Senin, 24 Desember 2018

Kerjasama Dalam Sebuah Tim

Oleh: @K03-Syaiful, @ProyekJK12,

team work mungkin merupakan salah satu istilah yang sering kita dengan terutama di kantor atau sekolah. Untuk menyelesaikan sebuah tugas yang tidak mungkin dapat diselesaikan seorang diri, membentuk team adalah salah satu yang solusi yang umum. Ukuran team yang melebihi 20 orang adalah umum sekarang. Meskipun team yang berukuran besar, beragam, dan terdiri dari
para ahli menjadi penting untuk menjawab tantangan proyek sekarang, resiko kegagalan team juga dapat menjadi tinggi. Anggota team yang kompleks cenderung kurang memiliki keinginan untuk berkolaborasi, enggan untuk bersama-sama, membantu orang lain sukses, maupun melihat sebuah tujuan bersama.
Kerjasama itu sendiri adalah suatu usaha antara orang perorangan atau kelompok manusia diantara kedua belah pihak untuk tujuan bersama sehingga mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik.
Kerjasama dimaksudkan sebagai suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau tujuan bersama.
Di dalam kerjasama terdapat nilai-nilai yang sosial yaitu:
·         Menghargai Pendapat Orang Lain
Di dalam kerjasama sangat penting untuk  mendengar masukan dari rekan kerja kita, dengan masukan-masukan itu kita dapat memperbaiki atau menambah apa yang kiranya perlu diperbaiki, sehinnga kita akan lebih capat dalam mengerjakan pekerjaan. Karena penting bagi kita untuk mendangarkan pendapat orang lain karena itulah gunanya kerjasama, yaitu saling bertukar pikiran antar patner atau rekan.
·         Tanggung Jawab
Di dalam melakukan sesuatu antar rekan memiliki tanggungjawab kepada pekerjaan dan rekannya yang lain untuk memberi konstribusi dalam menyelesaikan pekerjaannya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu. Seseorang tidak akan membiarkan rekannya bekerja sandiri, mereka akan merasa bertanggungjawab untuk mengerjakan pekerjaan itu karena mereka adalah tim, tidak ada tim yang melakukan pekerjaan tanpa ada kerjasama antar rekan yang satu dengan rekan yang lainnya, itulah bentuk tanggungjawab mereka di dalam tim
·         Kebersamaan
Orang yang bekerjasama akan merasa dirinya memiliki rasa kebersamaan, tidak akan memutuskan sesuatu dengan sepihak karena mereka sadar bahwa mereka adalah tim, sesuatu yang dilakukan dan dihasilkan itu adalah keputusan bersama, tidak ada rasa mendominasi karena dalam tim semuanya sama, sehingga tidak akan terjadi saling menyalahkan apabila pekerjaannya itu tidak dapat diterima atau tidak memenuhi hasil yang diinginkan.
·         Kepedulian
Kerjasama akan menumbuhkan sikap peduli untuk membantu rekannya yang mengalami kesusahan dalam mengerjakan pekerjaannya, peduli antar sesame yang sedang mengalami kesusahan.

Kerjasama yang baik akan menghasilkan hasil yang baik, seseorang didunia ini tidak bisa hidup sendiri, karena pada hakikatnya manusia itu saling membutuhkan. Kerjasama yang baik adalah kerjasama yang mengutamakan komunikasi yang baik antar tim, komunikasi yang baik ini menjadi faktor utama karena di dalam kerjasama dibutuhkan shering pendapat atau pertukaran pendapat antar tim. Ingat didalam hidup ini ada waktu kita tersesat dan membutuhkan seseorang untuk membantu kita, karena itu kita sebagai  manusia hendaklah bersikap saling menghargai antar sesama sehingga jika kita membutuhkan sesuatu seseorang akan senang hati akan membantu kita.

Daftar Pustaka
1.      Nurhayati.2016.Pentingnya bekerjasama bagi kehidupan. https://www.kompasiana.com/emy/570e09fdf19673ce123d52a2/pentingnya-kerjasama-dalamkehidupan
2.      Anonim.2018. Team Work. https://pandarion.wordpress.com/tag/artikel-kerjasama-tim/
3.      Aprillyan,vandy.2013. kerja sama. http://vandyaprillyan.blogspot.com/2013/10/kerja-sama-team-work.html
4.      Sasha.2016.pengertian kerja sama. http://artikel-az.com/pengertian-kerja-sama/
Anonim. 2018. Pengertian Kerja Sama. https://www.temukanpengertian.com/2013/09/pengertian-kerja-sama.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar