Senin, 21 Oktober 2019

Perinsip hidup

Prinsip hidup
Oleh: AHMAD HARYADI (@P14-AHMAD)

ABSTRAK
Dalam menjalani kehidupan sehari-hari manusia digeraki oleh akal dan hati nurani. Setiap manusia pastilah memiliki target hidup. Dengan pengimbangan akal dan hati nurani, serta tekad yang kuat, target yang telah ditetapkan bisa saja terwujud. Namun dalam mencapai target tersebut diperlukan pegangan hidup dan sikap-sikap dasar yang harus dipertahankan. Antara lain yang dimaksud yaitu memiliki prinsip hidup. Menurut sejarah orang sukses, orang yang memiliki prinsip hidup dan berkomitmen atas prinsipnya, itulah orang yang akan mencapai targetnya terlebih dahulu.
KATA KUNCI : Prinsip hidup.
I.PENDAHULUAN
Prinsip hidup layaknya kompas. Sebagai penunjuk arah yang akan menuntun mau kemana hidup kita akan dibawa. Kita sudah banyak menyaksikan bahwa bagaimana kekuatan prinsip hidup menghasilkan sebuah tindakan yang beragam. Prinsip hidup yang dianut telah menciptakan berbagai tipe orang dengan pemikiran dan tujuan yang berbeda. Setiap orang bahkan kita sendiri dibentuk sesuai prinsip yang kita anut. Prinsip hidup sangat penting bagi kehidupan.


II.PEMBAHASAN
Prinsip dalam hidup adalah suatu hal yang menjadi pegangan, tujuan, patokan, impian yang harus dicapai oleh setiap orang guna memperoleh suatu kesejahteraan yang abadi. Maka itu pentinglah setiap orang memiliki prinsip dalam hidup.

Kenapa kita harus memiliki prinsip hidup?
Karena Kita tau bahawa hidup di dunia ini hanya sementara dengan waktu yang sementara inilah kita harus bisa mengolah hidup kita menjadi lebih baik. Jadikan diri kita orang yang baik walaupun belum bisa menjadi yang terbaik. Kejarlah mimpi-mimpi terbaikmu. Karena hidup ini harus punya tujuan. Tujuan itu butuh adanya prinsip hidup dalam diri kita.
Namun sebaliknya, bila kita tidak memiliki prinsip hidup maka ketika kegagalan datang menghampiri, kita akan merasa jatuh. Hal itu akan membuat kita cepat berputus asa dan tidak mampu untuk bangkit dan berusaha. Orang yang memiliki prinsip artinya memiliki ketegasan sikap dalam hidupnya. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki prinsip artinya hidupnya tanpa pedoman, tanpa sikap, tanpa pendirian, akan mudah terbawa arus dan akhirnya kehidupannya pun dapat dipastikan tidak akan mengalami kemajuan. Prinsip dalam hidup itu sama halnya dengan pos-pos atau arah mata angin dalam menjelajahi dunia yang maha luas ini. Kalau seseorang hidup tanpa memiliki prinsip maka hidupnya akan tidak tentu arah dan akan bingung untuk mengambil langkah dalam melanjutkan kehidupannya (Cahya, 2014).

Menentukan tujuan/caradalam perinsip hidup
1. Susunlah rencana untuk 10 tahun kehidupan anda ke depan.
2. Serahkan diri kepada keinginan Anda membangun kesuksesan hidup.
3. Jadikanlah tujuan-tujuan anda itu sebagai “Pilot Otomatis” anda,
4. Usahakan mendapatkan manfaat dari apa yang anda kerjakan hari itu.
5. Selalulah ingat dan percaya kepada Tuhan

Makna dari sebuah perinsip hidup
Memiliki sebuah prinsip hidup adalah masalah psikologi dan terkait pula dengan ekonomi. Prinsip hidup membimbing pemiliknya untuk lebih mudah menentukan pilihan. Orang yang berprinsip hidup kesenangan, misalnya, jika mendapatkan dua undangan pada saat yang sama, akan bertanya kepada dirinya sendiri: Di manakah aku akan lebih senang? Secara ekonomis, prinsip hidup telah menunjukkan pilihan dalam situasi yang sulit dan itu adalah efisiensi.

Menurut Surya (2014), Tujuan dan manfaat orang memiliki prinsip dalam hidup antara lain :
-Memiliki arah hidup yang terarah.
-Meminimalisir atau menghindari dari kegagalan.
-Menumbuhkan semangat dan daya juang hidup yang tinggi.
-Selalu berasumsi positif kepada Tuhan sebagai sang penolong dan lewat doa sebagai jembatan penghubung dalam menempuh prinsip hidup yang dituju.
-Berpotensi mengubah pola pikir orang menjadi selalu berintrospeksi diri menuju kearah yang lebih baik.
-Peka dalam menganalisis kondisi saat dia berada dimana pun.

Daftar pustaka
Surya, S. 2014. Pentingnya prinsip dalam hidup.Dalam http://sandisuryaptmstaff.blogspot.co.id/2014/02/pentingnya-prinsip-dalam-hidup.html?m=1
Ael, C. 2014. Pentingnya memiliki prinsip dalam hidup. Dalam http://googleweblight.com/?lite_url=http://nuralfilail07.blogspot.com/2014/09/pentingnya-memiliki-prinsip-dalam-hidup.html?m=1
Zaman, J. 2014. Tujuan hidup dan prinsip kehidupan. Dalam http://juangzaman.blogspot.co.id/2015/10/tujuan-hidup-dan-prinsip-kehidupan.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar