Sabtu, 30 November 2019

Semangat



I.                PENDAHULUAN
    Apa sih yang sebenarnya Anda cari dalam hidup ini ? Apakah Anda mencari kebahagiaan ? Atau mungkin Anda punya misi lain dalam menjalani kehidupan ? Sebenarnya tujuan hidup itu bukan menjadi masalah yang besar, asalkan tujuan Anda hidup adalah untuk kebaikan. Dengan begitu kehidupan Anda akan dipenuhi dengan hal-hal yang baik, yang positif.
    Untuk mencapai kehidupan yang baik, maka diperlukan semangat hidup yang tinggi untuk mencapai segala tujuan hidup dan merubah hidup menjadi lebih baik.
II.              PEMBAHASAN
II.1 Definisi Semangat
          Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), semangat adalah “Nafsu (kemauan, gairah) untuk bekerja, berjuang, dan sebagainya.”
           Dari kata tersebut bias kita tafsirkan semangat adalah suatu reaksi dimana tubuh kita menjadi bergairah untuk melakukan sesuatu. Berkat semangat kita akan lebih berusaha lebih untuk melakukan berbagai hal.
      II.2 Cara Meningkatkan Semangat Hidup
          Manusia memang makhluk yang lemah dan memiliki banyak kekurangan. Tak jarang pula manusia sering berhadapan dengan masalah yang membuat dia menyerah akan tujuan yang ingin dicapai. Berikut beberapa cara yang bisa meningkatkan semangat hidup ketika kita berada dalam masa sulit.
1.     Jika Anda memiliki masalah besar, bersabarlah. Sabar bukan berarti diam, melainkan juga terus berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selain sabar, Anda harus berserah diri pada Tuhan yang Anda yakini bisa membantu Anda keluar dari masalah. Beribadah, mendekatkan diri pada Tuhan dan senantiasa bersabar hingga masalah tersebu terlewati.
2.      Anda harus bisa mencari sumber masalah yang ada. Mengapa masalah tersbeut bisa terjadi ? Bagaimana solusinya ? Lakukan evaluasi kecil yang bisa membantu Anda dalam memecahkan masalah sehingga Anda bisa lebih lega karena setiap masalah bisa diurai menjadi lebih kecil yang penanganannya lebih mudah.
3.     Dan yang terakhir adalah mulailah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selesaikan satu per satu dengan tujuan bahwa Anda benar-benar ingin menyelesaikan dengan penuh tanggung jawab apapun resikonya. Itu mengapa semangat hidup penting untuk kita miliki.
        II.3 Cara Meningkatkan Semangat Kerja
1.     Miliki Target dalam Bekerja
2.     Pikirkan untuk siapa Kita Bekerja
3.     Ingat Banyaknya Tanggungan Hidup yang Harus Dibayar
4.     Bersyukur Karena Anda masih Bisa Bekerja
5.     Tetap Berfikir Positif
6.     Bergaul dengan Rekan Kerja yang Bersemangat
7.     Liuburan jika Suntuk

III.            KESIMPULAN
     Apapun yang Anda jalani dalam kehidupan ini, sudah selayaknya Anda memiliki semangat hidup sehingga Anda bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi.

IV.            DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar