Selasa, 06 September 2016

Saya dan Potensi yang Dimiliki


APA ITU DIRI SENDIRI?
Mengenal diri sendiri merupakan sebuah hal yang sederhana namun dapat membantu untuk melakukan perubahan diri.
Kenyataannya tidak mudah untuk mengenal diri sendiri, mengenal siapa diri kita sebenarnya. Kebanyakan diantara kita mengabaikan hakikat diri yang sebenarnya. Maka, adalah sesuatu yang sangat penting untuk memahami atau mengerti diri sendiri sebelum kita menentukan langkah kita dalam menjalani hidup.

PENTING KAH MENGENAL DIRI SENDIRI?
Memahami diri sendiri sangat penting untuk pengembangan diri kita. Seseorang akan menjadi dewasa dan matang ketika ia telah menemukan jati dirinya. Saat kita sudah memahami diri, kita akan tahu apa yang harus kita perbuat, apa yang akan kita peroleh, dan apa akibatnya jika kita tidak melakukan hal itu. Mengerti dan memahami diri sendiri akan membuat kita lebih bersyukur. Kita akan menyadari bahwa diri kita itu adalah sesuatu yang penting. Diciptakan dengan segala kerumitan didalamnya yang sangat teratur dan presisi. Segala proses yang terjadi didalam diri kita sangat kompleks namun tetap teratur. Jika kita menyadari hal ini, tentu kita tidak akan menyia-nyiakan diri sendiri. Dengan mengerti diri sendiri, lebih bersyukur, tentu kita akan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita. Apalagi setelah kita memahami tujuan penciptaan kita sebenarnya, semua yang ada disekitar kita mendadak akan menjadi indah dan membahagiakan

BAGAIMANAKAH MENGENAL DIRI SENDIRI?
Untuk mengetauhi diri kita sendiri dibutuhkan kemauan dan keterbukaan pada diri sendiri untuk mengetahui bagaimana sifat diri sendiri. Sebelum mengetahuinya, diperlukan keyakinan dari dalam individu, untuk apa tujuan kita mengenal diri sendiri dan kelebihan yang akan kita dapatkan setelah mengenal diri sendiri.
Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengetahui diri sendiri adalah dengan mencari tau bagaimana sifat dan kondisi kita, tentunya diikuti dengan keterbukaan terhadap diri sendiri. Untuk mengetahui diri sendiri dapat dilakukan berbagai cara, misalnya dengan mengetahui kelebihan dengan kekurangan diri kita.

DIMANA KITA BISA MENEMUKAN  JATI DIRI?
Jati diri selalu di identikkan dengan bakat, potensi dan  keunikan yang ada dalam diri kita. Tidak ada yang salah dalam opini tersebut, karena opini tersebut   berguna untuk mengetahui potensi kerja kita di mata masyarakat. Pengenalan diri kita kepada masyarakat. Karena notabene manusia diciptakan dengan keunikan, bakat dan potensi masing-masing. Ini adalah cara untuk mengenal potensi diri kita :
1. Kenali Diri Sendiri
Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat Anda bahagia, apa yang Anda inginkan dalam hidup ini, apa kelebihana dan kekuatan anda, dan apa saja kelemahan anda. Kemudian jawablah pertanyaan tersebut secara jujur dan objektif. Mintalah  bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda.
2. Tentukan Tujuan Hidup
Tentukan tujuan hidup anda baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya sesuai dengan kemampuan dan kompetensi Anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh saja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.
3. Kenali Motivasi Hidup
Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi hidup Anda, apa yang bisa melecut semangat Anda untuk menghasilkan karya terbaik dan sebagainya. Sehingga anda memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik.
4. Hilangkan Negative Thinking
Enyahkan pikiran-pikiran negatif yang bsa menghambat langkah anda mencapai tujuan. Setiap kali anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah anda, mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika anda telah menemukan jalan yang mantap.
5. Jangan mengadili diri sendiri
Jika terjadi sesuatu yang tidak diingankan dalam mencapai tujuan anda, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju.

TUJUAN MENGENAL DIRI SENDIRI
Tujuan dari mengenal diri sendiri adalah untuk memaksimalkan potensi diri yang kita miliki, sehingga tidak ada lagi waktu atau kesempatan yang sia-sia. Jika kita sudah mengenal diri sendiri, maka akan sangat banyak keuntungan yang akan didapatkan bagi diri sendiri. Diantaranya adalah, dapat melakukan segala sesuatu dengan bahagia karena sudah sesuai dengan apa yang disukai dan diinginkan, kehidupan menjadi lebih terarah karena sudah tau apa inti dari sifat serta keinginan diri sendiri, segala sesuatu yang kita lakukan akan menjadi lebih efektif dan efisien karena sudah memahami passion diri kita, dan masih banyak sekali keuntungan lainnya.
Hanya Allah yang tahu siapa kita, untuk apa kita ada, dan mau kemana kita. Karena Allah yang menciptakan kita. Dan kita sering tak sadar dalam mencari konsep jati diri sesungguhnya sebagai manusia, selain hanya mengejar kesuksesan di dunia ini. Mari kita mulai mengenal jati diri yang sesungguhnya.

DAFTAR PUSTAKA :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar