hidup Disiplin
a. Menumbuhkan percaya diri Sikap ini tumbuh berkembang pada saat anak diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang mampu ia kerjakan dengan sendiri.
b. Disiplin dapat Mengajarkan Kita Teratur Jika kamu sudah terbiasa disiplin akan hal-hal yang kecil, makan kamu mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktu dengan baik.
c. Disiplin akan Menumbuhkan Rasa Kepedulian Dengan disiplin kamu akan peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain. Disiplin juga akan membuat kamu memiliki intergritas, selain dapat memikul tangga jawab, kamu juga mampu memecahkan masalah dengan baik, cepat dan mudah.
d. Disiplin akan Menumbuhkan Ketenangan pada JiwaDengan disiplin kamu akan menumbuhkan ketenangan pada jiwa, menurut penelitian menunjukan bayi yang tenang/jarang menangis ternyata lebih mampu memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Di tahap selanjutnya bahkan ia bisa cepat berinteraksi dengan orang lain.
e. Disiplinakan Menumbuhkan kepekaan Kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini memudahkan dirinya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Jadinya, anak akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.
·         Akibat Tidak Disiplin
a. Merugikan diri sendiri
b. Tidak disukai banyak orang
c. Susah mendapat perkerjaan
d. Jauh dari kesuksesan
e. Hidup tidak teratur

·         Daftar Pustaka
Rahman, salsabila.pengertian disiplin,macam-macam disiplin dan manfaat disiplin”. 20 september 2016. https://www.academia.edu/8980066/Pengertian_Disiplin_macam_macam_disiplin_dan_manfaat_disiplin
Syahrul, muh. “Macam-Macam Disiplin Dalam Kehidupan Sehari-Hari”. 20 september 2016. http://www.wawasanpendidikan.com/2015/12/macam-macam-disiplin-dalam-kehidupan-sehari-hari.html
Nugraha, andi. “Manfaat Disiplin Dalam Diri”. 20 september 2016. http://gaulfresh.com/motivasi/manfaat-disiplin-dalam-diri

                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar