Kamis, 20 Desember 2018

Bersikap PROAKTIF

@J15-Shasa

Bila reaktif tidak mampu memilih respon, maka proaktif adalah kemampuan seseorang untuk memilih respon.
Sikap proaktif adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan rangsangan (stimulus). Menurut Covey, seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya. Proaktif dia definisikan sebagai “kemampuan memilih respon”.

Adapun manfaat dari bersikap proaktif yaitu, antara lain:
1.        Tidak lekas tersinggung.
2.        Bertanggungjawab terhadap pilihannya sendiri.
3.        Berpikir sebelum bertindak.
4.        Cepat pulih kalau terjadi sesuatu yang buruk.
5.        Selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya terlaksana.
6.        Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah, bukan malah mengkhawatirkan hal yang tidak bisa diubah.
Seseorang yang berfikir secara proaktif memiliki beberapa ciri ciri yang seperti berikut :
·         Inisiatif
Orang yang berfikir secaa proaktif akan mempunyai banyak ide ide yang kreatif untuk pekerjaannya. Merea tidak ingin mendapatkan hal - hal yang negatif kemudian hari ,sehingga mereka cenderung untuk lebih dahulu memberi sebelum diminta . Mereka mempunyai kesadaran tesendiri ketika orang lain menunggu ketika kondisi atau sesuatu hal terjadi.
·         Tanggung jawab
Darpada kita berbohong akan sesuatu yang telah kita buat karna kesalahan kita sendiri , lebih baik kita jujur untuk mengakui kesalahan kita dan siap bertanggung jawab. Dengan mengakui kesalahan , hal tersebut tidak akan mempermalukan kita selama kesalahan tersebut bisa kita perbaiki dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dengan begitu anda telah mingkatkan kemampuan anda dalam hal bertanggung jawab.
·         Solutif
Orang yang memiliki cara berfikir cara seperti ini memiliki ide dan solusi – solusi yang dapat di selesaikan. Orang yang proaktif memiliki jalan alternatif yang ketiga untuk menyelesaikan masalah , maka dari itu orang yang memiliki cra berfikir proaktif akan lebih cerdas dalam menyelesaikan masalah.
·         Positif
Dengan selalu memandang hal secara positif. Orang yang berfikir secara proaktif tidak akan melihat masalah sebagai suatu kesusahan tetapi mereka akan melihat makna dibalik suatu permasalahan tersebut.

Chrissy Scivicque, seorang pakar dan jurulatih karier, berkata terdapat 5P untuk mencapai kejayaan proaktif. Menurutnya, langkah 5P ini dapat menolong kita menjadi lebih efektif di tempat kerja:
1.    Ramal (Predict) – Bina pandangan jauh. Belajar untuk memikirkan terlebih dahulu masalah yang mungkin timbul. Fahami bagaimana perkara-perkara berlaku – corak, rutin dan kitaran semula jadi yang hadir di dalam perniagaan anda.
2.    Rancang (Plan) – Orang yang proaktif merancang masa hadapan mereka. Tuliskan rancangan kita. Inilah kunci yang memastikan rancangan kita dilaksanakan dan disempurnakan.
3.    Halang (Prevent) – Kenal pasti halangan yang berpotensi bertukar menjadi isu besar yang membantutkan kemajuan kita (seperti berasa letih, kawan-kawan ajak keluar minum dan sebagainya) dan cari jalan untuk mengatasinya. Tuliskan rancangan untuk mengatasi halangan ini. (Sebagai contoh, jika ada kawan yang mengajak saya keluar minum, saya akan katakan yang saya akan pergi setelah selesai kerja saya.)
4.    Sertai (Participate) – Jangan jadi pemerhati. Ambil inisiatif untuk mengambil bahagian. Sentiasa menjadi sebahagian daripada penyelesaian, bukan masalah itu.
5.    Laksana (Perform) – Mengambil tindakan yang efektif dan kena pada masanya. Bertanggungjawab atas prestasi anda.
Pemimpin Yang Proaktif akan mampu membuat keputusan secara bijak dan bertanggung jawab atas keputusan tersebut, tanpa terpengaruh suasana hati atau keadaan.  Bila dihadapkan dengan kondisi yang kurang kondusif ataupun keadaan dimana semua orang melakukannya, Pemimpin yang Proaktif tidak reaktif, tidak ikut-ikutan, dan tidak menyalahkan orang lain atas kondisi tersebut.
Pemimpin Yang Proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan. Mereka bertekad menjadi pendorong yang kreatif dalam hidup mereka sendiri, dan mereka menjadi inspirasi bagi orang lain. 

Inti dari sikap proaktif itu sebenarnya ada dua, bertanggung jawab dan bersikap “aku bisa”. Apabila kita menghadapi suatu masalah, jangan langsung mengeluh, kita harus percaya pada diri kita bahwa kita itu bisa menyelesaikan dengan baik. Apapun hasilnya nanti, itu bukan urusan kita, yang menjadi urusan kita hanyalah berusaha sebaik mungkin agar hasilnya juga sama baiknya.

Daftar Pustaka :
Silalahi, Joel. 2016. Bagaimana Memulai Berpikir Proaktif. Dalam https://www.dictio.id/t/bagaimana-memulai-berpikir-proaktif-proactive-thinking-ability/1353
Tukul. 2009. Aktif : Reaktif dan Proaktif. Dalamwww.tukul.wordpress.com/2009/06/21/aktif-reaktif-dan-proaktif/
Thiran, Rosan. 2018. Apakah Anda Proaktif? Jadilah Proaktif dan Bertindak. Dalam 
https://leaderonomics.com/bm/artikel/adakah-anda-proaktif
Dunamis. Pemimpin yang Proaktif. Dalam 
http://www.dunamis.co.id/product/article/31
Neneng, nurjanah. 2016. Menjadi remaja proaktif. Dalam http://nenengnurjanaah.blogspot.co.id/2016/03/menjadi-remaja-proaktif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar