Minggu, 18 September 2016

Disiplin Ialah Kunci Kesuksesan


Pengertian Disiplin

Disiplin berasal dari bahasa Inggris yaitu “disciple” yang berarti pengikut atau murid. Perkataan disiplin mempunyai arti latihan dan ketaatan kepada aturan. merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. Disiplin adalah sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain mempercayainya.
Disiplin juga merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai nilai kepatuhan, ketaatan, ketentraman, kesetiaan, ketertiban dan keteraturan. Disiplin itu termasuk kedalam dasar perilaku seseorang yang sangat berpengaruh besar terhadap segala hal, baik urusan pribadi maupun kepentingan bersama dan untuk memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi dalam mengerjakan apapun.

Macam-Macam Disiplin

a. Disiplin dalam Menggunakan Waktu
Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik

b. Disiplin dalam Beribadah
Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peratuaran yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan, Allah SWT senantiasa menganjurkan manusia untuk Disiplin, sebagai contoh firman Allah SWT.

c. Disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Kedisiplinan merupakan hal yang amat menentukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, sampai terjadi erosi disiplin maka pencapaian tujuan pendidikan akan terhambat, diantara faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah :
1) Faktor tuntutan materi lebih banyak sehingga bagaimana pun jalannya, banyak ditempuh untuk menutupi tuntutan hidup
2) Munculnya selera beberapa manusia yang ingin terlepas dari ikatan dan aturan serta ingin sebebas-bebasnya
3) Pola dan sistem pendidikan yang sering berubah
4) Motivasi belajar para peserta didik dan para pendidik menurun
5) Longgarnya peraturan yang ada

Pada dasarnya disiplin muncul dari kebiasaan hidup dan kehidupan belajar dan mengajar yang teratur serta mencintai dan menghargai pekerjaannya. Disiplin merupakan proses pendidikan dan pelatihan yang memadai, untuk itu guru memerlukan pemahaman tentang landasan Ilmu kependidikan akan keguruan sebab saat ini banyak terjadi erosi sopan santun dan erosi disiplin.

Disiplin juga terbagi menjadi:

a. Disiplin Diri Pribadi
Apabila dianalisi maka disiplin menganung beberapa unsur yaitu adanya sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan dan adanya proses sikap seseorang terhadap hal tersebut. Disiplin diri merupakan kunci bagi kedisiplinan pada lingkungan yang lebih luas lagi. Contoh disiplin diri pribadi yaitu tidak pernah meninggalkan Ibadan lepada Tuhan Yang Maha Kuasa

b. Disiplin Sosial
Pada hakekatnya disiplin sosial adalah Disiplin dari dalam kaitannya dengan masyarakat atau dalam hubunganya dengan. Contoh perilaku disiplin social melaksanakan siskaling kerja bakti. Senantiasa menjaga nama baik masyarakat dan sebagaiannya.

c. Disiplin Nasional

Berdasarkan hasil perumusan lembaga pertahanan nasional, yang diuraikan dalam disiplin nasional untuk mendukung pembangunan nasional. Disiplin nasional diartikan sebagai status mental bangsa yang tercemin dalam perbuatan berupa keputusan dan ketaatan. Baik secara sadar maupun melalui pembinaan terhadap norma-norma kehidupan yang berlaku.

Manfaat Disiplin

1.    Menumbuhkan Kepedulian
Anak jadi peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain. Disiplin membuat anak memiliki integritas selain dapat memikul tanggung jawab, mampu memecahkan masalah dengan baik, cepat dan mudah.
2.    Menumbuhkan Kepekaan
Tumbuh menjadi pribadi yang peka atau berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini memudahkan dirinya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. Jadinya, akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.
3.    Menumbuhkan Kepercayaan Diri
Sikap ini tumbuh berkembang pada saat anak diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang mampu ia kerjakan sendiri.
4.    Menumbuhkan Kemandirian
Dengan kemandirian anak dapat diandalkan untuk bisa memenuhi kebutuhan sendiri. Anak juga dapat mengeksplorasi lingkungan dengan baik. Disiplin merupakan bimbingan yang tepat untuk sanggup menentukan pilihan yang bijak.
5.    Mengajarkan Keteraturan
Mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktu dengan baik.

Contoh Disiplin

·         Disiplin dalam rumah
1.    Membantu dalam pekerjaan rumah
2.    Belajar dan mengerjakan tugas
3.    Tidur dan bangun tepat waktu

·         Disiplin di jalan raya
1.    Menyebrang di tempat penyebrangan
2.    Tidak merobos lampu merah
3.    Berjalan disebelah kiri

·         Disiplin di lingkungan masyarakat
1.    Membuang sampah pada tempatnya
2.    Tidak menggangu orang lain
3.    Menjaga kebersihan lingkungan

Akibat tidak disiplin

1.    Kegiatan menjadi terhambat
2.    Hati menjadi gelisah karena hatinya tergesah gesah
3.    Prestasi belajar menurun
4.    Setiap tugas tidak selesai tepat waktu

akibat dari sikap tidak disiplin dapat berpengaruh terhadap rasa percaya diri yang menjadi rendah dan sulit untuk merubah diri. Membentuk rasa disiplin dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti bangun lebih pagi dan membuat jadwal apa saja yang akan dilakukan dalam satu hari. Membiasakan diri agar disiplin dapat membuat diri kita lebih positif dalam melakukan kegiatan sehari-hari.


Daftar Pusaka :
Anonim. 2013. Pengertian Disiplin. Temukanpengertian.com. http://www.temukanpengertian.com/2013/09/pengertian-disiplin.html (diakses 18 september 2016)
Rahma, Salsabila. 2016. Manfaat Disiplin. http://www.academia.edu/8980066/Pengertian_Disiplin_macam_macam_disiplin_dan_manfaat_disiplin (diakses 18 september 2016)

Handi, Suhani. 2012. Akibat Tidak Disiplin. Kompasiana.com. http://www.kompasiana.com/suhanihandi/akibat-tidak-disiplin_551ae0caa33311ec21b65a8b (diakses 18 september 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar