Kamis, 20 Desember 2018

Menjadi Proaktif


Oleh : Sinta Anggraeni (@J12-Sinta)

Menurut Tasik (2016), Proaktif adalah suatu tindakan seseorang yang memiliki banyak tindakan yang mengarah ke hal-hal yang positif. Orang yang Proaktif selalu memiliki rangsangan, kesadaran diri, imajinasi, suara hati, kehendak bebas serta memiliki respon akan tetapi dia memiliki suatu pilihan untuk melakukan suatu hal yang bernilai positif.

            Orang yang sangat proaktif mengenali tanggung jawab. Mereka tidak menyalahkan keadaan, masa lalu, dan kondisi. Perilaku mereka adalah produk dari pilihan sadar mereka, yang berdasar nilai, dan bukan produk dari kondisi mereka yang berdasar perasaan dan masa lalu mereka. Orang proaktif cenderung mampu beradaptasi dengan segala kondisi, dan mampu memanfaatkan peluang untuk meraih kesuksesan. Pendekatan berpikir Proaktif yaitu dari dalam ke luar, artinya mulai dari diri sendiri, lebih menuntut diri sendiri dahulu daripada menuntut orang lain. (Windasuri, 2018)

Cara Menumbuhkan Sikap Proaktif:

1. Mengantisipasi dan Bertindak

ü  Pikirkan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Dengan memikirkan masalah potensial yang bisa saja muncul dan menyadari kemungkinan adanya perubahan, Anda dapat membuat rencana dan mengambil tindakan yang sesuai.
ü  Prioritaskan yang paling penting. Daftar panjang tugas yang harus diselesaikan tentu membuat Anda kewalahan, dan kemungkinan membuat Anda mengerjakan tugas demi tugas tanpa benar-benar menyelesaikannya. Daripada melakukan semuanya sekaligus, fokuskan perhatian pada tugas-tugas paling penting dan usahakan mengerjakannya sampai selesai.
ü  Evaluasi tindakan Anda untuk mengetahui apakah sudah berhasil. Secara rutin, pikirkan apa yang Anda lakukan. Jika tujuan tidak tercapai, pikirkan bagaimana Anda bisa melakukannya dengan lebih efisien, dan buat rencana baru.

2. Menerima Tanggung Jawab dan Pengaruh

ü  Akui masalah. Hanya Anda yang bisa mengusahakan tujuan dan memperbaiki masalah. Meskipun ada orang lain yang mendukung, Anda harus mengandalkan diri sendiri untuk mencapai keberhasilan. Mulailah mengambil inisiatif dan menghadapi tantangan ketika menemui masalah.
ü  Buat tujuan yang realistis. Tujuan dapat menjaga motivasi dan mendorong Anda untuk terus maju. Jika tujuan berada di luar jangkauan, Anda kemungkinan akan kecewa dan kehilangan motivasi untuk terus berusaha.
ü  Konsisten. Konsistensi dalam interaksi dengan orang lain dan dalam tindakan yang diambil sangat penting. Ketahui berapa banyak yang bisa Anda tangani dan ambil langkah-langkah kecil dan konsisten untuk mencapai tujuan.

3.  Mengendalikan Respons dengan Sikap Proaktif

ü  Berfokuslah pada solusi, bukan masalah. Walaupun lebih mudah menganggap masalah sebagai rintangan negatif yang menyusahkan, cobalah mengubah pola pikir seperti itu. Jadilah orang yang mampu menyelesaikan masalah dan cari solusinya.
ü  Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan negatif. Walaupun ada dorongan untuk menghakimi, sebaiknya cari informasi sebelum menyimpulkan. Pikiran terbuka akan membantu Anda untuk berpikir lebih rasional dan menghasilkan solusi yang lebih baik.
ü  Pikirkan hikmah apa yang bisa Anda ambil dari kegagalan. Jika Anda mengalami kegagalan, cobalah memetik pelajaran dari kejadian itu. Pikirkan apa yang dapat Anda lakukan dengan cara lain. Dengan mengubah kegagalan menjadi pelajaran, Anda selalu dapat bergerak maju.

Contoh Sikap Orang Proaktif:
Berikut ini adalah contoh sikap seseorang yang Proaktif:
  • Memiliki sikap yang mandiri, dia itu mampu dalam menghadapi dan menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bergantungan kepada orang lain.
  • Memiliki sikap yang selalu bertanggung jawab terhadap pekerjaan ataupun tugas yang diberikan kepada dia dan mampu menyelesaikannya dengan baik dan benar.
  • Selalu  memiliki inisiatif untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar sebelum orang-orang yang ada disekitarnya melakukan inisiatif tersebut.
  • Memiliki sikap yang tidak mau menyalahkan orang lain, meskipun masalah yang muncul itu disebabkan oleh dirinya sendiri.
  • Memiliki sikap yang pantang meyerah, peduli dan dan selalu mempunyai semangat  yang kuat.


Manfaat Orang Proaktif:
  • Tidak mudah tersinggung
  • Bertanggung jawab atas pilihan-pilihannya sendiri
  • Berpikir sebelum bertindak
  • Cepat pulih kalau terjadi sesuatu yang buruk
  • Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah, dan tidak menguatirkan hal-hal yang tidak akan bisa mereka ubah.
Daftar Pustaka :

Tasik, Froditus. 2016. Reaktif dan proaktif. Dalam http://reaktifdanproaktiffrodi.blogspot.com/2016/03/reaktif-dan-proaktif.html

Windasuri, Heria. 2018. Apa itu proatif dan reaktif. Dalam https://www.studilmu.com/blogs/details/apa-itu-proaktif-dan-reaktif

Dewi, Sofiani. 2016. Miliki sikap proaktif. Dalam http://shofiard.blogspot.com/2016/03/miliki-sikap-proaktif.html

Wikihow. Menjadi Proaktif. Dalam https://id.wikihow.com/Menjadi-Proaktif







Tidak ada komentar:

Posting Komentar