Rabu, 28 September 2016

Tanggung Jawab Seorang Pemimpin

  TANGGUNG JAWAB SEORANG PEMIMPIN
Menjadi pemimpin yang  bertanggung jawab tidaklah mudah , karena itu adalah suatu tugas yang memiliki resiko tinggi. Tetapi , itu adalah kewajiban yang harus di miliki dan dilakukan oleh seorang pemimpin yang bertanggung jawab.

·         PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau  perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai wujudan kesadaran akan kewajibannya. Manusia pada hakikatnya adalah makhluk yang bertang­gung jawab.Disebut demikian karena manusia, selain merupa­kan makhluk individual dan makhluk sosial, juga merupakan makhluk Tuhan. Manusia memiliki tuntutan yang besar untuk bertanggung jawab mengingat ia mementaskan sejumlah peranan dalam konteks sosial, individual ataupun teologis.

·         PENGERTIAN PEMIMPIN
Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama (Panji Anogara, Page 23).

·         CARA PENERAPAN :
1.      Lebih  mementingkan kepentingan umum atau organisasi yang dipimpin .
2.      Menjadi pemimpin yang berjiwa (merangkul) seluruh anggotanya .
3.      Berani mengahadapi segala permasalahan yang ada dan dapat menyelesaikannya.
4.      Tidak keras kepala.
5.      Memiliki sifat terbuka/menerima saran-saran yang di berikan anggotanya.

·         MANFAAT MENJADI SEORANG PEMIMPIN YANG BERTANGGUNG JAWAB
1.      Di senangi para anggotanya.
2.      Di segani para anggotanya.
3.      Lebih dikenal banyak orang.
4.      Hati lebih tenang karena merasa kewajiban sudah dilaksanakan.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar