Selasa, 28 November 2017

Manfaat Bersemangat Terhadap Aktivitas

Manfaat Bersemangat Terhadap Aktivitas
Oleh: Lucia Debby Gracella Sihombing
@E07-Lucia, @ProyekA11


           1.      Apa itu Bersemangat?

Bersemangat berasal dari kata dasar semangat sesuatu yang termasuk dalam komponen kehidupan manusia seperti perasaan hati, nafsu, keberanian. Semua ini berawal dari diri seseorang yang memiliki sikap. Sedangkan bersemangat artinya mempunyai semangat, mempunyai nafsu, keinginan, niat tinggi, dorongan semngat dalam diri atau jiwa dengan giat dan gembira.

           2.      Untuk Apa Bersemangat?

Seperti yang kita tahu bahwa semangat mendorong kita dalam melakukan sesuatu ataupun aktivitas kita dalam keadaan gembira semangat, girang ataupun senang. Semangat juga dapat memudahkan aktivitas berjalan dengan lancar dan mendorong kita dalam bersosialisasi dengan sesama disekitar kita.

3.      Mengapa Bersemangat Berpengaruh Terhadap Aktivitas?

Karena, semangat semacam pelumas jiwa dan raga kita yang mungkin secara tidak langsung relaksasi dengan suntuknya dunia luar, maka semangat lah yang akan membantu kita membangkitkan kembali semangat kita yang terpendam didalam jiwa dan raga agar kembali beraktivitas dengan lancar dan nyaman.

4.      Siapa Saja Yang Dapat Bersemangat ?

Tentunya orang yang ingin dirinya berubah atau tidak monoton, tidak ingin membosankan, kaku, karena orang dapat menimbulkan semangat jika seseorang dapat mengontrol diri mereka dalam melakukan suatu tindakan dengan penuh pertimbangan dan kesiapan mental.

5.      Bagaimana Membuat Diri Kita Agar Bersemangat?

Untuk membuat diri kita bersemngat atau lebih bersemangat  dapat dengan cara berikut ini: berolahragas dengan teratur, makan makanan yang bergizi, mendengar kan music inspirasi, energic, membaca buku yang bersifat membangun semangat, inpiratif ataupun meluangkan waktu untuk liburan agar melepas suntuk yang selama ini terlalu monoton kerja dalam rutinitas.

6.      Beberapa Kutipan Motivasi Yang Dapat Menjadi Modal Dalam Membangun  Semangat:
·         Cheng kai shek-Pemimpin nasionalis Tiongkok
“Kita hidup untuk saat ini, bermimpi untuk masa depan dan kita belajar untuk kebenaran abadi”
Di sini Cheng Kai Shek ingin mengajarkan hal seperti hidup Anda sangatlah panjang, Anda masih memiliki banyak tugas dan juga keinginan. Dimana Anda harus bisa bermimpi dan menggapai hal baik selama hidup Anda. Dengan begitu kehidupan Anda menjadi lebih berarti.
·         George Orwel-novelis Inggris
esensi menjadi manusia adalah ketika seseorang tidak mencari kesempurnaan”
Ketika Anda terpuruk akan hal yang selalu Anda buat gagal dan juga tidak pernah sempurna. Jangan menyerah, karena esensi atau sifat alami manusia memang jauh dari kesempurnaan. Sehingga jangan putus asa dan terus berusaha menggapai apa yang Anda targetkan.
·         Walt Disney – Animator
“ Aku tidak suka mengulang kesuksesan yang ada, aku lebih suka mencari yang lain”
Seperti kata Walt Disney, di mana Anda jangan pantang menyerah dan hanya bisa menjadi follower alias pengikut orang lain saja. Semua orang tentu tahu kisah Disney yang dianggap tidak bisa menggambar dan dipecat, namun ia tak pantang menyerah dan mencari kesuksesan dengan tidak terpaku dan bergantung pada orang lain.
7.      Daftar Pustaka

KBBI. Online. Kemdikbud (pusat bahasa). Dalam https://kbbi.web.id/semangat. Di perbarui 23 Januari 2016.
Pelawi, Boris. 2016. Tips Agar Anda Selalu Bersemangat. Dalam https://www.kompasiana.com/tokapelawi/tips-agar-anda-selalu-bersemangat_56fdef4fba93739c05b0434f. Diunduh 1 April 2016.
Nurdin, Hana. Manfaat Semangat dalam Kerja. Dalam http://hananurdin.blogspot.co.id/2015/03/manfaat-semangat-dalam-kerja.html. Diunduh 21 Maret 2015.
Kusuma, Wisnu. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja dengan Semangat Kerja. Dalam http://hananurdin.blogspot.co.id/2015/03/manfaat-semangat-dalam-kerja.html. Diunduh 2 Februari 2016.
Imaculada, Maria. 2015. Motivasi Semangat Kerja. E-Jurnal. Dalam http://download.portalgaruda.org/article.php?article=262195&val=2287&title=MOTIVASI,%20KOMUNIKASI%20DAN%20SEMANGAT%20KERJA%20PEGAWAI. Diunduh 5 maret 2015.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar