Kamis, 27 Desember 2018

Membangun Kerjasama

Oleh: Rofiqoh Awaliyah (@K28-Rofiqoh)

Abstrak Dalam dunia ini tidak ada manusia yang melakukan semua kegiatannya dengan dirinya sendiri. Tentunya manusia membutuhkan manusia yang lainnya untuk melakukan suatu hal. Sering kali kita sebagai manusia pun melakukan kerjasama dalam melakukan suatu kegiatan. Apa itu kerjasama? Apakah tujuan kerjasama? Dan apa saja manfaatnya?

Kata Kunci: Kerjasama

 Salah satu nilai luhur bangsa Indonesia adalah gotong royong. Sebagai sifat bangsa, gotong royong telah tumbuh, & hidup bersama dalam bangsa di Indonesia. Gotong royong yang dalamnya terdapat unsur kerja sama dapat dilaksanakan dalam berbagai lingkungan kehidupan, yakni kehidupan sekolah, kehidupan masyarakat, kehidupan bangsa & bernegara.

Kerjasama sebagai kepedulian satu pihak dengan pihak lain yang tercermin dalam suatu kegiatan yang menguntungkan semua pihak dengan prinsip saling percaya, menghargai.

Bowo dan Andy (2007) menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kerjasama harus tercapai keuntungan bersama, Pelaksanaan kerjasama hanya dapat tercapai apabila diperoleh manfaat bersama bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya (win-win). Apabila satu pihak dirugikan dalam proses kerjasama, maka kerjasama tidak lagi terpenuhi. Dalam upaya mencapai keuntungan atau manfaat bersama dari kerjasama, perlu komunikasi yang baik antara semua pihak dan pemahaman sama terhadap tujuan bersama.

Dalam melakukan kerjasama tentunya kita mempunyai beberapa tujuan yaitu:
1. Agar masalah atau pekerjaan dapat cepat terselesaikan. Ya, tujuan utama kita melakukan kerjasama adalah agar tujuan kita cepat terselesaikan. Kenapa? Karena itulah nilai lebih dari kerjasama. Semua yang berpartisipasi dalam kerjasama tentunya akan membuat waktu dan hal yang kerjakan lebih efektif.
2. Memper-erat hubungan. Tujuan dari kerjasama ini tidak lain adalah saling mengenal, satu sama lain. Disaat kita melakukan kerjasama ini tentunya masing-masing dari orang-orang yang terlibat kerjasama ikut berpartisipasi dalam suatu perkerjaanya. Maka dari itu akan terjalin suatu hubungan, yaitu hubungan sosial antara orang-orang yang bekerjasama.
3. Membantu orang lain atau teman kita yang sedang susah. Nah, adapun tujuan bekerjasama yang mulia. Yaitu membantu teman kita yang kesusahan, karena kerjasama menerapkan nilai gotong royong yaitu saling membantu. Dalam hal ini pun kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata, “Berat sama dipanggul ringan sama dijinjing.” Yang artinya tak lain adalah, ketika susah kita melewatinya bersama, ketika mudah kita pun melewatinya bersama.

Kerjasama merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan lebih dari 1 orang untuk mencapai cita – cita, target, tujuan dan keuntungan secara bersama–sama. 
Menurut kerjasama sendiri memiliki beberapa manfaat, antara lain :  
A. Cita – cita, target, tujuan, maupun keuntungan yang diinginkan akan lebih cepat tercapai.  
B. Memupuk dan menumbuhkan sikap semangat persatuan.  
C. Pekerjaan yang sedang dihadapi akan menjadi lebih mudah.  
D. Membiasakan diri menjadi pribadi yang ekstrovert dan gemar bekerjasama.  
E. Menumbuhkan rasa persaudaraan yang lebih erat.
F. Melatih diri sendiri menjadi lebih menghargai orang lain.
G. Melatih pribadi untuk menghargai perbedaan.
H. Melatih pribadi untuk dapat mengeluarkan pendapat, saran, dan kritik.

Dijaman sekarang, tidak sedikit orang yang tidak ikut berpartisipasi dalam mengerjakan pekerjaan dalam konteks kerjasama. Hal itu memicu proses kerja sama ini tidak terjalin mulus, dan dengan begitu dianggap pula proses kerjasama ini hanya sebagai suatu kegagalan walaupun hasil akhirnya memuaskan. Karena nilai-nilai kerjasama ini terdapat dalam prosesnya bukan terlihat dihasilnya. Maka dari itu, bagi kita yang mempunyai pribadi dengan nilai gotong royong sebaiknya merangkul teman-temannya agar ikut berpartisipasi dalam proses kegiatan kerjasama tersebut.

Kesimpulan
Dengan mengetahui apa itu kerjasama, nilai kerjasama, tujuan dan manfaatnya. Semoga kita bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya, dengan mengikuti berbagai kegiatan kerjasama dan mempererat hubungan sosial dengan sekitar kita, karena manusia sendiri adalah makhluk sosial, serta menjadi pribadi yang terkun dalam hal apapun, termasuk dalam kegiatan kerjasama

Daftar Pustaka

Anonim. Ready Go. 2000. Mewujudkan Kerja Sama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan. https://readyygo.blogspot.com/2000/02/mewujudkan-kerja-sama-dalam-berbagai.html 

Anonim. Wikipedia. 2018. Kerjasama https://id.wikipedia.org/wiki/Kerja_sama 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar