Senin, 27 November 2017

SEMANGAT MESKIPUN MALAS

PRIORITASKAN SEMANGATMU!
@D04-Rizky
Oleh : Rizky Aditya Pradana


Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Bersemangat adalah ada semangatnya; mengandung semangat; berjiwa; bernafsu (berkemauan). Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.

Semangat juga bersifat angin-anginan, dia terkadang ada dan tidak ada. semangat tidak hanya datang satu kali, bisa puluhan kali atau ratusan kali bahkan lebih. Semangat bisa datang dan pergi berulang kali tanpa bisa dihitung (Ruslani, 2015). Wajar bagi kita seorang manusia normal mengalami naik turunnya semangat dalam menjalani hidup. Hal tersebut memang lumrah terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Karena terkadang hidup begitu mudah dijalani dan terasa begitu menyenangkan. Akan tetapi terkadang pula justru hidup begitu sulit dan sangat menyedihkan. Namun ada sebagian orang yang justru bisa membuat hidupnya selalu stabil dalam hal semangat. Bukan karena hidupnya selalu mudah dan tak ada masalah. Akan tetapi itu dikarenakan dia menjadikan hidupnya bukan suatu masalah dan ia tidak menjadikan hidupnya sebagai suatu kesulitan. Lalu bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Kuncinya ada di dalam diri kita sendiri (Zulfikar, 2012).

Cara membuat hidup selalu bersemangat (Zulfikar, 2012)
1.       Ketahui apa yang benar-benar kita senangi
Melakukan sesuatu yang tidak kita senangi membuat kita malas dalam bekerja. Sebaliknya, melakukan hal kesenangan membuat kita bahkan lupa waktu, saking bersemangatnya. Kuncinya adalah lakukan apa yang kita senangi atau senangi apa yang kita lakukan.
2.       Buat Visi dan Target Yang Jelas
Target, visi, goals, impian atau apapun istilahnya adalah alat yang tepat untuk membakar semangat kita. Setiap kali kita kehilangan semangat, ingat impian kita.
3.       Berkumpul dengan orang-orang yang dapat memotivasi kita
Seperti halnya dengan handphone, kita juga perlu untuk di cas. Hal ini sangat penting. Karena kita tidak bisa hanya mengkitalkan semangat sendiri. Kita perlu mendapat semangat tambahan dari orang – orang di sekeliling kita.
4.       Kenali diri kita!
Kita harus bisa mengenali diri kita sendiri, dan kita perlu tau hal – hal apa yang ada pada diri kita. Apa potensi diri kita, sisi positif dan negatif apa yang ada pada diri kita. Sebab jika kita tau sisi kurang dan lebih yang ada pada diri kita, kita bisa tahu apa yang perlu kita butuhkan dan apa yang perlu di perbaiki.
5.       Pelajari lebih banyak, pelajari lebih dalam
Mengapa kita tidak suka kepada sesuatu? Itu karena kita tidak tahu cukup banyak tentang sesuatu itu. Nah, jika kita ingin meningkatkan semangat hidup, pelajarilah lebih banyak hal-hal baru dan pelajari lebih dalam tentang sesuatu hal yang selama ini kurang menarik minat kita.
6.       Dapatkan kata positif dari orang lain
Satu komentar positif dari orang lain akan sangat berharga untuk mengubah pikiran kita terhadap diri sendiri. Menurut riset, rata-rata seseorang mendapat kementar negatif 600% lebih banyak dari pada komentar positif. Kumpulkanlah sebanyak mungkin komentar positif untuk meningkatkan semangat hidup kita.
7.       Tulislah kata–kata motivasi
Menuliskan kata–kata motivasi di tempat–tempat yang sering kita lihat seperti kamar dan buku catatan kita. Hal ini penting, karena bisa menambah motivasi dan semangat kita.
8.       Publikasikan
Sekali orang lain tahu bahwa kita adalah orang yang penuh semangat, itu akan semakin memperkuat positioning diri kita sebagai orang yang penuh semangat. Dan kita benar-benar mendapatkan pengaruh besar. Atau dengan memotivasi dan memberi semangat ke orang lain. Karena seperti ilmu, semangat juga jika di bagikan ke orang lain akan membuat orang yang memberi semangat akan bertambah semangat pula. Apalagi jika orang yang kita semangati itu jadi tambah semangat, maka kita pun akan semakin semangat.
9.       Berfikirlah bahwa kita bisa
Kekuatan pikiran itu sangatlah besar pengaruhnya pada diri seseorang. Ketika ia berfikir bahwa ia bisa maka kekuatan dorongan untuk bisa pun semakin besar. Karena apa yang akan terjadi pada diri kita bergantung apa yang kita pikirkan. Jika kita berfikir sulit maka akan sulit. Namun jika kita berfikir mudah, maka akan mudah.

Menurut Tehrani (2014), malas dan tidak serius termasuk di antara faktor yang mencegah terjadinya perubahan dan perkembangan diri. Seorang pemuda harus selalu bersemangat, penuh tenaga, dana senantiasa beraktivitas. Sebalikny, kemalasan merupakan bagian dari ekor-ekor setan. Dengan kemalasan, manusia dapat terhenti dalam perjalanan untuk mendekatkan diri kepada Yang Mahabenar. Anak muda seharusnya memiliki semangat dan keseriusan, karena hal itu merupakan kelaziman dalam usianya.

Apabila kita selalu bisikkan kepada diri kita kata-kata yang berlawanan, misal “Aku tak mampu, tak bisa, tak mungkin, dan itu takkan pernah terjadi pada diriku”, maka hal itu akan menghilangkan potensi dan kemampuan diri kita. Sebaliknya, jika kita selalu menguatkan semangat dalam menghadapi berbagai kesulitan dan meningkatkan kemampuan dalam menanggung bebas persoalan serta selalu berusaha meraih kesempurnaan jasmani dan rohani, maka kita akan meraih keberhasilan, dan jalan keluar pun akan terbuka bagi kita.

Perlu di ingat bahwa gagal dan jatuh itu adalah hal yang biasa. Namun ketika kita jatuh dan gagal akan tetapi kita mau bangkit lagi, itulah hal yang luar biasa. Karena kesuksesan itu ialah tentang sebuah kesabaran dalam bertahan. Jangan pernah menyerah.

DAFTAR PUSTAKA
Tehrani, Mahdi Hadawi. 2014. Pemuda Dambaan Surga: Nasihat Bagi Generasi Muda. Jakarta: Penerbit Citra.

Ruslani. 2015. Pengertian Tentang Semangat. http://www.ruslani.com. Di akses pada tanggal 28 Nopember 2017.

Zulfikar, Wanadry. 2012. Cara Membuat Hidup Selalu Bersemangat. www.facebook.com. Di akses pada tanggal 28 Nopember 2017.

DAFTAR LINK

Referensi Gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar