Rabu, 28 September 2016

Tanggung Jawab Terhadap Bangsa dan Negara


Sikap tanggung jawab merupakan salah satu hal yang menentukan atau menjadikan seseorang dalam meraih kesuksesan. Tidak ada seorangpun yang mencapai kesuksesan tanpa bisa bertanggung jawab terhadap apa yang ia lakukan.
Sebenarnya,tanggung jawab itu apa sih? Banyak sekali para ahli mengemukakan apa definisi dari tanggung jawab. Salah satunya adalah menurut Sugeng Istanto, tanggung jawab berarti kewajiban untuk memberikan jawaban, merupakan perhitungan sebab semua hal yang telah terjadi dan kewajibannya untuk memberikan dan melakukan pemulihan atas semua kerugian yang mungkin timbul.

Dalam sebuah negara. Segala aktivitas kita terkait dengan aturan hukum-hukum yang berlaku sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa segala sesuatu yang kita lakukan didalam sebuah negara tidak boleh menyimpang dari aturan yang ada.
Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara memiliki dua teori. Yaitu, teori risiko ( risk theory) dan teori kesalahan (fault theory). Teori risiko ialah bahwa suatu negara mutlak bertanggung jawab atas setiap kegiatan yang menimbulkan akibat yang sangat membahayakan walaupun kegiatan itu sendiri adalah kegiatan yang sah menurut hukum. Sedangkan teori kesalahan yaitu bahwa tanggung jawab negara atas perbuatannya baru dikatakanm ada jika dapat dibuktikan adanya unsur kesalahan pada perbuatan itu

Namun terkadang, kita sebagai warga negara seringkali berpikir bahwa bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara harus ikut terjun dalam dunia peperangan padahal hal ini tidak perlu dilakukan karena banyak sekali hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk bertanggung jawab terhadap negara . Contohnya ialah dalah hal pembayaran pajak, kita sebagai orang yang telah berpenghasilan wajib membayar pajak,baik itu pajak penghasilan, pajak bangunan, pajak kendaraan, dan lainnya. Kemudian, untuk seorang siswa maupun mahasiswa kita dapat berperilaku tanggung jawab terhadap bangsa dan negara dimulai dari melakukan kebiasaan-kebiasaan jujur dari hal sekecil apapun agar kelak ketika kita masuk kedalam dunia kerja kita terbiasa jujur dan tidak melakukan korupsi. Selain itu, kita sebagai pelajar yang mempunyai rasa tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, tidak boleh melakukan diskriminatif terhadap teman kita atau dilingkungan kita baik dari segi agama, suku, dan ras.

Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara ini sangat lah banyak manfaat. Diantaranya,dimanapun kita berada kita akan selalu dihargai dan disegani oleh banyak orang, kita juga  akan dipercayai oleh banyak orang, dan sebagai orang yang penuh rasa tanggung jawab kita akan selalu berhati-hati dalam bertindak dan mengambil sebuah keputusan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar