Kamis, 27 Desember 2018

Apa Arti Semangat?

Oleh: Rofiqoh Awaliyah (@K28-Rofiqoh)

Abstrak Seseorang yang memiliki semangat bagus, maka sikap dan perilakunya biasanya terlihat dinamis. Apa itu semangat? Perlukah kita memiliki semangat dalam kehidupan kita?

Kata Kunci: Semangat

Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Maka dari itu, semangat sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita sehari-hari.

Terkadang kita begitu bersemangat untuk merencanakan sesuatu. Baik itu  soal pekerjaan, karir, belajar/ menuntut ilmu, menjalin hubungan, usaha, berkarya maupun dalam mengejar target. Kita tahu bahwa semangat itu ada pada keyakinan dalam diri kita. Kita juga tahu bahwa semangat itu ada pada minat kita terhadap apa yang akan dan kita lakukan.

Tapi terkadang itu barulah sebuah rencana dan bukan berarti semangat yang sesungguhnya. Karena sejatinya sebuah semangat itu bukan hanya mesti ada diawal kita melakukan sesuatu. Tapi ia perlu dipertahankan dan dimunculkan menerus dalam menyelesaikan apa yang kita lakukan. Sehingga rasa semangat itu benar-benar menjadi energi kita dalam berproses.

Sebuah contoh sederhana, seorang mahasiswa mengatakan bahwa ia bersemangat sekali untuk pergi ke kampus. Tapi didalam kampus Ia hanya bersemangat belajar di awal-awal hari saja. Setelah beberapa jam kemudian. Baru menemukan hal-hal yang sulit, pelajaran yang rumit, atau dosen yang tak disukainya. Mahasiswa tersebut sudah  mulai mengeluh dan kehilangan gairah untuk belajar. Dan itu berarti mahasiswa itu tidak memiliki semangat yang sesungguhnya.

Arti semangat adalah bagaimana kita bisa membuktikan dan mempertahankan semangat itu sendiri. Tentunya  bukan sebuah rencana diawal saja. Tapi dalam seluruh proses yang sudah kita inginkan dan kita jalankan sebaik mungkin dengan rangkaian rasa semangat tersebut.

Bagaimanakah agar kita dapat bersemangat terus, tidak hanya diawal saja, tetapi sampai akhirpun kita harus tetap semangat. Cara agar anda tetap semangat dalam menjalani hari anda, cobalah tanamkan pikiran semangat adalah langkah pertama menuju maju, semangat adalah kehendak Anda, semangat akan membuat hal-hal mustahil menjadi nyata. Dengan menanamkan hal-hal tersebut dipikiran anda, akan membantu anda tidak melupakan niat awal anda.

Namun semangat yang kita miliki mungkin tidak akan selalu bertahan. Dikehidupan pastilah kita akan menemukan tantangan atau cobaan, misalnya seperti siswa SMA. Tugas menumpuk dan kegiatan organisasi yang menjadi tanggungjawab akan menjadi rintangan tersendiri untuk selalu memiliki sikap bersemangat.

Maka dari itu kita perlu mengetahui bagaimana mempertahankan semangat kita. Manuel (2014) mengatakan bahwa hidup kita ini dinamis. Ada sedih, ada senang. Begitu juga dalam rangka meraih cita-cita, semangat kita kadang turun naik. Ini memang masih manusiawi. Tapi kita juga perlu menjaganya supaya semangat itu tetap ada. Caranya :
1. Bersikap optimis. Miliki pandangan baik terhadap hal yang kita kerjakan, kalau kita yakin bisa, kemungkinan besar bisa.  Jangan mempunyai pikiran gagal dulu.
2. Fokus pada kelebihan. Semangat yang turun bisa disebabkan karena kita merasa punya kelemahan. Singkirin pikiran tentang kelemahan. Fokuskan perhatian pada kelebihan yang kita punyai. Pasti kita akan bersemangat lagi.
3. Mengingat kesuksesan. Jika mental kita mulai jatuh, lebih baik kita mengingat kembali kesuksesan yang lalu. Kenangan akan kesuksesan ini akan memotivasi kita untuk bersemangat mengulang kesuksesan itu.
4. Menemukan sisi kesenangan.  Tidak bisa dipungkiri kalau kita kadang-kadang mulai jenuh, dan semangat kita juga mulai kendor. Jika sudah begini, carilah sisi senang dari setiap apa yang kita kerjakan.
5. Benteman dengan teman yang berminat sama. Saat bergaul dengan teman yang mempunyai  kesukaan yang sama, maka kita akan merasa semakin disemangati. 
6. Yakin pada penyertaan Tuhan. Hidup terkadang memberi kita juga persoalan-persoalan besar dalam rangka mengejar cita-cita yang diluar kendali kita. Jika kita mau menyerahkan semua itu sama Tuhan dan minta penyertaanNya, maka kita enggak gampang putus asa.

Mungkin cara-cara yang diberikan Manuel dapat membantu kita mempertahankan semangat. Tetaplah semangat menjalani hari, karena jika kita menanamkan sikap semangat sedini mungkin maka kemungkinan kita menjadi orang yang sukses dimasa depan akan menjadi lebih besar.

Kesimpulan
Sering kali kita tidak memiliki semangat dalam menjalani kehidupan kita. Maka dari itu kita harus menanamkan niat-niat pikiran kita dan mempertahankan semangat kita setiap saat.

Daftar Pustaka
Ruslani. 2015. Pengertian Tentang Semangat. http://www.ruslani.com/pengertian-tentang-semangat.html 
Sujatmiko, Fajar. 2010. Apa itu Semangat. http://ruangpustaka.blogspot.com/2010/10/apa-itu-semangat.html 
Setiawan, Ebta. KBBI. 2018. Semangat https://kbbi.web.id/semangat 
Asvi, Erlangga. 2016. Dimanakah Letak Semangat Hidup Yang Sebenarnya? http://solusisupersukses.com/dimanakah-letak-semangat-hidup-yang-sebenarnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar