Selasa, 26 November 2019

Bersemangat

Oleh : Sunu Dwi Prambudi (@P11-SUNU)


ABSTRAK
Hidup tidak selalu mudah dan berjalan mulus sesuai dengan yang diinginkan. Hidup penuh dengan tantangan dan godaan yang harus dilalui seiring waktu berjalan. Kehidupan disibukkan akan berbagai banyak aktivitas, interaksi dalam setiap pekerjaan yang sedang dilakukan setiap harinya. Pekerjaan yang terlalu banyak yang menumpuk serta penundaan yang sering dilakukan terasa terbebani. Permasalahan dalam hidup yang seperti ini sering membuat mudah patah semangat. Oleh karena itu, sebagai manusia kita harus memiliki sikap semangat pantang menyerah dalam menjalani hidup. Sesuatu yang harus diingatkan pada diri sendiri secara terus-menurus agar tetap semangat untuk mencapi tujuan hidup dan impian yang ingin dicapai.
KATA KUNCI : Semangat.



I.PENDAHULUAN
Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak. Seseorang yang memiliki semangat bagus, sikap dan perilakunya biasanya terlihat dinamis.



II.PEMBAHASAN
Cara bersemangat dalam menjalani hidup
1.       Mengenali kekurangan dan kelebihan diri
Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan dalam dirinya. Oleh karena itu kamu tidak boleh pesimis dengan kekurangan yang kamu miliki. Cobalah untuk menerima kekurangan diri sendiri dengan mengembangkan kelebihan yang ada dalam dirimu. Hiduplah secara beriringan dengan kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.
2.       Memiliki passion dalam hidup
passion adalah sesuatu yang membuatmu takkan jera untuk melakukannya terus- menerus meski menghadapi berbagai rintangan. Passion akan membuat hidupmu sibuk dan lupa dengan segala kelemahan. Walau sempat jatuh berkali-kali passion akan berperan penting untuk membuatmu bangkit kembali.
3.       Berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain
Membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat hidupmu semakin sempit dan sesak. Bagaimanapun menerima diri sendiri bisa menjadi motivasi terbesar dalam hidupmu.
4.       Melatih kepercayaan diri dengan meningkatkan kualitas sosial
Berteman dan berjiwa sosial itu penting. Kegiatan sosial yang kamu lakukan sehari-hari justru akan meningkatkan kepercayaan dirimu. Dengan memiliki kepercayaan diri kamu lebih mendominasi ketika mengalami masalah. Kemampuan menyelesaikan masalah dan memotivasi diri lebih mudah kamu lakukan.
5.       Menyusun rencana-rencana kecil dalam pencapaian hidupmu
Dengan memiliki rencana-rencana kecil kamu lebih mudah untuk mencapai sesuatu. Kegagalan yang kamu alami justru lebih mudah untuk diatasi dengan menyusun ulang rencana. Memiliki rencana membuatmu lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan dan mampu memotivasi diri ketika menghadapi rintangan.



Manfaat Semangat
·         Pekerjaaan Akan Lebih Mudah
Dengan semangat, Anda bisa mengerahkan seluruh kemampuan Anda. Beban kerja yang berat akan terasa lebih ringan. Pekerjaan yang sulit tidak akan membuat Anda kewalahan.
·         Mencapai Hasil yang Terbaik
jika konsisten dalam menjaga semangat Anda, maka suatu hari keberhasilan yang diharapkan bisa menjadi milik Anda Ingat, kesuksesan itu diraih dan tidak datang dengan sendirinya. Hanya orang yang bersemangat saja yang akan mampu bekerja keras dengan sepenuh hati untuk mencapainya.
·         Tidak Gampang Putus Asa
Anda akan menghadapi berbagai masalah kecil hingga masalah besar. Tanpa semangat, Anda tidak akan berdaya menghadapi masalah. Namun, dengan semangat Anda akan terus bangkit dan bergerak maju Maka dari itu, jangan putus asa dan dikalahkan oleh masalah. Kumpulkan terus semangat dalam bekerja agar Anda tetap optimis dalam meraih tujuan Anda.
·         Memotivasi Orang Lain
Semangat itu bisa menular. Saat Anda bertemu dengan orang yang sangat positif, tanpa Anda sadari Anda menjadi lebih bersemangat dibandingkan sebelumnya. Begitu pula jika Anda yang membagikan semangat kepada orang lain. Semangat Anda akan membuat orang lain menjadi lebih baik.



III.KESIMPULAN
Setiap orang pasti punya masalah, Kondisi hati tidak akan selalu gembira setiap hari. Maka dari itu, penting sekali untuk memiliki semangat yang tetap terjaga dalam diri seseorang. Anda harus berusaha memotivasi diri sendiri agar anda mampu melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan baik. walaupun sebagai manusia biasa, semangat anda bisa menurun sewaktu-waktu. Namun, kuasailah diri anda, Janganlah biarkan masalah membuat anda kehilangan semangat dalam mencapai tujuan Anda.



DAFTAR PUSTAKA
Ruslani. 2015. Pengertian semangat. http://www.ruslani.com/pengertian-tentang-semangat.html
Tri andry. 2018. Manfaat semangat. http://entrepreneurcamp.id/manfaat-semangat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar