Selasa, 20 September 2016

Disiplin Diri



Oleh : Dhico Imtinan Setyowati

Disiplin diri adalah sikap  melatih diri untuk melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur secara terus-menerus  untuk meraih impian dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup.
Mendisiplinkan diri bagi orang yang tidak mengetahui cara-cara untuk bisa menjadi disiplin menganggap bahwa disiplin diri sulit untuk dikerjakan . Mereka bahkan sudah mencoba berusaha untuk melatih dirinya agar bisa tetap disiplin ,namun pada akhirnya selalu gagal Oleh karena itu , perlu adanya solusi-solusi tertentu untuk bisa terus- menerus  berdisiplin demi meraih impian dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup.
  1. Kalahkan diri sendiri 
          Cobalah keluar dari zona nyaman, karena zona nyaman yang kita miliki belum tentu berdampak baik bagi kita. Contohnya seperti malas, biasakan untuk menyelesaikan sesuatu secara cepat sehingga disiplin akan tumbuh dalam diri.
  2. Komitmen
          Kita harus mempunyai komitmen dalam segala hal kehidupan ini. Begitu juga dengan disiplin, sebuah komitmen akan membakar semangat yang menggebu-gebu untuk melakukan disiplin tanpa ada rasa ragu sekali pun. Sehingga disiplin yang sudah kita bentuk tidak goyah ataupun lepas begitu saja jikalau ada masalah besar yang menghampiri.

  3. Fokuskan fikiran pada tujuan akhir yang ingin dicapai.
    Anggaplah segala sesuatu sebagai suatu kewajiban yang harus dilakukan, untuk kebahagiaan kita. Pepatah mengatakan “ kita akan lebih mudah menerapkan disiplin diri jika kita mencintai apa yang kita kerjakan ”.

  4. Tidak menganggap remeh segala sesuatu
    Jadikan diri kita untuk tidak menganggap remeh segala sesuatu. Anggap bahwa segala sesuatu  itu adalah penting. Semakin penting sesuatu, maka sikap disiplin akan muncul dengan sendirinya.
     
  5. Berlatih
          Ada pepatah mengatakan "Bisa karena terbiasa". Tentunya ini menjadi singgungan, bahwa apa yang kita latih akan memberikan sesuatu kebiasaan dalam diri kita, sehingga kita menjadi terasa enak untuk menerapkan disiplin akibat keterlatihan yang sudah terbentuk dengan sendirinya. Teruslah berlatih, hilangkan rasa malas yang akan menjadi penghambat menerapkan sikap disiplin untuk diri sendiri.

    MANFAAT DISIPLIN DIRI
1.    Menumbuhkan kepedulian.
Seseorang  jadi peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain.Disiplin membuat pribadi memiliki integritas, selain dapat memikul tanggung jawab, mampu memecahkan masalah dengan baik ,cepat dan mudah.
2.    Mengajarkan keteraturan.
Seseorang jadi mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktunya dengan baik
3.    Menumbuhkan percaya diri.
Sikap ini tumbuh berkembang pada saat diri diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang mampu ia kerjakan dengan sendiri.
4.    Menumbuhkan kemandirian.
Dengan kemandirian seseorang dapat diandalkan untuk bisa memenuhi kebutuhan sendiri. Seseorang juga dapat mengeksplorasi lingkungan dengan baik.Disiplin merupakan bimbingan yang tepat pada anak untuk sanggup menentukan pilihan yang bijak.
5.    Menumbuhkan keakraban.
Seseorang menjadi cepat akrab dan ramah terhadap orang lain karena kemampuannya beradaptasi lebih terasah.
6.    Menumbuhkan kepatuhan.
Hasilnya seseorang akan menuruti aturan yang telah ditetapkan  atas kemauan sendiri.


Daftar Pustaka

Fikri. (2013). Arti, Manfaat dan Contoh Perilaku Disiplin Diri. http://blogfikriuu.blogspot.co.id/2013/09/artimanfaatdan-contoh-prilaku-disiplin.html
Hariyanto. ( 2010 ). Menumbuhkan Sikap Disiplin Diri. http://belajarpsikologi.com/menumbuhkan-sikap-disiplin-diri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar