Selasa, 06 September 2016

Kenali, Amati dan Renungi

Mengenal diri
           Mengenal diri? Ya, mengenal diri harus dipahami sejak sekarang dari segi fisik, kebiasaan, bakat, kekuatan maupun kelemahan.
Pada kenyatannya tidak semua orang mudah untuk mengenal diri sendiri, mereka tidak mengenal penuh siapa dirinya apalagi mengetahui untuk apa kita hidup. Sebenarnya, satu - satunya cara untuk mengenal diri sendiri secara pasti adalah dengan mengetahui sang pencipta kita.
                Dalam mengenal diri maka kita harus mengetahui berbagai sisi dari kehidupan kita sendiri dan mengamatinya, jawablah pertanyaan ini lalu renungkan :

1.       Apakah kita jujur pada diri sendiri?
Jujur pada diri sendiri adalah menerima diri kita apa adanya, memang sulit untuk menerima diri kita apa adanya. Seringkali kita harus terlihat seperti orang lain agar membuat orang lain bahagia, sehingga orang lain tidak mengetahui sifat diri kita sebenarnya bila kita tidak jujur pada diri sendiri.

2.       Maukah berdamai dengan masa lalu?
Masa lalu adalah pelajaran yang paling berharga, di dalam masa lalu terdapat kisah bahagia dan kisah sedih, tentunya semua akan teringkat kisah yang bahagia dalam hidupnya, lalu bagaimana dengan kisah sedih yang dialami? Kisah sedih yang dialami sering membuat traumatik sehingga kita menjadi takut dalam menghadapinya dan banyak orang yang membenci masa lalu yang menyakitkan, mereka tidak bisa berdamai dengan masa lalu sehingga dalam bermimpi untuk masa depan akan selalu terbayang kisah sedih dimasa lalu dan itu akan menghambat kesuksesannya dimasa depan, karena adanya masa lalu maka ada hari ini dan hari esok, mulailah terima masa lalumu sepahit apapun dengan lapang dada dan bijaksana.

3.       Maukah kita hidup disiplin?
Disiplin adalah hal utama yang harus dimiliki setiap orang, bisa dibayangkan apabila kita tidak bisa disiplin maka hidup pun akan tak beraturan dan sesuka kita. Disiplin adalah perbuatan yang menaati tata tertib berarti dilatih untuk melakukan segala sesuatu dengan teratur agar mencapai tujuan. Cara untuk hidup disiplin adalah kalahkan diri sendiri dari rasa malas, lakukan kegiatan secara rutinitas dan fokuskan pada tujuan akhir yang dicapai.

4.       Apa tujuan kita hidup?
Semua orang pasti memiliki tujuan hidup, contohnya kita pergi ke sekolah karena tujuan kita adalah ingin menjadi cerdas lalu bekerja ditempat terbaik dan memiliki segalanya. Lalu apakah tujuan kita hidup? Seorang yang lahir didunia mempunyai tujuan untuk tumbuh berkembang, dewasa, menikah, mempunya anak, kematian. Secara duniawi banyak orang yang tujuan hidupnya menjadi orang sukses, banyak uang, keliling dunia, dan lain – lain karena tujuan hidup seseorang berbeda beda.



SUMBER







Tidak ada komentar:

Posting Komentar