Selasa, 26 November 2019

Mari Semangat dalam Menjalani Hidup


oleh : firsta fauzyah (@P23-FIRSTA)


Apa sih yang sebenarnya kita cari dalam hidup ini? Apakah mencari kebahagiaan? Atau mungkin punya misi lain dalam menjalani kehidupan? Sebenarnya, tujuan hidup itu bukan menjadi masalah yang besar, asalkan tujuan hidup kita adalah untuk kebaikan. Dengan begitu, kehidupan kita akan dipenuhi dengan hal-hal yang baik, yang positif. Jangan sampai kita hidup justru menyusahkan orang lain atau bahkan membuat keresahan dalam masyarakat. Apapun yang kita jalani dalam kehidupan ini, sudah selayaknya kita memiliki semangat hidup sehingga kita bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi. Pengertian semangat sendiri adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak. Seseorang yang memiliki semangat bagus, sikap dan perilakunya biasanya terlihat dinamis.

5 Tips Agar Bersemangat Menjalani Hidup

1. Mengenali kekurangan dan kelebihan diri
Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan dalam dirinya. Tidak selamanya manusia itu dipandang negatif dan tidak selamanya juga manusia itu dipandang secara positif. Perguliran sifat alamiah manusia yang baik dan buruk itu merupakan hal normal. Karena itu, Anda tidak boleh pesimis dengan kekurangan yang kamu miliki. Cobalah untuk menerima kekurangan diri sendiri dengan mengembangkan kelebihan yang ada dalam diri. Hiduplah secara beriringan dengan kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki.

2. Memiliki passion dalam hidup
Passion adalah sesuatu yang membuat seseorang takkan jera untuk melakukannya terus-menerus meski menghadapi berbagai rintangan. Passion akan membuat hidup lebih sibuk dan lupa dengan segala kelemahan. Walau sempat jatuh berkali-kali, passion akan berperan penting untuk membuat Anda bangkit kembali.

3. Berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain
Tidak ada manusia yang sempurna di atas muka bumi ini. Anda hanya perlu melihat ke dalam diri sendiri dan menerimanya sebagai anugerah Tuhan yang mesti Anda jaga. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat hidup semakin sempit dan sesak. Bagaimanapun juga, menerima diri sendiri bisa menjadi motivasi terbesar dalam hidup Anda.

4. Melatih kepercayaan diri dengan meningkatkan kualitas sosial
Berteman dan berjiwa sosial itu penting. Kegiatan sosial yang kamu lakukan sehari-hari justru akan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Dengan memiliki kepercayaan diri Anda lebih mendominasi ketika mengalami masalah. Kemampuan menyelesaikan masalah dan memotivasi diri lebih mudah Anda lakukan.

5. Menyusun rencana-rencana kecil dalam pencapaian hidupmu
Dengan memiliki rencana-rencana kecil, Anda lebih mudah untuk mencapai sesuatu. Kegagalan yang Anda alami justru lebih mudah untuk diatasi dengan menyusun ulang rencana. Memiliki rencana membuat Anda lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan dan mampu memotivasi diri ketika menghadapi rintangan.

5 Faktor yang Akan Menghancurkan Semangat dalam Hidup

1. Hidup dan kerja tanpa tujuan yang jelas
2. Memakai prinsip hidup yang salah, yaitu "Apa kata orang lain?"
3. Hanya berfokus pada hal-hal negatif
4. No action planning only
5. Takut salah dan takut gagal

Kesimpulan

Anda harus sadar jika semangat hidup berasal dari dalam diri Anda sendiri. Sebuah cara untuk selalu memiliki semangat hidup yang positif adalah dengan mengenal diri sendiri. Mengenal bagian-bagian dari diri sehingga kita bisa menata setiap bagian dari diri dengan baik. Kita harus memahami bagian mana yang merupakan fisik, pikiran dan jiwa. Dalam jiwa inilah terdapat ego, amarah dan keinginan. Sebuah bagian yang tidak dapat dipisah-pisahkan dari dalam diri kita. Jika kita dapat menatanya dengan baik, maka kita akan dapat memiliki semangat hidup yang selalu tinggi, semangat hidup yang dapat membuat hidup kita berjalan dengan tertata menuju kesuksesan yang hakiki.

DAFTAR PUSTAKA

Anggrainy, Yenny. 2018. 5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Biar Semangat Menjalani Hidup. Dalam https://www.idntimes.com/life/inspiration/yenny-12/5-hal-yang-wajib-kamu-lakukan-biar-semangat-menjalani-hidup-c1c2/full
Asvi, Erlangga. 2015. Cara Membangkitkan Semangat Hidup. Dalam http://solusisupersukses.com/cara-membangkitkan-semangat-hidup/
Samosir, Fillan. 2015. Semangat Adalah Obat Kehidupan. Dalam http://fillan-sam.blogspot.com/2015/02/semangat-adalah-obat-kehidupan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar