Rabu, 14 September 2016

Sikap dan Sifat Jujur

Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu degan sesungguhnya  dan apa adanya, tidak di kurangi ataupun ditambahi.
Sikap dan sifat jujur harus dimiliki setiap manusia, karena sikap dan sifat jujur ini merupakan cermin dari akhlak seseorang. Jujur merupakan hal yang sangat mudah kita katakan jika kita memiliki iman dan ketakwaan kpd Allah dan terbiasa berkata jujur , akan tetapi jujur akan sulit di katakan seseorang yang terbiasa berbohong.
Jujur sangat bermanfaat , manfaat jujur yaitu :
§  Jujur di cintai Allah swt
Jujur adalah perintah Allah. Orang yang melakukan kejujuran berarti menjalankan perintah Allah, dan Allah sangat menyukai hamba-hamba-Nya yang taat, dan Allah membenci hamba-Nya yang ingkar.
§  Jujur disenangi orang
Jujur sangat disenangi orang karena semua orang tidak suka pada orang yang pembohong jadi sudah jelas jika seseorg berkata jujur apa adanya pasti banyak di senangi orang.
§  Jujur akan dipercaya
Sudah jelas jujur akan di percaya orang karena mengatakan hal yang sebenarnya tanpa di kurangi atau di tambah kebenarannyaa.


Contoh kejujuran dalam kehidupan sehari-hari :
§  Menyimpan rahasia oranglain
Tak jarang teman atau sahabat yang merasa dekat dengan kita dan tak segan untuk bercerita tentang rahasianya, nah dalam hal ini kira harus jujur dalam menyimpan rahasia tmn atau sahabat kita sehingga mereka percaya terhadap kita.
§  Tidak menyontek ketika mendapat tugas pelajaran di sekolah .
Mencontoh atau mencontek ketika mendapat tugas pelajaran di sekolah adalah perbuatan yang tidak dibenarkan, karena tugas tersebut adalah tugas individu yang tidak boleh oranglain contoh atau contek.
§  Melaksanakan tugas dengan baik dan benar
Orang jujur ketika mendapatkan tugas selalu siap dan akan dikerjakannya secara maksimal, tetapi sebaliknya pada orang yang suka berbohong mereka terlihat tidak siap dengan tugas yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar