Senin, 03 Desember 2018

SIAP DAN BERANI MENGAMBIL RESIKO

@J15-Shasa


Dalam hidup tentu kita selalu dihadapkan pada pilihan. Dari pilihan yang telah kita ambil tentung akan ada risikonya. Sekecil apapun itu, setiap orang pasti pernah mengambil risiko dalam hidupnya.  Tanpa kita sadari, risiko yang kita ambil akan memberikan kita kesempatan untuk menjadi pribadi yang berkembang, pribadi yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Tanpa kita sadari juga, sebenarnya dengan risiko yang kita ambil, kita bisa menggunakan segala kemampuan kita yang kita punya untuk mengatasi masalah yang ada. Tapi masalahnya, nggak semua orang berani mengambil risiko dan kebanyakan kita selalu terjebak di zona nyaman.
Risiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Dalam bidang asuransi,risiko dapat diartikan sebagai suatu keadaan ketidakpastian, di mana jika terjadi suatu keadaan yang tidak dikehendaki dapat menimbulkan suatu kerugian.
Alasan Kita Harus mengambil Risiko :
1.    Risiko membuat kita terlihat
2.    Risiko menciptakan perubahan
Sekecil apapu risiko yang diambil, ia tetap membawa efek perubahan dalam kehidupan seseorang. Semakin besar risiko yang diambil, semakin besar pula perubahan yang ia bisa dapatkan.
3.    Risiko membuat kita merasa lebih hidup
Akan ada kepuasan tersendiri jika Anda berhasil mengatasi sebuah risiko. Meskipun di waktu lain Anda akan mendapatkan rasa yang tidak menyenangkan karena melakukan kesalahan atau gagal mengatasi risiko yang ada. Pada akhirnya, kedua-duanya tetap memberi kesempatan dan pembelajaran untuk bertumbuh.
4.    Risiko menciptakan standar yang lebih baik
Untuk berhasil mengatasi risiko yang ada, seseorang akan memaksa dirinya meningkatkan kualitas dirinya. Mulai dari cara berpikir, berbicara, berpakaian, skill, kepribadian, spiritual, sampai hal-hal yang detail seperti makanan.
5.    Risiko mengajarkan kita siapa diri kita
Mengambil risiko akan menghantarkan Anda pada pengenalan diri yang lebih dalam. Mulai dari kelebihan dan kekurangan, kebaikan dan keburukan, sampai potensi terpendam yang belum Anda ketahui.
6.    Risiko mengajarkan kita tentang proses
Satu pelajaran yang paling berharga dari mengambil risiko adalah, belajar tentang proses. Banyak masyarakat saat ini ingin mendapatkan hasil kerja yang cepat, instan, kalau bisa tidak perlu melewati proses. Langsung dapat dan bisa dinikmati saat itu juga.
Risiko memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang seseorang. Risiko memang kelihatan “menakutkan”. Tapi, menghadapi dan melewati risiko adalah satu-satunya jalan untuk sampai ke puncak kesuksesan.
Tidak masalah, seberapa sering Anda sukses atau gagal mengatasi setiap risiko yang ada. Sadar atau tidak, Anda akan tetap mendapakan manfaat dan pengalaman yang tidak ternilai harganya.
Memang melakukan sesuatu yang berbeda bukanlah satu hal yang menyenangkan. Membuat pikiran menjadi lebih kreatif untuk berpikir sukses dan gagal dalam mengatasi risiko.
LANGKAH SUKSES MENGAMBIL RESIKO DALAM HIDUP 

1. Bersahabat dengan Kegagalan
Seperti kata pepatah, kegagalan merupakan sebuah awal dari keberhasilan. Jika sedari kecil Anda sudah bersahabat dengan kegagalan, Anda akan lebih mudah bangkit saat menghadapi kegagalan. Ketika beranjak dewasa, Anda dapat lebih berani dan bijak dalam menerima kegagalan.
 
2. Perhitungkan Resiko dan Konsekuensi
Sebelum memutuskan sesuatu, pastikan sudah tahu segala resiko dan konsekuensi dari keputusan tersebut. Seperti, saat kamu mulai berinvestasi, maka harus tahu kerugian dan keuntungannya. Dan satu lagi, saat kamu berencana untuk memulai bisnis. Jika ingin mendapatkan untung, berapa banyak modal yang dibutuhkan? Jika telah memperhitungkan segala resiko, maka Anda bisa segera mengambil keputusan.

3. Bersikap Selalu Tenang
Karena tingginya tekanan atau resiko, kamu pasti akan lebih mudah terbawa emosi. Hal seperti ini sangatlah wajar, sehingga pastikan kalau kamu selalu tenang.Keputusan yang dipengaruhi pasang surut emosi sebisa mungkin dihindari karena Anda bisa melewatkan sebuah kesempatan emas untuk meraih kesuksesan.

4. Berusaha Lebih Jujur pada Diri Sendiri
Satu rahasia kesuksesan adalah berani keluar dari zona nyaman. Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus berpura-pura dan berubah menjadi orang lain untuk meraih sukses. Anda sangat tidak perlu terpaksa menjadi orang lain, dengan berani mengambil risiko, Anda bbisa mengalami berbagai pengalaman hidup. Jadi, tidak perlu takut untuk menjalaninya ya!

MANFAAT BERANI MENGAMBIL RESIKO
1. Resiko Menciptakan Perubahan
2. Resiko Membuat Anda Lebih Hidup 
3. Resiko Menciptakan Standar Hidup yang Lebih Tinggi
4. Resiko Sebagai Jembatan untuk Mengenal Diri Lebih Dalam
5. Resiko Mengajarkan Anda Tentang Proses

Daftar Pustaka
Wikipedia. 2018. Risiko. https://id.wikipedia.org/wiki/Risiko
Wahyuni, Nurseffi Dwi. 2018. 5 Langkah Sukses Mengambil Risiko dalam Hidup atau Karier. Dalam https://www.liputan6.com/bisnis/read/3211659/5-langkah-sukses-mengambil-risiko-dalam-hidup-atau-karier
Biring, Ronal. 2015. 5 Manfaat Mengambil Risiko Lebih Banyak. Dalam http://aquariuslearning.co.id/5-manfaat-mengambil-risiko-lebih-banyak/
(Anonim. 2018. Jangan Takut Mengambil Resiko. gentlemancode.id Dalam: https://www.gentlemancode.id/read/inspirasi/Jangan-Takut-Mengambil-Risiko 
CSDNEWS. 2018. 5 Alasan Andan Harus Mengambil Resiko. catatanmini.com Dalam: https://catatanmini.com/5-alasan-anda-harus-berani-mengambil-risiko/ 

1 komentar: