Senin, 18 November 2019

Mengambil Resiko


Orang yang sukses adalah orang yang selalu memperluas daerah nyamannya dengan cara berani mengambil resiko keluar menuju daerah tantangan kemudian dia taklukan menjadi daerah nyaman baginya dan begitu seterusnya. Resiko membuat anda belajar untuk berani melangkah, berani mencoba dan berani mengambil keputusan. “Kapal akan aman bila berada di pelabuhan, tetapi kapal tidak diciptakan untuk itu.” Mengapa banyak orang takut mengambil resiko?, jawabannya sangat sederhana. Mereka takut GAGAL atau takut rugi berpikir tidak dapat melakukannya dan merasa tidak berbakat untuk menjadi pengusaha.
Meraih kesuksesan adalah impian semua orang. Bagi mereka yang benar-benar menginginkannya akan bersungguh-sungguh menjalani prosesnya. Mereka berani mengambil risiko, walaupun risiko tersebut sangat menantang kehidupannya. Tentu saja, risiko yang dimaksud bukanlah risiko ringan saja, tapi juga risiko berat.

Lalu, adakah langkah penting bagi seseorang yang ingin menggapai kesuksesan dalam dunia apapun jika dia mesti memperolehnya dengan risiko-risiko? Tentu saja ada. Hampir tak ada masalah yang tak ada solusinya. Dalam dunia usaha juga begitu, tak ada impian yang ingin diwujudkan tanpa jalan atau langkah-langkahnya.
Agar berani mengambil risiko, paling tidak seseorang mesti memiliki beberapa hal:
Pertama, berbaik sangka kepada Allah
Kedua, yakin bahwa kesuksesan punya proses
Ketiga, percaya bahwa semuanya berisiko
Keempat, percaya diri atas hasil usaha
Kelima, percaya akan peluang

Namun bagi mereka yang hanya menghayal, mereka menginginkan sesuatu tapi prosesnya mereka lalui dengan santai alias tanpa melakukan pekerjaan atau melalui langkah-langkah kecil sekalipun. Mereka terlalu cepat takut mengambil risiko bahkan tidak ingin menghadapi risiko apapun.
Jika mau sukses, Anda harus berani mengambil resiko. Masa depan dimiliki oleh para pengambil resiko, bukan pencari keamanan. Semakin Anda mencari keamanan, justru akan semakin sedikit keamanan yang Anda miliki ~Brian Tracy. 

cara untuk mengurangi resiko: Tingkatkan kualitas, kapasitas, dan ilmu Anda sebelum bertindak. Jangan hanya mengatakan beresiko, tetapi Anda diam saja. BERANI MENGAMBIL RESIKO!!! karena bahaya terbesar dalam hidup adalah tidak mengambil resiko apa pun “Tidak ada pelaut ulung yang dilahirkan dari gelombang yang tenang”. apapun usaha atau impian Anda, Anda mesti siap menerima risikonya. Baik dalam mengawali, melalui proses maupun hasil yang Anda peroleh. Sekarang lalui prosesnya, ikuti langkah-langkahnya, sungguh-sungguhlah dalam menuntaskannya, bersabarlah dalam menanti hasilnya dan siaplah menerima berbagai risiko yang Anda peroleh.

Tips dan Trik Perlu difahami bahwa risiko tidak untuk menjadi penghambat untuk maju. Risiko harus diambil sebagai konsekuensi menginginkan sesuatu yang lebih baik (keberhasilan) • Identifikasi risiko apa yang berpotensi muncul dalam bisnis • Identifikasi seberapa sering risiko tersebut muncul • Identifikasi seberapa besar dampak dari risiko yang muncul tersebut • Siapkan langkah-langkah mitigasi risiko hanya pada risiko yang dominan/prioritas.

Daftar Pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar