Rabu, 06 November 2019

Kepribadian Menarik

Oleh: @P17-Gimawati


PENGERTIAN KEPRIBADIAN
            Kepribadian adalah seperangkat karakteristik psikologis yang menentukan pola berpikir, merasakan dan bertindak, yaitu individualitas pribadi dan sosial dari seseorang. Pembentukan kepribadian adalaha proses bertahap, kompleks dan unik untuk setiap individu. Istilah ini digunakan dalam bahasa sehari-hari berarti “semua keunggulan dari seseorang”. Sehingga kita dapat mengatakan bahwa seseorang memiliki kepribadian. “kepribadian dapat didefinisikan sebagai satu set dinamis dan teroganisir dari karakteristik yang dimiliki oleh setiap orang yang secara unik mempengaruhi kognisinya, emosi , dan motivasi. Nah, pasti setiap orang ingin memiliki kepribadian menarik bukan. Berikut kiat – kiat yang dapat dilakukan untuk memiliki kepribadian menarik.
KIAT-KIAT MEMILIKI KEPRIBADIAN MENARIK
1.    SOPAN SANTUN
Selalu sopan dan baik terhadap orang lain menyebabkan kita menjadi menarik dan menyenangkan bagi orang lain tersebut. Bila bertemu dengan siapapun kita hendaknya hangat kepadanya. Orang – orang yang ingin tampil menarik, menyenangkan dan diperhatikan orang adalah orang-orang tidak akan pernah menyakitikan dan melukai hati dan perasaan orang lain.

2.    KERAMAH –TAMAHAN
Prinsip” Sentuhlah hatinya”, haruslah dipegang dan difahami betul guna menimbulkan kesan menarik dan menyenangkan pada diri kita. Beberapa hal yang perlu dipraktekan sehubungan dengan sopan santun dan keramah tamahan : Sambutlah tegur sapa orang –orang tiada hal yang senyaman kata – kata sambutan yang diberikan oleh orang lain dengan nada yang tulus dan riang dan panggilah orang dengan menyebut namanya karena musik yang paling merdu dan syahdu di telinga siapapun adalah bunyi namanya sendiri.

3.    RASA HORMAT
Kalau kita memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan mungkin akan menimbulkan ketegangan, sebab orang lain mungkin tidak menyukai cara-cara kita tersebut. Sebaliknya kalau kita memperlakukan orang lain dengan cara sebagaimana mereka ingin diperlakukan maka hakekatnya kita telah menangkap inti dari fleksibilitas diri kita yang sebenarnya.

4.    PENUH PERHATIAN
Sikap penuh perhatian berarti menyadari apa saja yang sedang berlangsung di lingkungan kita. Sikap penuh perhatian berhubungan dengan membaca situasi yang
tersirat.
5.  ROYALAH DALAM MEMBERI PUJIAN
    Pujian itu seperti air segar yang bisa menawarkan rasa haus manusia akan penghargaan. Dan kalau Anda selalu siap membagikan air segar itu kepada orang lain, Anda berada pada posisi yang strategis untuk disukai oleh orang lain. Caranya? Bukalah mata lebar-lebar untuk selalu melihat sisi baik pada sikap dan perbuatan orang lain. Lalu pujilah dengan tulus.
6.  BUATLAH ORANG LAIN MERASA DIRINYA SEBAGAI ORANG PENTING
    Tunjukkanlah dengan sikap dan ucapan bahwa anda menganggap orang lain itu penting. Misalnya, jangan biarkan orang lain menunggu terlalu lama, katakanlah maaf bila salah, tepatilah janji, dsb.
7. JADILAH PENDENGAR YANG BAIK
    Kalau bicara itu perak dan diam itu emas, maka pendengar yang baik lebih mulia dari keduanya. Pendengar yang baik adalah pribadi yang dibutuhkan dan disukai oleh semua orang. Berilah kesempatan kepada orang lain untuk bicara, ajukan pertanyaan dan buat dia bergairah untuk terus bicara. Dengarkanlah dengan antusias, dan jangan menilai atau menasehatinya bila tidak diminta.

KESIMPULAN
Jadi, Untuk memiliki kepribadian menarik yang pertama adalah kita memahami diri kita dulu kemudian untuk memiliki kepribadian menarik kita harus dapat memahami kepribadian sesorang dan dapat menerapkan kiat kiat untuk memiliki kepribadian menarik.

DAFTAR PUSTAKA
Dudung.2009.pribadimenarik&menyenangkan dalam http://www.dudung.net/artikel-bebas/pribadi-menarik--menyenangkan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar