Rabu, 07 September 2016

Coba Kenali Diri Anda Sendiri


Mengenal diri sendiri, mungkin kata-kata ini sudah tidak asing lagi di telinga kita entah didapatkan dari majalah, acara TV, ataupun siaran radio.
Tapi apakah kalian tahu bahwasannya dengan mengenal diri sendiri dapat mempermudah kita untuk meraih kesuksesan? Lalu apa ada hubungannya antara mengenal diri dengan kesuksesan?
Tentu saja ada bahkan sangat erat. Contohnya saat kita mengenal diri kita sendiri kita dapat mengetahui kelebihan yang dapat kita terus kembangkan atau saat kita mengenal diri kita sendiri kita juga dapat mengetahui kekurangan kita yang dapat kita terus perbaiki. Dua hal tadi hanya segelintir manfaat dari mengenal diri sendiri dan yang pasti masih banyak manfaat yang lainnya seperti:

a)       Mengetahui potensi-potensi diri kita dan mengoptimalkannya untuk kesuksesan anda dalam karir dan kehidupan

b)      Menyadarkan diri sendiri bahwa anda masih memiliki banyak kekurangan sehingga terus berpikir ulang untuk menyombongkan diri dan merendahkan orang lain.

c)       Dapat menempatkan diri dalam menjalin hubungan dengan orang lain sehingga dapat mempermudah dalam mencari teman atau relasi.

d)      Mengenal diri sendiri dapat membantu anda untuk berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi.

e)      Mengenal diri sendiri dapat membantu anda menerima dengan ikhlas segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri, sekaligus menerima dan bertoleransi terhadap kelebihan dan kelemahan orang lain, dll

Dengan banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengenal diri sendiri kita juga harus tahu bagaimana cara mengenal diri sendiri. Ada banyak cara mengenali diri sendiri dan tidak bisa kita bahas semuanya satu per satu, tetapi saya akan membahas cara mengenali diri sendiri seperti yang saya gunakan yaitu :

1.       Melalui tes minat bakat
*saya dan mungkin anda pasti pernah melakukan tes minat bakat entah dari sekolah, tempat les, atau dari web. Dari tes ini kita dapat melihat beberapa hal seperti dimana letak kelebihan kita dll

2.       Melalui pengalaman sehari-hari
*mungkin kita lebih mengenal dengan nama introspeksi diri. Dengan mengintrospeksi diri kita dapat mengetahui apa saja yang menurut kita salah dan dapat memperbaikinya.

3.       Bertanya pada orang tua
*menurut saya orang tua adalah orang yang paling mengetahui siapa kita seperti apa kita bagaimana kita. Seperti yang saya lakukan, saya bertanya kepada mama bagaimana pandangan beliau mengenai kekurangan yang harus saya perbaiki dan hasilnya adalah saya dapat mengetahui kekurangan saya yaitu egois yang terlalu tinggi, pengendalian emosi yang buruk, dan kurang mandiri. Dengan ini saya dapat memperbaiki diri saya agar lebih baik lagi dan meminimalisir kesalahan yang saya perbuat akibat kekurangan saya yang tidak bisa saya kendalikan.

Dengan demikian saat kita mengenal diri kita sendiri InsyaAllah jalan kesuksesan akan terbuka lebih lebar lagi, namun tetap harus di ikuti dengan doa dan kerja keras.





DAFTAR PUSTAKA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar