Sabtu, 30 November 2019

SEMANGAT


BERSEMANGAT



Pengertian
Pengertian tentang semangat berhubungan dengan perasaan dan tindakan. Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.
Fungsi semangat untuk membakar atau menghangatkan semua yang dingin dan lesu. Bila hati kita beku dan dingin, tiada lagi semangat, maka kita pun menjadi ‘mati’, karena tidak ada lagi yang akan kita kerjakan; yang ada hanya perasaan malas dan statis. Jadi semangat itu adalah awal dari segala prestasi yang dapat kita raih, karena semangat merupakan sumber energi yang membuat kita tidak pernah kehabisan energi. Dengan semangat, kita dapat belajar dan berusaha semaksimal mungkin, tanpa mengenal lelah. Fisik yang sudah melemah akibat rasa lelah, seperti mendapatkan energi tambahan, pada saat semangat muncul membakar.

Cara Agar tetap Bersemangat
1.      Rancang Visi dan Misi.
Secara umum pengertian Visi adalah tujuan atau gambaran masa depan yang akan kita raih dalam waktu telah ditentukan (cita cita yang ingin dicapai dalam waktu tertentu) . Sedangkan Pengertian Misi adalah apa yang kita lakukan untuk mencapai visi tersebut (goal setting atau proses untuk mencapai tujuan tersebut). Tentukan apa yang ingin kamu capai, ciptakan alasan kamu bisa mengerjakannya serajin mungkin, buatlah daftar goal atau daftar hal yang ingin kamu capai dalam hidup. Ketika kamu mulai down atau kehilangan semangat buka lagi daftar impian yang ingin kamu capai, dengan begini kamu akan fokus untuk selalu bersemangat dan termotivasi untuk pencapaian impian kamu.
2.      Cari Penyebab ketidaksemangatanmu.
Ketika kita kehilangan motivasi dan semangat dalam hidup, cobalah untuk mencari penyebab dan alasan menurunnya semangat kamu. Ketika kamu menemukan alasan yang menjadikan semangatmu turun carilah solusi untuk memecahkan masalah tersebut bukan dengan menghindari masalah tersebut. Dengan demikian kamu akan terus bersemangat dan termotivasi dengan apapun yang kamu lakukan untuk mencapai kesuksesan yang kamu inginkan.
3.      Beristirahat Sejenak.
Sesorang mulai kehilangan semangat dan motivasi dikarenakan kurang beristirahat. Saat mood mu mulai menurun ambil waktu sejenak dari rutinitasmu. Bangkitlah dari depan komputer, pekerjaan rumah, pergilah keluar dan menghirup udara segara. Atau jika pekerjaanmu terlalu sibuk dan menumpuk ambil cuti 2-3 hari untuk relaksasi tubuh dan pikiranmu. Beristirahat akan memberimu energi serta inspirasi baru.
4.      Lakukan Pekerjaan yang kamu cintai.
Orang orang sukses di dunia ini terbukti mendapatkan kesuksesannya karena mereka mencintai pekerjaannya. Dengan mencintai pekerjaanmu atau aktifitasmu maka kamu akan memiliki semangat lebih dan selalu termotivasi dengan pekerjaan yang kamu cintai.
5.      Mensyukuri Segala Hal.
Bisa jadi keluargamu, teman-temanmu, pasanganmu, kesehatan, kehidupan... Buatlah daftar hal-hal yang kamu syukuri. Simpanlah dalam bentuk file komputer atau buku jurnal/diary. Sadari ada banyak orang yang belum memiliki hal-hal yang kamu miliki sekarang. Kapanpun kamu merasa kehilangan motivasi, lihatlah kembali daftar ini untuk mengingatkanmu mengapa hidup layak diperjuangkan.

Manfaat Semangat Dalam Bekerja
·         Pekerjaan Akan Lebih Mudah
Dengan semangat, Anda bisa mengerahkan seluruh kemampuan Anda. Beban kerja yang berat akan terasa lebih ringan. Pekerjaan yang sulit tidak akan membuat Anda kewalahan.Sehingga Anda pun bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dengan lebih mudah. Bahkan Anda bisa lebih cepat menyelesaikannya dengan hasil yang baik.
·         Mencapai hasil yang baik.
Manfaat semangat mungkin tidak akan dirasakan secara langsung. Namun, Anda jika konsisten dalam menjaga semangat Anda, maka suatu hari keberhasilan yang diharapkan bisa menjadi milik Anda. Ingat, kesuksesan itu diraih dan tidak datang dengan sendirinya. Hanya orang yang bersemangat saja yang akan mampu bekerja keras dengan sepenuh hati untuk mencapainya.
·         Tidak Gampang Putus Asa.
Jangan putus asa dan dikalahkan oleh masalah. Kumpulkan terus semangat dalam bekerja agar Anda tetap optimis dalam meraih tujuan Anda.
·         Memotivasi Orang lain.
Semangat itu bisa menular. Saat Anda bertemu dengan orang yang sangat positif, tanpa Anda sadari Anda menjadi lebih bersemangat dibandingkan sebelumnya. Begitu pula jika Anda yang membagikan semangat kepada orang lain. Semangat Anda akan membuat orang lain menjadi lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar