Selasa, 21 November 2017

SELF-CONTROL !!!



















@ProyekA10, @E14-Devi
Disusun oleh : Devi Yanti Naibaho

Dalam keadaan tertentu kita kadang sulit untuk mengendalikan diri sendiri di mana banyak hal yang sangat membuat kita ingin marah dan berontak terhadap sesuatu hal yang membuat kita ingin marah. Semua itu timbul karena emosi yaitu perasaan yang timbul dalam diri kita sendiri secara alami itu bisa berupa amarah, sedih, senang, benci, cinta, bosan, dan sebagainya yang merupakan efek atau respon yang terjadi dari sesuatu yang kita alami.Berbicara soal emosi maka kita harus tahu kecerdasan emosi itu sendiri dimana merupakan kemampuan manusia untuk memotivasi diri sendiri, bertahan menghadap frustasi, mengendalikan dorongan hati (kegembiraan, kesedihan, kemarahan, dan lain-lain), mengatur suasana hati dan mampu mengendalikan stres dan keadaan yang melanda kita.
Kecerdasan emosional juga mencakup kesadaran diri sendiri dan mengendalikan dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan kecakapan sosial. Ketrampilan yang berkaitan dengan kecerdasan emosi antara lain misalnya kemampuan untuk memahami orang lain, kepemimpinan, kemampuan membina hubungan dengan orang lain, kemampuan berkomunikasi, kerjasama tim, membentuk citra diri positif, memotivasi dan memberi inspirasi dan sebagainya.

Pada pembahasan kali ini ada beberapa point – point utama yang dapat kita perhatikan agar kita dapat mengendalikan diri , silahkan simak hal – hal berikut ini :

  1. [ Balance ]
Stabil dan Seimbang bukan hal yang mudah untuk diterapkan dalam mengendalikan diri , beberapa orang dapat mengendalikan dirinya  karena mereka mampu menjaga keseimbangan pikiran dan keinginan mereka dalam porsi yang tepat. Untuk dapat mejaga keseimbangan ini anda perlu memiliki komitmen yang kuat disertai dengan konsistensi yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

2.       [ Calmness ]

Dalam dunia ini memiliki ketenangan adalah hal yang sangat wajib. Hal ini, supaya kita dapat menentukan posisi dengan tidak tergesah – gesah. Sebab Penentuan Posisi itu yang kedepannya akan menentukan apakah kita dapat tenang dalam mengendalikan diri atau malah sebaliknya yang dapat mengacaukan konsentrasi kita. Untuk dapat Memiliki Ketenangan dalam diri , anda dapat menggunakan Music sebagai salah satu media untuk tetap tenang alias Stay Cool Walaupun kondisi sedang tidak nyaman.

3.       [ Determination ]

Apapun keputusan yang hendak anda ambil dalam emosi hendaknya tanpa di ikuti rasa marah, ke ragu-raguan / gelisah tak menentu arah. Pastikan segala posisi yang anda pilih , anda memilihnya dengan tekad yang bulat dan matang . Supaya ke depannya anda tidak menyesal , jika ternyata analisa dan prediksi anda ternyata mendatangkan keuntungan bagi anda. Tekad yang bulat akan membantu anda dalam melangkah, anda akan jadi lebih berani dalam melangkah untuk mengendalikan diri baik itu dalam emosi. Sering kali dalam proses menuju kebulatan tekad akan muncul intimidasi dan intervensi dari Lingkungan sekitar anda.

4.       [confidence ]

Ini adalah hal yang paling mendasar dalam setiap kegiatan di seluruh aspek kehidupan manusia apalagi dalam mengendalikan emosi kita. Jika anda saya tidak percaya pada diri anda sendiri , bagaimana orang lain dapat percaya kepada anda ? Begitulah kira – kira perkataan yang sering kita temui di kehidupan kita sehari – hari dalam bermasyarakat. Yah , kata – kata tersebut benar . . Anda harus memiliki kepercayaan diri dalam hidup. Jika kita percaya dapat mengendalikan emosi kita dalam bergaul maka orang-orang disekitar kita akan merasa nyaman berada disekitar kita.

5.       [ Will Power ]

Milikilah tekad yang kuat dan teguh serta tak tergoyahkan . Ini adalah ujung tombak anda dalam perperangan di dunia ini . Sekalipun seolah – olah seluruh dunia sedang tidak berpihak kepada anda , anda harus tetap melangkah di dalam tekad anda . Terkadang sering kali apa yang terlihat itu semuanya semu dan tidak nyata. Dalam hal ini tekad kita dalam mengendalikan diri dalam emosi di uji sebesar apa tingkat ke matangannya dalam mengendalikannya. . Jadilah seorang yang memiliki tekad sekuat dan setebal Titanium ! !


Referensi Gambar
https://segiempat.com/tips-dan-cara/umum/pengembangan-diri/mengendalikan-diri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar